Contact Us - Privacy Policy - Disclaimer - Terms of Service - About
Beranda · Daftar Pelajaran · Artikel · Nahwu · Sharaf · Balaghah · Qiroah · Download · Quiz Bahasa Arab

Qowaidul I'lal Ke-17 (اِدَّرَأَ Asalnya اِدْتَرَأَ Serta اِذَّكَرَ Asalnya اِذْتَكَرَ)

Qowaidul I'lal Ke-17 (اِدَّرَأَ Asalnya اِدْتَرَأَ Serta اِذَّكَرَ Asalnya اِذْتَكَرَ)

 إِذَا  كَانَ  فَاءُ اِفْتَعَلَ  دَالاً  أوْ  ذَالاً  أوْ زَايًا  قُلِبَتْ  تَاؤُهُ  دَالاً  لِعُسْرِ  النُّطْقِ  بِهَا  بَعْدَ  هَذِهِ  الْحُرُوْفِ  وَإنَّمَا  تُقْلَبُ  التَّاءُ  بِالدَّالِ  لِقُرْبِهِمَا  مَخْرَجًا  نَحْوُ  اِدَّرَأَ  أَصْلُهُ  اِدْتَرَأَ  وَ اِذَّكَرَ  أَصْلُهُ  اِذْتَكَرَ  وَ  اِزْدَجَرَ  أَصْلُهُ  اِزْتَجَرَ


Ketika Fa’ Fi’ il wazan berbentuk huruf Dal(د), ataupun Dzal(ذ), ataupun Zay(ز), hingga huruf Ta’(ت)( Ta’ zaidah wazanاِفْتَعَلَ) yang jatuh setelah huruf- huruf tersebut wajib diubah Dal, demi mudahnya mengucapkannya. Digantinya Ta’ dengan Dal’ sebab dekatnya makhraj keduanya. contoh:اِدَّرَأَ asalnya اِدْتَرَأَ serta اِذَّكَرَ asalnya اِذْتَكَرَ serta اِزْدَجَرَ asalnya اِزْتَجَرَ.

Qowaidul I'lal Ke-16 (اِصْطَلَحَ asalnya اِصْتَلَحَ serta اِضْطَرَبَ asalnya اِضْتَرَبَ)

Qowaidul I'lal Ke-16 (اِصْطَلَحَ asalnya اِصْتَلَحَ serta اِضْطَرَبَ asalnya اِضْتَرَبَ)

 إِذَا كَانَ الْفَاءُ  اِفْتَعَلَ  صَادًا  أَوْ  ضَادًا  أَوْ طَاءً  أَوْ ظَاءً  قُلِبَتْ  تَاؤُهُ  طَاءً  لِتَعَسُّرِالنَّطْقِ  بِهَا  بَعْدَ  هَذِهِ  الْحُرُوْفِ  وَ إِنَّمَا  تُقْلَبُ  التَّاءُ  بِالطَّاءِ  لِقُرْبِهِمَا  مَخْرَجًا  نَحْوُ اِصْطَلَحَ  أَصْلُهُ  اِصْتَلَحَ  وَ اِضْطَرَبَ  أَصْلُهُ  اِضْتَرَبَ


Ketika Fa’ Fi’ il kalimah wazanاِفْتَعَلَ berbentuk huruf Shad, ataupun Dhad, ataupun Tha’, ataupun Zha’( huruf Ithbaq), maka huruf Ta’ yg jatuh setelah huruf Ithbaq tersebut wajib diubah Tha’, demi mudahnya mengucapkannya. Digantinya Ta’ dengan Tha’ sebab dekatnya makhraj keduanya. contoh:اِصْطَلَحَ asalnya اِصْتَلَحَ serta اِضْطَرَبَ asalnya اِضْتَرَبَ

Qowaidul I'lal Ke-15 (مَصُوْنٌ Asalnya مَصْوُوْنٌ Serta مَسِيْرٌ Asalnya مَسْيُوْرٌ)

Qowaidul I'lal Ke-15 (مَصُوْنٌ Asalnya مَصْوُوْنٌ Serta مَسِيْرٌ Asalnya مَسْيُوْرٌ)

إِنَّ  اسْمَ  الْمَفْعُوْلِ  إذَا  كَانَ مِنْ  مُعْتَلِّ  الْعَيْنِ  وَجَبَ  حَذْفُ  وَاوٍ الْمَفْعُوْلِ  مِنْهُ  عِنْدَ  سِيْبَوَيْهِ

نَحْوُ مَصُوْنٌ  أَصْلُهُ  مَصْوُوْنٌ  وَ مَسِيْرٌ  أَصْلُهُ  مَسْيُوْرٌ


Isim Maf’ ul ketika dia terbuat dari Fi’ il Mu’ tal‘ Ain (Bina’ Ajwaf) maka harus membuang wawu maf’ ulnya menurut Imam Syibawaih (bagi Imam lain yg dibuang merupakan Ain Fi’ ilnya). contoh: مَصُوْنٌ asalnya مَصْوُوْنٌ serta مَسِيْرٌ asalnya مَسْيُوْرٌ

Qowaidul I'lal Ke-14 (يُوْسِرُ asalnya يُيْسِرُ serta مُوْسِرٌ asalnya مُيْسِرٌ)

Qowaidul I'lal Ke-14 (يُوْسِرُ asalnya يُيْسِرُ serta مُوْسِرٌ asalnya مُيْسِرٌ)


 إِذَا كَانَتِ  الْيَاءُ  سَاكِنَةً  وَ كَانَ  مَا  قَبْلَهَا  مَضْمُوْمًا  أُبْدِلَتْ  وَاوًا  نَحْوُ  يُوْسِرُ  أَصْلُهُ  يُيْسِرُ  وَ  مُوْسِرٌ  أَصْلُهُ  مُيْسِرٌ


Ketika ada Ya’ sukun serta sebelumnya terdapat huruf yang dibaca dhommah maka ya’ tersebut wajib diubah menjadi wawu. contoh:يُوْسِرُ asalnya يُيْسِرُ serta مُوْسِرٌ asalnya مُيْسِرٌ

Qowaidul I'lal Ke-13 (تَعَاطِيًا asalnya تَعَاطُوًا serta تَعَدِّيًا asalnya تَعَدُّوًا)

Qowaidul I'lal Ke-13 (تَعَاطِيًا asalnya تَعَاطُوًا serta تَعَدِّيًا asalnya تَعَدُّوًا)

 إِذَا وَقَعَتِ  الْوَاوُ  طَرْفًا  بَعْدَ  ضَمٍّ  فِيْ  اسْمٍ  مُتَمَكِّنٍ  فِي  اْلأَصْلِ  أُبْدِلَتْ  يَاءً  فَقُلِبَتِ  الضَّمَّةُ  كَسْرَةً  بَعْدَ  تَبْدِيْلِ  الْوَاوِ  يَاءً  نَحْوُ  تَعَاطِيًا  أَصْلُهُ  تَعَاطُوًا  وَ  تَعَدِّيًا  أَصْلُهُ  تَعَدُّوًا


Jika terdapat wawu terletak di akhir kata jatuh setelah harokat dhammah di dalam asal kata Isim yang Mutamakkin( dapat menerima tanwin), maka wawu tersebut harus diubah menjadi ya’, setelah itu sehabis itu harokah dhammah diubah jadi kasrah. Contoh:تَعَاطِيًا asalnya تَعَاطُوًا serta تَعَدِّيًا asalnya تَعَدُّوًا.

