Contact Us - Privacy Policy - Disclaimer - Terms of Service - About
Beranda · Daftar Pelajaran · Artikel · Nahwu · Sharaf · Balaghah · Qiroah · Download · Quiz Bahasa Arab

DOWNLOAD FULL KITAB JAMI'UD DURUS AL-ARABIYYAH (Juz 1, 2, dan 3 'Lengkap') file PDF

DOWNLOAD FULL KITAB JAMI'UD DURUS AL-ARABIYYAH (Juz 1, 2, dan 3 'Lengkap') file PDF



 

Identitas Kitab:

  • Judul Buku: Kitab Jami' Ad-Durus Al-Arabiyah Mausu'ah fii tslaatsati ajzaa
  • tahun terbit dan cetak: 2010
  • penerbit: Daar Ibn Al-Jauzii Mesir
  • Penulis: Syeikh Musthofa Al Gholayani
  • Tebal Halaman: 637 Halaman Hard Cover
  • Lebar: 17 cm
  • Panjang: 24.2 cm

Download Kitab Amtsilah At-Tashrifiyah Bentuk PDF

 

Download Kitab Amtsilah At-Tashrifiyah PDF

Ilmu nahwu dan sharaf seperti dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan, sebagaimana dikatakan dalam ungkapan populer di lingkungan pesantren. Nahwu dianggap sebagai bapak ilmu-ilmu, sementara Sharaf adalah ibunya. Seolah-olah, keduanya saling melengkapi untuk membentuk fondasi kokoh bagi pemahaman ilmu syariah, khususnya dalam membaca kitab turats berbahasa Arab.


Ilmu nahwu menjadi kunci untuk memastikan ketepatan susunan kata dalam kalimat Arab, sedangkan ilmu sharaf mempelajari perubahan bentuk kata dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Keduanya bersatu dalam keharmonisan gramatika Arab, membantu pemahaman dan penafsiran teks-teks kitab turats dengan lebih baik.


Salah satu kitab yang kerap menjadi panduan bagi pemula dalam mempelajari ilmu sharaf adalah "al-Amtsilah at-Tashrifiyah." Dikarang oleh KH Muhammad Ma’shum bin Ali pada usia 19 tahun, kitab ini menjadi pedoman awal para pelajar pemula di pesantren. KH Ma’shum, yang lahir di Maskumambang, Gresik, merupakan menantu dari Hadratussyekh KH Hasyim Asyari dan wafat pada 24 Ramadhan 1351 atau 8 Januari 1933.

Pengertian Mubtada' dan Khobar dan Jenis-jenisnya dalam Ilmu Nahwu

Pengertian Mubtada' dan Khobar dan Jenis-jenisnya dalam Ilmu Nahwu

Bagian penting dari analisis tata bahasa Arab adalah pemahaman tentang struktur kalimat yang membentuk dasar komunikasi tertulis dan lisan. Salah satu konsep penting dalam tata bahasa Arab yang memungkinkan kita mengurai makna dari kalimat adalah Mubtada Khobar. Mubtada Khobar adalah poin penting yang patut dipahami.Mubtada Khobar adalah konsep fundamental dalam ilmu tata bahasa Arab yang membahas hubungan antara subjek dan predikat dalam kalimat. Dalam konteks ini, Mubtada merujuk pada unsur yang berperan sebagai subjek kalimat, sementara Khobar adalah predikat yang memberikan informasi tentang Mubtada.

Pengertian Isim Masdar (اِسْمُ المَصْدَرِ) dalam Ilmu Nahwu

 

Pengertian Isim Masdar (اِسْمُ المَصْدَرِ) dalam Ilmu Nahwu

ISIM MASDAR( اِسْمُ المَصْدَرِ )

Al-Masdar المصدر )

Al-Masdar ( الْمَصْدَرْ ) ialah kalimah Isim merupakan bentuk asal atau akar kepada semua kalimat samada Isim (Kata benda) atau Fi’il (Perbuatan). Tidak ada peraturan tetap mengenai bentuknya dan kebanyakkannya hanya menurut ukuran kebiasaan yang didengar ( سَمَاعِيٌ ) penggunaannya oleh orang-orang Arab.

Pada pelajaran terdahulu telah dipelajari bahawa Fi’il itu ada Tsulatsi, Rubaa’i, Khumassi dan Sudaasi. Maka Masdar bagi semua perkataan tersebut adalah berdasarkan jenis-jenis fi’ilnya juga. Fi’il-fi’il selain Tsulatsi mempunyai bentuk-bentuk yang boleh dibandingkan (qiaskan). Maka semua fi’il-fi’il yang sempurna samada Mujarrad atau Mazid, ada mempunyai Masdar belaka.

Contoh Masdar bagi Fi’il Tsulatsi (tiga huruf)

Keluaranخُرُوْجًا<–خَرَجَDia telah keluar 
Tulisanكِتَابَةٌ<–كَتَبَDia telah menulis
Pendengaranسَمْعٌ<–سَمِعَDia telah mendengar
Puasaصِيَامًا<–صَامَDia telah berpuasa
Pengetahuanعِلْمًا<–عَلِمَDia telah mengetahui
Aniayaظُلْمًا<–ظَلَمَDia telah aniaya 

Sungguh pun begitu, biasanya Masdar Tsulatsi itu terikut2 pula Wazannya dengan perkara-perkara berikut:-

1. Yang menunjukkan kegiatan pekerjaan, wazan nya: فِعَالَةٌ
Contoh: تِجَارَةٌ Perdagangan; زِرَاعَةٌ Pertanian.

2. Yang menunjukkan keengganan (menolak), wazan nya: فِعَالٌ
Contoh: إِبَآءٌ Menolak; شِرَادٌ Lari.

3. Yang menunjukkan bergoncang (getaran), wazan nya: فَعَلاَنٌ
Contoh: غَلَيَانٌ Mendidih; جَوَلاَنٌ Berputar-putar.

4. Yang menunjukkan penyakit (sakit), wazan nya: فُعَالٌ
Contoh: صُدَاعٌ Pening; زُكَامٌ Selsema.

5. Yang menunjukkan perjalanan, wazan nya: فَعِيْلٌ
Contoh: رَحِيْلٌ pemergian; ذَمِيْلٌ beransur-ansur.

6. Yang menunjukkan kepada suara, wazan nya: فُعَالٌ ، فَعِيْلٌ
Contoh: صُرَاخٌ jeritan; زَئِيْرٌ raungan.

7. Yang menunjukkan kepada warna, wazan nya: فُعْلَةٌ
Contoh: خُضْرَةٌ hijau; حُمْرَةٌ merah.

Jika tidak menunjukkan sesuatu, maka biasanya ialah:-

1. Pada فَعُلَ Masdarnya ialah فُعُوْلَةٌ atau فَعَالَةٌ

Contoh: خُضْرَةٌ kemudahan; حُمْرَةٌ kepintaran.

2. Pada فَعِلَ Masdarnya ialah فَعَلٌ

Contoh: فَرَحٌ sukacita; عَطَشٌ kedahagaan.

3. Pada فَعَلَ Masdarnya ialah فَعُوْلٌ

Contoh: قُعُوْدٌ duduk; خُرُوْجٌ keluar.

4. Pada Fi’il Mubta’addi yang berwazan: فَعِلَ dan فَعَلَ maka Masdarnya ialah فَعْلٌ atau فُعْلٌ

Contoh: شُكْرٌ kesyukuran; نَصْرٌ pertolongan.


KEGUNAAN DAN PEKERJAAN MASDAR

Masdar itu bekerja seperti kerja Fi’ilnya juga, iaitu ada mempunyai Faa’il(orang atau benda yang mengerjakan Perbuatan atau bersama mengerjakannya) dan Maf’ul (orang atau benda yang dikerjakan atau diperbuat).