Qowaidul I'lal Ke-12 (أَجَابَ Asalnya أَجْوَبَ Serta أَبَانَ Asalnya أَبْيَنَ)

Qowaidul I'lal Ke-12 (أَجَابَ Asalnya أَجْوَبَ Serta أَبَانَ Asalnya أَبْيَنَ)

إِنَّ الْوَاوَ وَ الْيَاءَ  السَّاكِنَتَيْنِ  لاَتُبْدَلاَنِ  آلِفًا  إِلاَّ  إِذَا  كَانَ  سُكُوْنُهُمَا  غَيْرَ  أَصْلِيٍّ  بِأَنْ  نُقِلَتْ  حَرْكَتُهُمُا  اِلَى  مَا قَبْلَهُمَا  نَحْوُ أَجَابَ  أَصْلُهُ  أَجْوَبَ  وَ أَبَانَ  أَصْلُهُ  أَبْيَنَ


Wawu ataupun ya’ yang berharakat sukun, keduanya tidak boleh diubah menjadi Alif, kecuali bila sukunnya tidak asli karena pergantian harokat keduanya pada huruf sebelumnya( amati kaidah ilal ke 2). Contoh:أَجَابَ asalnya أَجْوَبَ serta أَبَانَ asalnya أَبْيَنَ.

Qowaidul I'lal Ke-11 (آمَنَ Asalnya أَأْمَنَ Serta أُوْمُلْ Asalnya أُؤْمُلْ)

Qowaidul I'lal Ke-11 (آمَنَ Asalnya أَأْمَنَ Serta أُوْمُلْ Asalnya أُؤْمُلْ)




 الْهَمْزَتَانِ  اِذَا الْتَقَتَا  فِيْ  كَلِمَةٍ  وَاحِدَةٍ  ثَانِيَتُهُمَا  سَاكِنَةٌ  وَجَبَ  اِبْدَالُ  الثّانِيَةِ  بِحَرْفٍ  نَاسَبَ اِلَى  حَرْكَةِ  اْلأُوْلَىْ  نَحْوُ  آمَنَ  اَصْلُهُ  أَأْمَنَ  وَأُوْمُلْ  اَصْلُهُ  أُؤْمُلْ  وَ اِيْدِمْ  اَصْلُهُ  إِئْدِمْ


Ketika ada 2 huruf Hamzah berkumpul sejajar dalam satu kata, yang no 2 sukun, maka huruf hamzah ini wajib ditukar dengan huruf yang cocok dengan harakat Hamzah yang awal. contoh آمَنَ asalnya أَأْمَنَ serta أُوْمُلْ asalnya أُؤْمُلْ.

Qowaidul I'lal Ke-10 (مَدَّ Asalnya مَدَدَ Serta مُدِّ Asalnya اُمْدُدْ, Serta اتَّصَلَ Asalnyaاِوْتَصَلَ )

Qowaidul I'lal Ke-10 (مَدَّ Asalnya مَدَدَ  Serta مُدِّ Asalnya اُمْدُدْ, Serta اتَّصَلَ Asalnyaاِوْتَصَلَ )


اِذَا اجْتَمَعَ فِيْ كَلِمَةٍ  حَرْفَانِ مِنْ  جِنْسٍ وَاحِدٍ  أَوْ مُتَقَارِبَانِ فِي  الْمَخْرَجِ  يُدْغِم اْلأَوَّلُ  فِي  الثَّانِيْ  بَعْدَ  جَعْلِ  الْمُتَقَارِبَيْن  مِثْلَ  الثَّانِيْ  لِثَقْلِ  الْمُكَرَّرِ  نَحْوُ  مَدَّ  أصْلُهُ  مَدَدَ  وَمُدِّ  أَصْلُهُ   اُمْدُدْ  وَاتَّصَلَ  أَصْلُهُ  اِوْتَصَلَ


Jika terdapat 2 huruf sejenis ataupun nyaris sama makhrajnya berkumpul dalam satu kata, maka huruf yang pertama wajib digabungkan kepada huruf yang kedua, setelah menjadikan huruf yang nyaris sama makhrajnya seragam dengan huruf yg kedua( amati kaidah i’ lal ke 18 insyaallah)–, sebab beratnya pengulangan/ memilah- milahnya. contoh مَدَّ asalnyaمَدَدَ sertaمُدِّ asalnyaاُمْدُدْ, sertaاتَّصَلَ asalnyaاِوْتَصَلَ.

Qowaidul I'lal Ke-9 (Lafadz صُنْ Asalnya أُصْوُنْ Serta سِرْ Asalnyaاِسْيِرْ)

Qowaidul I'lal Ke-9 (Lafadz صُنْ  Asalnya أُصْوُنْ  Serta  سِرْ  Asalnyaاِسْيِرْ)

 

إذَالَقِيَتِ الْوَاوُ وَالْيَاءُ السَّاكِنَتَانِ بحَرْفٍ سَاكِنٍ  آخَرَ حُذِفَتَا  بَعْدَ اَنْ  نُقِلَتْ  حَرْكَتُهُمَا  اِلَى مَاقَبْلَهُمَا  نَحْوُ صُنْ  أَصْلُهُ  أُصْوُنْ  وَ سِرْ أَصْلُهُ   اِسْيِرْ


Jika terdapat Wawu ataupun Ya’ sukun, berjumpa dengan huruf sukun yang lain, maka Wawu atau Ya’ tersebut harus dibuang, ini setelah memindahkan harakat keduanya( Wawu ataupun Ya’) ke huruf sebelumnya( amati kaidah I’ lal ke 2). Contoh:صُنْ asalnyaأُصْوُنْ sertaسِرْ asalnyaاِسْيِرْ

Qowaidul I'lal Ke-8 (Lafadz رَضِيَ Asalnya Yakni "رَضِوَ", Begitu juga غَازٍ Asalnya "غَازِوٌ")

Qowaidul I'lal Ke-8 (Lafadz رَضِيَ Asalnya Yakni "رَضِوَ", Begitu juga غَازٍ Asalnya "غَازِوٌ")


 اِذَاوَقَعَتِ الْوَاوُ بَعْدَ كَسْرَةٍ فِيْ  اِسْمٍ  اَوْفِعْلٍ ، اُبْدِلَتْ  يَاءً، نَحْوُ رَضِيَ  وَغَازٍ اَصْلُهُمَا رَضِوَ وَ  غَازِوٌ


Maksudnya:


Ketika terdapat huruf wawu jatuh sehabis harakat kasrah di dalam isim ataupun fiil, maka huruf wawu itu ditukar dengan huruf ya. Contoh lafadz"رَضِيَ" serta"غَازٍ" asalnya yakni"رَضِوَ" serta"غَازِوٌ".