Contoh:

1. Bila Masdar itu Mudhaf atau bersandar kepada Faa’ilnya, seperti:-

لَوْلاَ دَفْعُ اللهِ النَّاسَ
Jikalau tidak penolakan Allah (akan) manusia…

(a) دَفْعُ itu Masdar dan Mudhaf (bersandar) kepada اللهِ

(b) اللهِ itu Faa’il bagi penolakan.

(c) النَّاسَ itu Maf’ul bagi دَفْعُ

2. Bila Masdar itu Idhafah (sandaran) pada Maf’ulnya atau dimasuki ال; seperti:-

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ
Dan bagi Allah (wajib) atas manusia menuju (ke)Rumah Allah.

(a) حِجُّ itu Masdar dan Mudhaf (bersandar) pada الْبَيْتِ

(b) الْبَيْتِ itu dimasuki ال atau Idhafah (sandaran) bagi حِجُّ

3. Bila Masdar itu bukan Mudhaf dan tidak dimasuk ال maka Masdar itu bekerja seperti Fi’il Amr atau Fi’il Nahyi (suruh atau tegah), seperti:-
صَبْرًا لآَ جَزَعًا
Sabarlah jangan gelisah.

(a) صَبْرًا itu Masdar yang bukan Mudhaf dan tidak dimasuki ال maka dia (Masdar) itu bererti Menyuruh.

Syarat-syarat yang membolehkan Masdar itu bekerja seperti Fi’ilnya ialah:-

1. Bila ditempat Masdar itu boleh dimasuki Fi’il beserta أَنْ atau مَا

(a) Seperti contoh yang lalu: لَوْلاَ دَفْعُ اللهِ النَّاسَ boleh dimasuki Fi’il serta أَنْ, seperti berikut:
لَوْلاَ أَنْ يَدْفَعَ اللهِ النَّاسَ

(b) Seperti : ثُمَّ بَعَثْنَاكُمْ مِنْ بَعْدِ مَوْتِكُمْ boleh dimasuki Fi’il serta مَا, seperti berikut:
ثُمَّ بَعَثْنَاكُمْ مِنْ بَعْدِمَاأَمَتْنَاكُمْ

2. Bila Masdar itu semata-mata menggantikan Fi’ilnya, seperti susunan percakapan berikut:-

حَبْسًا النِّصَّ (tahanlah perompak itu), maka حَبْسًاَّ itu semata-mata menggantikan perkataan Fi’il Amr (Suruh).

Jika syarat-syarat diatas tidak ada maka Masdar itu tidaklah bekerja seperti kerja Fi’ilnya. Masdar yang demikian adalah seperti berikut:-

(a) Masdar yang menunjukkan Muakkad (Menguatkan) seperti:-

دَمَّرْنَاهُم تَدْمِيْرَا
Telah membinasakan Kami (akan) mereka (secukup-cukup) kebinasaan.

وَرَتِّلِ الْقُرْءَانَ تَرْتِيْلاً
Bacalah oleh engkau (akan) Al-Quran (dengan sungguh-sungguh) bacaannya.

(b) Masdar yang menunjukkan bilangan, seperti:-

فَهَّمْتُهُ تَفْهِيْمَتَيْنِ الْحَقِيْقَةَ
Dan telah aku beri fahaman kepadanya dua kali fahaman (akan) hakikatnya.

(c) Masdar yang sunyi dari apa-apa kejadian, seperti:-

وَلَهُ صَوْتَ سَبُعٍ
Dia mempunyai suara (seperti) suara singa jantan.

Beberapa contoh dari Al-Quran:

هَذَا خَلْقُ اللَّهِ
ini (semuanya adalah) ciptaan Allah (31:11)

إِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْئًا كَبِيرًا
Sesungguhnya perbuatan membunuh mereka adalah satu kesalahan yang besar (17:31)

تُوبُواْ إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا
bertaubatlah kamu kepada Allah dengan ” taubat Nasuha” (66:8)

إِنَّ سَعْيَكُمْ لَشَتَّى
Sesungguhnya amal usaha kamu adalah berbagai-bagai keadaannya (92:4)

إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِينًا
Sesungguhnya Kami telah membuka bagi perjuanganmu (wahai Muhammad) satu jalan kemenangan yang jelas nyata (48:1)

وَصَدٌّ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ وَكُفْرٌ بِهِ
tetapi menghalangi (orang-orang Islam) dari jalan Allah dan kufur kepadaNya (2:217)

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا
(iaitu) orang-orang yang menyebut dan mengingati Allah semasa mereka berdiri dan duduk (3:191)

وَذَلِكُمْ ظَنُّكُمُ الَّذِي ظَنَنْتُمْ
Dan inilah sangkaan kamu, yang kamu sangka (41:22)


MASDAR MARRAH ( المَصْدَرُ الْمَرَّةِ )

Masdar Marrah ialah Masdar yang menunujukkan Bilangan, samada satu, dua atau beberapa kali pun. Wazan bagi Masdar Marrah itu ialah:-

(a) Bagi Tsulatsi فَعْلَةٌ contohnya:-

سَجَدْتُ سَجْدَةٌ
Telah sujud aku satu sujud.

سَجَدْتُ سَجْدَتَيْنِ
Telah sujud aku dua kali sujud.

سَجَدْتُ ثَلاَثَ سَجَدَاتٍ
Telah sujud aku tiga kali sujud.

(b) Bagi yang bukan Tsulatsi, hanya dengan menambah huruf
ة sahaja pada Masdar biasa, contohnya:-

إِسْتَغْفَرْتُ إِسْتِغْفَارَةٌ
Telah minta ampun aku (sekali) minta ampun.

إِسْتَغْفَرْتُ إِسْتِغْفَارَتَيْنِ
Telah minta ampun aku (2 kali) minta ampun.

إِسْتَغْفَرْتُ إِسْتِغْفَارَاتٍ
Telah minta ampun aku (3 kali) minta ampun.

MASDAR HAI-AHالمَصْدَرُ الْهَيْئَةِ )

Masdar Hai-ah ialah Masdar yang menunujukkan cara atau keadaan Fi’il. Wazan bagi Masdar Hai-ah itu ialah:-

(a) Bagi Tsulatsi فِعْلَةٌ
contohnya:-

أَسْجُدُ سَجْدَةَ الرَّسُوْلِ
Sujudlah (secara) sujud Rasul….

(b) Bagi yang bukan Tsulatsi, hanya dengan menambah ة sahaja pada Masdar biasa (seperti Marrah). Untuk membezakan anatara Marrah dan Hai-ah ialah dengan memerhatikan bentuk susunan ayatnya, seperti:-

إِنْطَلِقْ إِنْطِلاَقَ المُسْلِمِ
Berangkatlah oleh engkau (sebagaimana) keberangkatan orang Muslim.

Nota: Masdar Hai-ah ini juga disebut Masdar Nau-i مَصْدَرُالنَّوْعِ

MASDAR MIMI ( المَصْدَرُ المِيْمِىٌّ )

Masdar Mimi ialah Masdar yang dimulakan dengan tambahan Mim ( م) . Wazan bagi Masdar Mimi adalah seperti berikut:-

(a) Jika dari Fi’il Tsulatsi, wazannya ialah: مَفْعَلٌ; seperti:-

Pukulanمَضْرَبٌ
Pendapatمَذْهَبٌ
Keluar atau Pergiمَخْرَجٌ
Kata-Kataمَقَالٌ
Pandanganمَنْظَرٌ