Qowaidul I'lal Ke-7 (يَعِدُ Asalnya يَوْعِدُ, Begitu juga يَضَعُ Asalnya يَوْضِعُ )

Qowaidul I'lal Ke-7 (يَعِدُ  Asalnya يَوْعِدُ)


اِذَاوَقَعَتِ الْوَاوُ بَيْنَ الْفَتْحَةِ وَالْكَسْرَةِ الْمُحَقَّقَةِ وَقَبْلَهَا حَرْفُ الْمُضَارَعَةِ، تُحْذَفُ، نَحْوُ يَعِدُ  اَصْلُهُ  يَوْعِدُ


Jika terdapat huruf wawu jatuh di antara harakat fathah serta harakat kasrah yang nyata serta huruf sebelumnya merupakan huruf mudharaah(huruf awalan pada fi'il mudhori yaitu:أ،ن،ي،ت), maka huruf wawu harus dibuang, contoh"يَعِدُ" asalnya"يَوْعِدُ".

Qowaidul I'lal Ke-6 (Wawu Diganti Ya karena berada di akhir kata dan Sebelumnya tidak berharakat dhommah)

Qowaidul I'lal Ke-6 (Wawu Diganti Ya karena berada di akhir kata dan Sebelumnya tidak berharakat dhommah)


 اِذَا وَقَعَتِ  الْوَاوُ  رَابِعَةً  فَصَاعِدًا فِي  الطَّرْفِ  وَلَمْ  يَكُنْ  مَاقَبْلَهَا  مَضْمُوْمًا  أُبْدِلَتِ  الْوَاوُ يَاءً  نَحْوُ  يُزَكِّيْ  أَصْلُهُ  يُزَكِّوُ وَيُعَاطِيْ  أَصْلُهُ  يُعَاطِوُ


Apabila wawu menempati ujung akhir kata yang terbentuk oleh 4 huruf ataupun lebih, serta sebelum wawu tidak terdapat huruf yang berharakat dhommah, maka wawu tersebut ditukar menjadi ya’. Contoh:يُزَكِّيْ asalnyaيُزَكِّوُ sertaيُعَاطِيْ asalnyaيُعَاطِوُ.

Qowaidul I'lal Ke-5 (يَغْزُوْ Asalnya يَغْزُوُ , Begitu juga يَرْمِيْ Asalnya يَرْمِيُ )

Qowaidul I'lal Ke-5 (Wawu atau Ya Berada di Akhir Kata dan Berharakat Dhommah, Maka Harus Disukun)

 

إِذَا تَطَرَّفَتِ  الْوَاوُ  وَالْيَاءُ  وَكَانَتَا  مَضْمُوْمَةً  اُسْكِنَتَا  نَحْوُ يَغْزُوْا أَصْلُهُ يَغْزُوُ وَيَرْمِيْ  أَصْلُهُ  يَرْمِيُ


Apabila Wau ataupun Ya’ menempati akhir sebuah kata, serta ber- harakah dhammah, maka Wawu atau ya harus disukunkan. Contoh:يَغْزُوْا asalnyaيَغْزُوُ sertaيَرْمِيْ asalnyaيَرْمِيُ

Qowaidul I'lal Ke-4 (Wawu Diganti Ya Karena Berkumpul Dalam Satu Kata, dan yang Satu Sukun, Lalu Ya dijadikan Satu dengan Tasydid)

Qowaidul I'lal Ke-4 (Wawu Diganti Ya Karena Berkumpul Dalam Satu Kata, dan yang Satu Sukun, Lalu Ya dijadikan Satu dengan Tasydid)


 إِذَا اجْتَمَعَتِ الْوَاوُ وَالْيَاءُ فِيْ كَلِمَةٍ وَاحِدَةٍ  وَسَبَقَتْ  اِحْدَاهُمَا  بِالسُّكُوْنِ  اُبْدِلَتِ  الْوَاوُ يَاءً  وَاُدْغِمَتِ  الْيَاءُ اْلأُوْلَى  فِي الثَّانِيَّةِ  نَحْوُ مَيِّتٌ  أَصْلُهُ مَيْوِتٌ  وَمَرْمِيٌّ  أَصْلُهُ مَرْمُوْيٌ


Apabila wawu serta ya’ berkumpul dalam satu kata yang sama serta salah satunya diawali dengan harakat sukun, maka wawu ditukar dengan huruf ya’. Setelah itu huruf ya’ yang pertama digabungkan dengan ya’ yang kedua(dengan ditambah tasydid). Contoh lafadzمَيِّتٌ asalnya merupakanمَيْوِتٌ sertaمَرْمِيٌّ asalanya merupakanمَرْمُوْيٌ

Qowaidul I'lal Ke-3 (Wawu atau Ya Diganti Dengan Hamzah, Jika Wawu atau ya Terletak pada Ain Fiil pada Bentuk Isim Fail atau Akhir Bentuk Masdar)

Qowaidul I'lal Ke-3 (Wawu atau Ya Diganti Dengan Hamzah, Jika Wawu atau ya Terletak pada Ain Fiil pada Bentuk Isim Fail atau Akhir Bentuk Masdar)


 إِذَاوَقَعَتِ الْوَاوُوَالْيَاءُ بَعْدَآلِفٍ زَائِدَةٍ أُبْدِلَتَا هَمْزَةً بِشَرْطِ  أَنْ تَكُوْنَا عَيْنًا فِيْ  اسْمِ الْفَاعِلِ  وَطَرَفًا فِيْ  مَصْدَرٍ,نَحْوُ صَائِنٌ  أَصْلُهُ  صَاوِنٌ  ,سَائِرٌ  أَصْلُهُ  سَايِرٌ  ,لِقَاءٌ أَصْلُهُ لِقَايٌ


Apabila terdapat huruf wawu ataupun ya’ jatuh setelah alif zaidah(alif tambahan), maka wajib ditukar dengan hamzah, dengan ketentuan wawu ataupun ya’ tersebut terletak pada‘ Ain Fi’ il kalimah bentuk Isim Fail, ataupun terletak pada akhir kata bentuk masdar. Contoh:صَائِنٌ asalnyaصَاوِنٌ sertaسَائِرٌ asalnyaسَايِرٌ sertaلِقَاءٌ asalnyaلِقَايٌ

Qowaidul I'lal Ke-2 (Harakat Wawu atau Ya Pada Bina Ajwaf, Dipindah Pada Huruf Sebelumnya)