(b) Dari Fi’il Tsulatsi Mujarrad dan berwazankan مَفْعِلٌ; seperti:-

Kejatuhanمَوْقِعٌ
Letakkanمَوْضِعٌ
Perjanjianمَوْعِدٌ
Ketakutanمَوْجِلٌ

(c) Jika selain Fi’il Tsulatsi Mujarrad, maka wazannya hanya dengan mengikut Isim Maf’ulnya; seperti:-

Yang diperolokkan = مُسْتَهْزَئٌ

Ada satu jenis Masdar lagi yang dinamakan MASDAR SINAA’I (مَصْدَرُالْصِنَاعِىُّ ) iaitu dengan tambahan ( ىّ ) yang berttasydid dan selepasnya ditambah ( ـة ); seperti:-

Kemanusiaanإِنْسَانِيَّةٌ<–إِنْسَانٌManusia
Kemerdekaanحُرِّيَّةٌ<–حُرٌّMerdeka
ISIM MASDAR( اِسْمُ المَصْدَرِ )

Isim Masdar itu berbeda dengan Masdar. Isim Masdar ialah perkataan yang menunjukkan makna Masdar dan ia kurang satu huruf dari pada bilangan huruf Fi’ilnya. Contohnya:-

Maknaاسم مصدرمصدرفعل ماض
Pemberianعَطَاءٌإِعْطَاءٌأَعْطَى
Pertolonganعَوْنٌإِعَانَةٌأَعَانَ
Selawatصَلاَةٌتَصْلِيَةٌصَلَّى
Sejahteraسَلآمٌتَسْلِيْمًاسَلَّمَ

Perhatikan huruf-huruf pada Isim Masdar diatas kerana kurang daripada yang sepatutnya. Bagaimana pun, Isim Masdar itu bekerja seperti pekerjaan Masdar (yang bekerja seperti kerja Fi’ilnya) juga. Contohnya:-

وَمَاكَانَ عَطَاءُ رَبِّكَ مَحْظُوْرًا
Dan tidak (sewajarnya) pemberian Tuhan (itu) terlarang (tersekat dari sesiapa pun).



Download Kamus Al-Munawwir Arab - Indonesia PDF

Download Kamus Al-Munawwir Arab - Indonesia PDF


Kamus Al-Munawwir merupakan sebuah kamus bahasa Arab-Indonesia yang merupakan kamus bahasa Arab yang terkenal di Indonesia. Kamus ini telah banyak digunakan oleh para penuntut ilmu (thullabul Ilmi) untuk mengetahui arti kosakata Arab ke dalam bahasa Indonesia, khususnya dalam perbendaharaan kosakata terjemahan kitab kuning. Kamus ini termasuk dalam kamus dengan penjualan yang cukup banyak di Indonesia karena telah dicetak berulangkali dan dicetak sekitar 10 ribu-15 ribu eksemplar pertahun.[1] Kamus ini sangat populer di Indonesia karena termasuk kamus yang sangat komplet, bahkan kamus ini juga beredar di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam. Kenapa sampai ke sana, karena mempunyai kesamaan bahasa yaitu bahasa Melayu dan bahasa Indonesia yang pada hakikatnya sama persis, namun ada sedikit berbeda istilah-istilah tertentu dan dialegnya. Di samping kamus al-Munawwir yang merupakan kamus besar dan tebal, ada kamus lain yang cukup tipis halamannya seperti kamus Arab-Indonesia karya Prof. Mahmud Yunus. Setelahnya banyak bermunculan kamus-kamus lain. Tak lupa, di Krapyak, Yogyakarta, juga ada penulis kamus Arab-Indonesia berjudul al-Asyri yakni KH. Atabik Ali dan Muh. Zuhdi Mudhlor dengan tebal sekitar 2500 halaman, kamus ini ditulis dengan sistem alfabet bukan dari akar kata. Dalam perkembangannya, kamus al-Munawir mengeluarkan edisi Indonesia-Arab-nya untuk menyesuaikan kebutuhan dari pemakainya.