Qowaidul I'lal Ke-2 (Harakat Wawu atau Ya Pada Bina Ajwaf, Dipindah Pada Huruf Sebelumnya)


 إِذَاوَقَعَتِ الْوَاوُ وَالْيَاءُ عَيْنًا مُتَحَرِّكَةًمِنْ أَجْوَفٍ وَكَانَ مَا قَبْلَهُمَا  سَاكِنًا صَحِيْحًا نُقِلَتْ حَرْكَتُهُمَا إلىَ مَاقَبْلَهَا ,نَحْوُ يَقُوْمُ أَصْلُهُ يَقْوُمُ ,يَبِيْعُ  أَصْلُهُ  يَبْيِعُ


Apabila ada wawu ataupun ya’ mempunyai harokat yang mana wawu atau ya berharakat tersebut terletak pada‘ ain fi’il Bina’ Ajwaf serta huruf sebelumnya terdiri dari huruf Shahih (bukan wawu/ya) yang berharakat sukun, maka harakat wawu ataupun ya’ tersebut wajib dipindah pada huruf sebelumnya. Contoh:يَقُوْمُ asalnyaيَقْوُمُ sertaيَبِيْعُ asalnyaيَبْيِعُ.

Qowaidul I'lal Ke-1 (Huruf Wawu atau Ya Diganti Menjadi Huruf Alif)

Qowaidul I'lal Ke-1 (Huruf Wawu atau Ya Diganti Menjadi Huruf Alif)


 إذَاتَحَرَّكَتِ الْوَاوُ وَالْيَاءُ بَعْدَفَتْحَةٍ مُتَّصِلَةٍ فِيْ  كَلِمَتَيْهِمَا أُبْدِلَتَا آلِفًا مِثْلُ  صَانَ  أَصْلُهُ   صَوَنَ   وَبَاعَ   أَصْلُهُ   بَيَعَ


Apabilah terdapat Wawu ataupun Yya’ berharkah, jatuh setelah harkah Fathah dalam satu kalimah, hingga Wawu ataupun Ya’ tsb wajib ditukar dengan Alif semacam contohصَانَ asalnyaصَوَنَ, sertaبَاعَ asalnyaبَيَعَ.

Singkatan Huruf Pegon untuk Memaknai Kitab Kuning Ala Pondok Pesantren.

Mengkaji kitab kuning di pondok pesantren adalah sebuah kewajiban bagi para santri bahkan termasuk kegiatan wajib mereka, dalam prakteknya, mengkaji kitab kuning hampir semua ponpes di Indonesia menggunakan bahasa jawa dan dengan istilah-istilah khusus yang sudah lahir sejak dulu.     Istilah-istilah tersebut juga jika kita pahami betul, ternyata adalah cara para kiai terdahulu untuk memudahkan santri dalam mempelajari ilmu tata bahasa Arab, yaitu nahwu. contoh saja dalam penulisan mubtada disebutkan dengan utawi, khobar disebut dengan iku, dan sebagainya, selain para kiai memberikan arti setiap kata juga menyebutkan kedudukan nahwu setiap kata.  Baiklah berikut ini adalah singkatan-singkatan huruf pegon yang dapat digunakan para santri dalam memaknai kitab kuning :  Huruf م : utawi / berawal  (kedudukannya mubtada’) Huruf خ : dibaca "iku" dalam bahasa indonesia 'Yaitu'  (dalam Nahwu berkedudukan sebagai khobar) Huruf ج : dibaca 'mongko' atau juga 'maka' (yaitu menjadi kalimat jawab) Huruf حا : dibaca khale atau 'dalam keadaan' (dalam nahwu dinamakan hal) Huruf ع : dibaca 'kerono' atau sebab  (dalam nahwu disebut lam ta’lil) Huruf غ : dibaca senajan atau walaupun (dalam nahwu disebut ghoyah) Huruf فا : dibaca sopo atau siapa 'menunjukan arti subjek, fail ataupun seseorang' (dalam nahwu disebut juga fail yang berakal) Huruf ف : dibaca 'opo' atau apa, berbeda dengan faa di atas, faa yang ini ditulis tanpa alif, huruf ini mengandung arti subjek yang tidak berakal yakni selain manusia, contoh benda, dan lain sebagainya.' Huruf مف : dibaca "ing" mempunyai arti objek atau maf'ul bih dalam ilmu nahwu Huruf نفا : dibaca 'sopo atau opo' dalam bahasa indonesia 'siapa atau apa' tergantung yang kata tersebut manusia atau selain manusia, mengandung arti subjek pengganti dalam kalimat pasif, dalam nahwu disebut juga naibul fail Huruf مع : dibaca 'Sertane' dalam bahasa indonesia  'beserta' (dalam ilmu nahwu biasanya disebut juga dengan Maf'ul Ma'ah) Huruf ن : dibaca 'kang' dalam bahasa indonesia 'yang' (huruf nun juga singkatan dari na'at) Huruf ص : sama dengan nun, dibacanya 'Kang' atau 'yang' hanya saja dalam nahwu disebut juga dengan Shilah, atau kalimat yang berbentuk sifat yang terletak setelah isim maushul Huruf مط : dibaca 'kelawan' atau dengan, dalam ilmu nahwu disebut juga dengan maful mutlak Huruf تم : dibaca 'apane' atau 'apanya' dalam ilmu nahwu disebut juga dengan  tamyiz Huruf ظم : dibaca 'ingdalem' atau pada, dalam ilmu nahwu disebut juga dengan  zhorof Huruf نفـ: dibaca 'ora' atau tidak, huruf tersebut singkatan dari nafiyah Huruf س : dibaca 'jalaran' atau sebab, dalam ilmu nahwu biasanya dinamakan sababiah Huruf با : dibaca 'bayane' atau bisa juga menunjukkan kondisi sesuatu dalam ilmu nahwu biasanya disebut bayan Huruf بد : dibaca 'Rupane' atau dalam bahasa indonesia 'ternyata adalah', dalam ilmu nahwu sebagai badal  Penempatan Setiap Singkatan Pegon: Huruf م : utawi / berawal  (kedudukannya mubtada’)  huruf mim berada di awal kata yang berkedudukan mubtada'.   Cara baca : al-hamdu utawi segalane puji, iku lillahi tetep kagungane Allah. Huruf خ : dibaca "iku" dalam bahasa indonesia 'Yaitu'  (dalam Nahwu berkedudukan sebagai khobar)          huruf kho berada pada kanan atas kata yang berkedudukan khobar. Cara baca : al-hamdu utawi segalane puji, iku lillahi tetep kagungane Allah.  Baca Juga : Pengertian tentang mubtada dan khobar.  Huruf ج : dibaca 'mongko' atau juga 'maka' (yaitu menjadi kalimat jawab)    huruf jim (ج) ditulis di samping kalimat jawab dari in (jika). Cara Baca : in jaa.a nalikane teko sopo umaru umar, jaa.a mongko teko sopo ahmadu ahmad.    Huruf حا : dibaca khale atau 'dalam keadaan' (dalam nahwu dinamakan hal)          huruf khaale (حا) ditulis di atas kanan kata yang berkedudukan sebagai haal,  Cara baca : jaa a teko sopo muhammadun muhammad rookiban khaale berkendara  Huruf ع : dibaca 'kerono' atau sebab  (dalam nahwu disebut lam ta’lil)          huruf ain ditulis disamping bawah huruf lam ta'lil.  Huruf غ : dibaca senajan atau walaupun (dalam nahwu disebut ghoyah)           huruf ghoin (غ) ditulis di atas kanan huruf yang menunjukkan arti ghoyah atau walaupun atau kata (لَوْ)  Huruf فا : dibaca sopo atau siapa 'menunjukan arti subjek, fail ataupun seseorang' (dalam nahwu disebut juga fail yang berakal)   huruf faa (فا) ditulis di atas kanan kata yang berkedudukan sebagai fa'il yang berakal (manusia)   Huruf ف : dibaca 'opo' atau apa, berbeda dengan faa di atas, faa yang ini ditulis tanpa alif, huruf ini mengandung arti subjek yang tidak berakal yakni selain manusia, contoh benda, dan lain sebagainya.'  huruf fa ditulis di atas kanan fail yang tidak berakal (seperti kata di atas thooiroh yang artinya adalah pesawat), dibaca opo.   Huruf مف : dibaca "ing" mempunyai arti objek atau maf'ul bih dalam ilmu nahwu    huruf (مف) ditulis di kanan atas kata yang berkedudukan sebagai maf'ul bih, atau objek.  Huruf نفا : dibaca 'sopo atau opo' dalam bahasa indonesia 'siapa atau apa' tergantung yang kata tersebut manusia atau selain manusia, mengandung arti subjek pengganti dalam kalimat pasif, dalam nahwu disebut juga naibul fail          Huruf مع : dibaca 'Sertane' dalam bahasa indonesia  'beserta' (dalam ilmu nahwu biasanya disebut juga dengan Maf'ul Ma'ah)          Huruf ن : dibaca 'kang' dalam bahasa indonesia 'yang' (huruf nun juga singkatan dari na'at)          Huruf ص : sama dengan nun, dibacanya 'Kang' atau 'yang' hanya saja dalam nahwu disebut juga dengan Shilah, atau kalimat yang berbentuk sifat yang terletak setelah isim maushul           Huruf مط : dibaca 'kelawan' atau dengan, dalam ilmu nahwu disebut juga dengan maful mutlak          Huruf تم : dibaca 'apane' atau 'apanya' dalam ilmu nahwu disebut juga dengan  tamyiz           Huruf ظم : dibaca 'ingdalem' atau pada, dalam ilmu nahwu disebut juga dengan  zhorof           Huruf نفـ: dibaca 'ora' atau tidak, huruf tersebut singkatan dari nafiyah             Semoga bisa bermanfaat dan bisa lebih mudah dalam memaknai kitab kuning khususnya bagi teman-teman yang sedang di pondok pesantren. :D


Mengkaji kitab kuning di pondok pesantren adalah sebuah kewajiban bagi para santri bahkan termasuk kegiatan wajib mereka, dalam prakteknya, mengkaji kitab kuning hampir semua ponpes di Indonesia menggunakan bahasa jawa dan dengan istilah-istilah khusus yang sudah lahir sejak dulu. 


Istilah-istilah tersebut juga jika kita pahami betul, ternyata adalah cara para kiai terdahulu untuk memudahkan santri dalam mempelajari ilmu tata bahasa Arab, yaitu nahwu. contoh saja dalam penulisan mubtada disebutkan dengan utawi, khobar disebut dengan iku, dan sebagainya, selain para kiai memberikan arti setiap kata juga menyebutkan kedudukan nahwu setiap kata.

Baiklah berikut ini adalah singkatan-singkatan huruf pegon yang dapat digunakan para santri dalam memaknai kitab kuning :

Aturan Penulisan Hamzah (ء) di awal kata dalam Bahasa Arab

 

Aturan Penulisan Hamzah (ء) di awal kata

 Contoh kalimat:

(11) أَحْمَدُ قَائِمٌ

Ahmad berdiri

(22) هِنْدٌ اِمْرَأةُ زَيْدٍ

Hindun adalah istri Zaid

(33) جَاءَ الـأُسْتَاذُ

Guru itu telah datang

Pengertian Dzonna Wa Akhwatuha (ظَنَّ وَ أخْوَاتُهَا) Amil yang Masuk Pada Jumlah Ismiyah

 

Pengertian Dzonna Wa Akhwatuha (ظَنَّ وَ أخْوَاتُهَا) Amil yang Masuk Pada Jumlah Ismiyah

Selain kaana wa akhwatuha dan inna wa akhwatuha yang menjadi amil yang masuk pada kalimat ismiyah yaitu susunan kalimat yang terdiri dari mubtada dan khobar, ada satu lagi amil yang masuk pada mubtada dan khobar, apakah itu? Iya, sesuai judul kita yaitu Dzonna wa akhwatuha atau isim dzonna dan saudara-saudaranya. Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Masdar (المصدر) dan Contoh-contohnya dalam Al-Quran

Pengertian Masdar dan Contoh-contohnya dalam Al-Quran


Bahasa Arab merupakan bahasa yang mempunyai kaitan erat dengan agama Islam. Al- Quran yang ditulis dalam bahasa Arab menjadikan bahasa ini berarti untuk umat Islam buat menguasai isi kitab suci tersebut. Al- Quran memiliki pesan- pesan Allah yang diperuntukan kepada umat manusia, sehingga menekuni bahasa Arab jadi kewajiban untuk umat Islam.

Pengetian Ilmu Nahwu, Sejarah Awal Mula Pembukuannya, dan Tujuan Mempelajarinya


Pengetian Ilmu Nahwu, Sejarah Awal Mula Pembukuannya, dan Tujuan Mempelajarinya


Ilmu nahwu bisa jadi belum begitu familier pada sebagian orang. Ilmu nahwu ini berkaitan dengan bahasa Arab. Apabila kalian mau menekuni serta menguasi bahasa Arab, hingga kalian butuh menguasai ilmu nahwu ini.

47 Kosa Kata Bahasa Arab untuk Sehari-hari Bagi Pemula

47 Kosa Kata Bahasa Arab untuk Sehari-hari Bagi Pemula


Jika teman-teman mempunyai waktu kosong, carilah metode lain yang menyenangkan. Salah satunya belajar bahasa Arab.


Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang sangat penting terutama bagi seorang muslim, Dengan belajar bahasa Arab, teman-teman bisa mendalami isi kandungan al-qur'an dan memudahkan kita ketika beribadah kepada Allah SWT. Tidak hanya itu, Bahasa Arab dipakai salah satunya oleh negeri Liga Arab.

Pengertian Kalimat Qosam dan Kalimat Syarat dalam Ilmu Nahwu


Pengertian Kalimat Qosam dan Kalimat Syarat dalam Ilmu Nahwu


1. Pengertian Kalimat Qasam

Uslub qasam ataupun kalimat sumpah merupakan kalimat yang dimaksudkan buat memantapkan pesan yang di informasikan dengan memakai media sumpah semacam ﻭ,ﺏ,ﺕ yang terjemahannya demi ataupun yang semakna dengannya.ﺕ tertentu pada lafal jalalah (ﺍﻟﻠﻪ) sebaliknya ﻭ serta ﺏ tidak.


Contoh:


ﻭَﺍﻟﻠّـﻪِ ﻻَﻧَﺠَﺎﺡَ ﺇِﻻَّ ﺑِﺎﻟْﻤُﺠَﺎﻫَﺪَﺓِ   Demi Allah, tidak terdapat sesuatu keberhasilan kecuali dengan kerja keras.


ﺑِﺎﻟﻠّـﻪِ ﻟَﻦْ ﻳُﻀِﻴْﻊَ ﺣَﻘَّﻨَﺎ   Demi Allah, ia tidak hendak menyia- nyiakan hak kita.


ﺗَﺎﻟﻠّـﻪِ ﺇِﻥَّ ﻓَﺎﻋِﻞَ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮِ ﻟَﻤَﺤْﺒُﻮْﺏٌ    Demi Allah, orang yang berbuat baik tentu dicintai.


Contoh ﻭَﺍﻟﻠّـﻪِ ﻻَﻧَﺠَﺎﺡَ ﺇِﻻَّ ﺑِﺎﻟْﻤُﺠَﺎﻫَﺪَﺓِ  bisa dirinci sebagai berikut;
ﻭَ = artinya 'demi' biasanya dinamakan adat qasam ( media sumpah) 
ﺍﻟﻠّـﻪِ = Lafdul Jalalah 'Allahi' biasanya dinamakan muqsam bih (kata yang dijadikan sandaran dalam bersumpah), sedangakan kalimat setelahnya;
ﻻَﻧَﺠَﺎﺡَ ﺇِﻻَّ ﺑِﺎﻟْﻤُﺠَﺎﻫَﺪَﺓِ = 'tidak terdapat sesuatu keberhasilan kecuali dengan kerja keras' dinamakan juga dengan jawab qasam atau kalimat jawab dari sumpah.


2. Muqsam Bih


Muqsam bih ataupun kata yang dijadikan sandaran dalam mengucap sumpah umumnya lafal jalalah(ﺍﻟﻠﻪ) ataupun lafal yang umum digunakan semacam ﺣَﻘُّﻚَ= hakmu,ﺣَﻴَﺎﺗُﻚَ= hidup kamu, ataupun membuktikan makna waktu semacam yang banyak dalam Al- Qur’ an misalnya ﺍﻟﻌَﺼْﺮُ= waktu Ashar, serta lain- lain.


3. Jawab Qasam


Jawab qasam berbentuk jumlah ismiyyah ataupun jumlah Fi’ liyyah, dengan syarat-syarat berikut ini:


a. Bila berbentuk jumlah ismiyyah mutsbat( kalimat nominal positif) wajib dikokohkan atau ditegaskan dengan ﺇِﻥَّ ataupun ﺇِﻥَّ sekalian ﻝ.


Contoh:


ﻭَﺍﻟﻠﻪِ ﺇِﻥَّ ﻓَﺎﻋِﻞَ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮِ ﻣَﺤْﺒُﻮْﺏٌ = Demi Allah, sebetulnya orang yang berbuat baik dicintai.


ﻭَﺍﻟﻠﻪِ ﺇِﻥَّ ﻓَﺎﻋِﻞَ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮِ لَمَحْبُوْبٌ = Demi Allah, sebetulnya orang yang berbuat baik tentu dicintai.


b. Bila berbentuk jumlah fi’ liyyah mutsbat( kalimat verbal positif) serta kata kerjanya berbentuk fi’ il madhi hingga wajib dikokohkan dengan ﻗَﺪْ ataupun ﻗَﺪْ sekalianﻝ.


Contoh:


ﺗَﺎﻟﻠﻪِ ﻗَﺪْ ﺃَﻃَﻌْﺖُ ﺃَﻣْﺮَﻙَ = Demi Allah, sangat aku mentaati perintahmu.


ﺗَﺎﻟﻠﻪِ ﻟَﻘَﺪْ ﺃَﻃَﻌْﺖُ ﺃَﻣْﺮَﻙَ = Demi Allah, sungguh Aku sangat mentaati perintahmu.


c. Bila berbentuk jumlah fi'i’ liyyah mutsbat, sebaliknya kata kerjanya berbentuk fi’ il mudhari’ hingga dikokohkan dengan lam qasam serta nun taukid.


Contoh:


ﻭَﺍﻟﻠﻪِ لَأُحَاسِبَنَّ ﺍﻟْﻤُﻘَﺼِّﺮَ= Demi Allah, aku hendak sangat memperhitungkan orang yang lalai.


d. Bila kalimat jawab itu berbentuk jumlah manfi (kalimat negatif), baik jumlah ismiyyah ataupun fi’ liyyah, tidak harus diberi imbuhan kata pengokoh.


Contoh:


ﻭَﺣَﻘِّﻚَ ﻻَ ﻧَﺠَﺎﺡَ ﺇِﻻَّ ﺑِﺎﻟْﻤُﺜَﺎﺑَﺮَﺓِ = Demi hakmu, tiada keberhasilan kecuali dengan tidak berubah- ubah.


ﻭَﺍﻟﻠﻪِ ﻣَﺎ ﻧُﻀِﻴْﻊُ ﻣَﺠْﻬُﻮْﺩَﻙَ= Demi Allah, kami tidak hendak menyia- nyiakan perjuanganmu


.


4. Uslub Syarat


Uslub Syarat atau kalimat syarat merupakan dua kalimat yang dihubungkan oleh kata syarat. Kata awal dinamakan juga kata syarat, kalimat berikutnya berbentuk fi’ il dinamakan juga fi’ il syarat serta kalimat sesudahnya berbentuk fi’ il pula dinamakan jawab syarat. Kata penghubung dalam uslub kalimat ketentuan secara universal terletak di permulaan kalimat yang pertama. dalam bahasa indonesia biasanya kalimat syarat tersusun dari  "Jika/apabila..., Maka...."


Contoh:


ﺣَﻴْﺜُﻤَﺎ ﺗَﺴْﺘَﻘِﻢْ ﻳُﻘَﺪِّﺭْ ﻟَﻚَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻧَﺠَﺎﺣﺎً = Apabila engkau tidak berubah- ubah, Maka Allah hendak mentakdirkan untukmu keberhasilan.


ﺣَﻴْﺜُﻤَﺎ = dinamakan kata syarat
ﺗَﺴْﺘَﻘِﻢْ = dinamakan fi’ il syarat, dan fi'il syarat harus dibaca jazm dengan sukun karena fi'il mudhori mufrod.
ﻳُﻘَﺪِّﺭْ ﻟَﻚَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻧَﺠَﺎﺣﺎً = dinamakan jawab syarat yang aku menyebutnya kalimat jawab. fi'il pada kalimat ini juga dibaca jazm, atau dibaca sukun


 5. Macam-macam kata Syarat


Berikut ini hendak dijabarkan perkata sebagai penghubung dua kalimat dalam style kalimat syarat, serta kalimat jawab tidak harus diberi awalan kata ﻑَ ataupun sejenisnya yang berarti hingga, pasti, tentu ataupun yang semakna. Tetapi secara tersirat arti hingga, pasti, ataupun tentu dalam konteks terjemahan bisa diletakkan sebagai kata awalan dari kalimat jawab:


a.  ﺇِﻥْ= bila/ jikalau


Contoh:


ﺇِﻥْ ﺗَﺠْﺘَﻬِﺪْ ﺗَﻨْﺠَﺢْ= Bila engkau serius tentu engkau sukses.

kata ﺇِﻥْ adalah kata syarat atau adatu syarthin, sedangkan fi'i' setelahnya yaitu ﺗَﺠْﺘَﻬِﺪْ adalah fi'il syarat, jika kita lihat fi'il tersebut dibaca jazm dengan sukun, dan fi'il setelahnya yaitu ﺗَﻨْﺠَﺢْ adalah jawabu in atau jawab syarat, pun juga sama dibaca jazm dengan sukun


b. ﻣَﻦْ= barangsiapa


Contoh:


ﻣَﻦْ ﻳَﺤْﺼُﺪْ ﻳَﺰْﺭَﻉْ = Barangsiapa menanam tentu dia memanen.


kata ﻣَﻦْ  adalah kata syarat atau adat syarat, fi'il setelahnya adalah ﻳَﺤْﺼُﺪْ   fi'il syarat maka harus dibaca jazm dengan sukun, adapun fi'il yang terakhir yaitu ﻳَﺰْﺭَﻉْ adalah jawab syarat, pun juga sama harus dibaca jazm dengan sukun.


c. ﻣَﻬْﻤَﺎ = Bilamana


Contoh:


ﻣَﻬْﻤَﺎ ﺗَﻔْﺮَﺡْ ﺃَﻓْﺮَﺡْ = Bilamana engkau gembira tentu aku gembira.

kata ﻣَﻬْﻤَﺎ  adalah kata syarat atau adat syarat, fi'il setelahnya yaitu ﺗَﻔْﺮَﺡْ  adalah fi'il syarat, dibaca jazm dengan sukun, dan fi'il terakhir yaitu ﺃَﻓْﺮَﺡْ  adalah jawab syarat yang juga sama dibaca jazm dengan sukun.


d. ﻣَﺘَﻰ= Kapan


Contoh:


ﻣَﺘَﻰ ﺗَﺮْﺟِﻊْ ﺃَﺷْﻜُﺮْ = Kapan engkau kembali hingga aku hendak berterima kasih.


e. ﺃَﻳَّﺎﻥَ= apabila/ bilamana


Contoh:


ﺃَﻳَّﺎﻥَ ﺗَﻨَﺎﻡْ ﺍَﺳْﺘَﻴْﻘِﻆْ = Bilamana engkau tidur hingga aku hendak bangun.


f. ﺃَﻳْﻦَ= di mana


Contoh:


ﺃَﻳْﻦَ ﺗَﻌْﻤَﻞْ ﺗَﺠِﺪْ= Di mana engkau berupaya hingga engkau hendak mendapatkan


g. ﺃَﻳْﻨَﻤَﺎ= di manapun


Contoh:


ﺃَﻳْﻨَﻤَﺎ ﺃَﺳْﻜُﻦْ ﺃَﺫْﻛُﺮْ ﺍِﺳْﻤَﻚِ = Di manapun aku tinggal pasti aku menyebut namamu.


h. ﺃَﻧَّﻰ= di mana


Contoh:


ﺃَﻧَّﻰ ﺗَﺬْﻫَﺐْ ﻧَﺬْﻫَﺐْ = Dimana engkau berangkat hingga kami hendak berangkat.


i. ﺣَﻴْﺜُﻤَﺎ= di manapun


Contoh:


ﺣَﻴْﺜُﻤَﺎ ﺗَﻌَﻠَّﻢْ ﺗَﻨْﺠَﺢْ = Di manapun engkau belajar hingga engkau hendak sukses.


j. ﻛَﻴْﻔَﻤَﺎ= bagaimanapun


Contoh:


ﻛَﻴْﻔَﻤَﺎ ﺗَﻘُﻞْ ﺍَﺳْﺘَﻘِﻢْ = Bagaimanapun engkau berkata tentu aku senantiasa tidak berubah- ubah.


Berikut ini adalah kata kata yang menjadi penghubung dua kalimat dalam style kalimat syarat, serta kalimat jawab ada yang wajib menemukan awalan yang menampilkan makna maka ataupun niscaya, serta terdapat pula yang cuma secara tersirat memiliki arti maka ataupun niscaya:


a. ﻟَﻮْ= andai/ kalau


ﻟَﻮْ umumnya memulai kalimat syarat berbentuk fi’ il madhi, serta bila kalimat jawabnya terdiri dari fi'il madhi positif (mutsbat) wajib diberi awalan lam, serta bila terdiri dari fi'il madhi yang negatif maka tidak harus diberi imbuham lam.


Contoh:


ﻟَﻮْ ﻋُﻮْﻟِﺞَ ﺍﻟْﻤَﺮِﻳْﺾُ لَشُفِيَ = Andai orang sakit itu diatasi, tentu sembuh.

kalimat di atas menggunakan fi'il madhi yang positif atau tidak terdapat kata negatif, maka harus menggunakan tambahan huruf lam seperti contoh di atas.

ﻟَﻮْ ﺗَﺄَﻧَّﻰ ﺍﻟْﻌَﺎﻣِﻞُ ﻣَﺎ ﻧَﺪِﻡَ= Andai pekerja itu lambat- laun, tentu tidak menyesal.

sedangkan pada contoh kedua ini, fi'ilnya menggunakan kata negatif maka tidak perlu ditambah imbuhan lam seperti contoh kedua di atas.


b. ﻟَﻮْﻣَﺎ/ﻟَﻮْﻻَ = andai tidak ada


Syarat pada kata ini persis dengan syarat pada kata no 1 di atas.


Contoh:


ﻟَﻮْﻻَ ﺍﻟْﻌُﻠَﻤَﺎﺀُ لَصَارَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ ﻛَﺎﻟْﺒَﻬَﺎﺋِﻢِ = Andai tidak terdapat ulama, tentu manusia semacam hewan.


ﻟَﻮْﻻَ ﺍﻟﻄَّﺒِﻴْﺐُ ﻣَﺎﺷُﻔِﻰَ ﺍﻟْﻤَﺮِﻳْﺾُ = Andai tidak terdapat dokter tentu tidak sembuh orang sakit itu.


c. ﺃَﻣَّﺎ = ada pula( berperan merinci)


Kata tersebut berperan buat merinci sesuatu ungkapan, serta kalimat jawabnya wajib diberi awalan fa’.


Contoh:


ﺃُﻫَﻨِّﺊُ ﺟَﻤِﻴْﻊَ ﺍﻟﻨَّﺎﺟِﺤِﻴْﻦَ, ﺃَﻣَّﺎ ﺍﻷَﻭَّﻝُ فَبَارَكَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻟَﻬُﻢْ…= Aku mengucapkan selamat kepada mereka yang sukses; adapuan yang awal, hingga mudah- mudahan Allah memberkati mereka…

karena terdapat kata ﺃَﻣَّﺎ   maka fi'il madhinya harus ditambah awalan fa' فَبَارَكَ 


d. ﺇِﺫَﺍ= apabila


Contoh:


ﺇِﺫَﺍ ﻣَﺮِﺿْﺖَ ﻓَﺎﺫْﻫَﺐْ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻄَّﺒِﻴْﺐِ = Apabila engkau sakit hingga pergilah ke dokter.


ﺇِﺫَﺍ ﺍﻟﻄَّﺒِﻴْﺐُ ﻧَﺼَﺢَ ﻟَﻚَ ﻓَﺎﻋْﻤَﻞْ ﺑِﻨَﺼْﺤِﻪِ = Apabila dokter berikan formula padamu hingga laksanakanlah resepnya.


e. ﻛُﻠَّﻤَﺎ/ﻟَﻤَّﺎ= tatkala


Contoh:


ﻟَﻤَّﺎ ﺫَﻫَﺒْﺖُ ﺇِﻟَﻴْﻪِ ﻭَﺟَﺪْﺗُﻪُ ﻣَﺮِﻳْﻀﺎً = Tatkala aku berangkat padanya, hingga aku mendapatkannya sakit.


3. Imbuhan pada Kalimat Jawab


Pada dasarnya, kalimat jawab tanpa berawalan ﻑ, kecuali kalimat jawab tersebut:


1. Berbentuk jumlah ismiyyah, baik mutsbat( positif) ataupun manfi( negatif).


Contoh:


ﻣَﻦْ ﺟَﺪَّ ﻓَﺎﻟﻨَّﺠَﺎﺡُ ﺗَﺎﺑِﻌُﻪُ = Barangsiapa yang aktif, pasti kesuksesan menyertainya.


ﺇِﻥْ ﻳَﻨْﺼُﺮْﻛُﻢُ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓَﻼَ ﻏَﺎﻟِﺐَ ﻟَﻜُﻢْ = Bila Allah membantu kalian seluruh, hingga tidak terdapat yang mengalahkanmu.


2. Berbentuk jumlah fi’ liyyah yang berupa thalabi( tuntutan), amar( perintah), nahi( larangan) ataupun istifham( persoalan).


Contoh:


ﺇِﺫَﺍ ﻣَﺮِﺿْﺖَ ﻓَﺎﺗْﺒِﻊْ ﻧُﺼْﺢَ ﺍﻟﻄَّﺒِﻴْﺐِ = Apabila engkau sakit, hingga ikuti formula dokter.


ﺇِﻥْ ﻛُﻠِّﻔْﺖَ ﺑِﻌَﻤَﻞٍ ﻓَﻼَﺗُﻘَﺼِّﺮْ ﻓِﻴْﻪِ= Bila engkau dibebani sesuatu pekerjaan, hingga jangan engkau melalaikannya.


ﺇِﻥْ ﺣَﺪَّﺛْﺘُﻚَ ﺑِﺎﻟﺴِّﺮِّ ﻓَﻬَﻞْ ﺗَﻜْﺘُﻤُﻪُ؟= Bila aku berdialog rahasia padamu, apakah engkau hendak menyembunyikannya?


3. Berbentuk jumlah fi’ liyyah yang kata kerjanya berbentuk fi’ il jamid, ialah kata kerja yang mempunyai satu wujud.


Contoh:


ﻣَﻦْ ﺃَﻓْﺸَﻰ ﺍﻟﺴِّﺮَّﻑَ ﻟَﻴْﺲَ ﺑِﺄَﻣِﻴْﻦٍ= Barangsiapa mempublikasikan rahasia, hingga tidak nyaman.


ﻣَﻦْ ﺗَﻌَﺎﻭَﻥَ فَنِعْمَ ﻣَﺎ ﺻَﻨَﻊَ = Barangsiapa tolong- menolong, pasti sebaik- baik apa yang dia perbuat.


Pengetian Nun Taukid (نون التوكيد) yang bersama dengan Fi'il


Pengetian Nun Taukid (نون التوكيد) yang bersama dengan Fi'il


Nun taukid adalah nun yang terletak pada akhir fi'il, bertugas untuk menguatkan atau mempertegas suatu pekerjan (fi'il), Nun taukid sendiri ada yang tsaqilah (berat ditunjukkan dengan tasydid) contoh: 

أكْتُبَـنَّ الرِّسَالَةَ   Saya benar-benar menulis surat itu

Hukum-hukum Tamyiz (أحكام التمييز) dalam Ilmu Nahwu

Hukum-hukum Tamyiz (أحكام التمييز) dalam Ilmu Nahwu


Setelah kita tahu pengertian tamyiz yaitu isim manshub yang bertugas menjelaskan hal-hal yang masih samar. 


Baca lebih lengkap : Pengertian Tamyiz (التمييز) dalam Ilmu Nahwu

Keadaan Nashab Fi'il Mudhori dengan An Al-Mudhmaroh Setelah Huruf Lam Ta'lil

Keadaan Nashab Fi'il Mudhori dengan An Al-Mudhmaroh Setelah Huruf Lam Ta'lil


Contoh kalimat :

Dengan Lam Ta'lil dan An Al-Mudhmaroh

       Dengan lam Ta'lil

No.

جَلَسْتُ لِأنْ تَسْتَرِيْحَ

جَلَسْتَ لِـتَسْتَرِيْحَ

.1

يَجْتَهِدُ الطُلَّابُ لِأنْ يَنْجَحَ

يَجْتَهِدُ الطُلَّابُ لِـيَنْجَحَ

.2

بَنَيْنَا بَيْتًا لِأنْ نَسْكُنَ فِيْهِ