1. PENGERTIAN DASAR
A. Apa itu ‘Adad (العدد) ?
‘Adad adalah kata bilangan dalam bahasa Arab yang digunakan untuk menyatakan jumlah.
Contoh dalam bahasa Indonesia:
* satu, dua, tiga, empat, dst.
Contoh dalam bahasa Arab:
·
وَاحِدٌ (satu)
·
اثْنَانِ (dua)
·
ثَلَاثَةٌ (tiga)
·
أَرْبَعَةٌ (empat)
👉 Jadi, ‘adad =
angka/bilangan .
---
B. Apa itu Ma‘dūd (المعدود)
?
Ma‘dūd adalah kata benda yang dihitung oleh
angka (‘adad).
Contoh:
·
tiga
buku → buku = ma‘dūd
·
lima
murid → murid = ma‘dūd
Dalam bahasa Arab:
·
ثَلَاثَةُ كُتُبٍ (tiga buku)
·
خَمْسَةُ طُلَّابٍ (lima murid)
👉 Jadi, ma‘dūd = benda
yang dihitung .
---
2.
HUBUNGAN ‘ADAD DAN MA‘DUD
Dalam ilmu nahwu, ‘adad dan ma‘dūd memiliki aturan khusus ,
terutama dalam:
1. Jenis kelamin (mudzakkar–muannats)
2. I‘rab (harakat akhir)
3. Bentuk mufrad/jamak
⚠️ Inilah yang
sering dianggap sulit, padahal bisa dipahami jika dibagi tahap demi tahap.
---
3.
PEMBAGIAN ‘ADAD DAN ATURANNYA
A. ‘Adad 1 dan 2
1.
Angka
1 (واحد)
dan 2 (اثنان)
Aturan penting:
·
‘Adad
mengikuti ma‘dūd (jenis kelamin sama)
·
Biasanya
datang setelah ma‘dūd
·
Ma‘dūd
berbentuk mufrad
Contoh:
1. رَجُلٌ وَاحِدٌ
·
seorang
laki-laki
·
رَجُلٌ = ma‘dūd (mudzakkar)
·
وَاحِدٌ = ‘adad (mudzakkar,
mengikuti)
2. امْرَأَةٌ
وَاحِدَةٌ
·
seorang
perempuan
·
امْرَأَةٌ = ma‘dūd (muannats)
·
وَاحِدَةٌ = ‘adad (muannats)
3. طَالِبَانِ
اثْنَانِ
·
dua
murid laki-laki
4. طَالِبَتَانِ
اثْنَتَانِ
·
dua
murid perempuan
📌 Kesimpulan angka 1 & 2:
·
Sama
jenis kelaminnya
·
Ma‘dūd
mufrad
·
Biasanya
‘adad mengikuti setelah ma‘dūd
---
B. ‘Adad 3 sampai 10 (BAGIAN PALING PENTING)
⚠️ ATURAN EMAS (WAJIB DIHAFAL)
👉 ‘Adad BERLAWANAN jenis
kelamin dengan ma‘dūd
👉 Ma‘dūd berbentuk JAMAK dan
MAJRUR
Contoh Detail:
Contoh 1 (ma‘dūd mudzakkar):
ثَلَاثَةُ طُلَّابٍ
* tiga murid
laki-laki
Penjelasan:
·
طُلَّاب = jamak mudzakkar →
ma‘dūd mudzakkar
·
Maka
‘adad HARUS muannats → ثَلَاثَةُ
(ada ta marbuthah)
·
طُلَّابٍ → majrur (karena menjadi
mudhaf ilaih)
---
Contoh 2 (ma‘dūd muannats):
ثَلَاثُ طَالِبَاتٍ
* tiga murid
perempuan
Penjelasan:
·
طَالِبَات = jamak muannats
·
Maka
‘adad HARUS mudzakkar → ثَلَاثُ
(tanpa ta marbuthah)
---
Contoh 3:
خَمْسَةُ كُتُبٍ
* lima buku
·
كُتُب = mudzakkar
·
‘adad
→ muannats → خَمْسَةُ
📌 Kesimpulan angka 3–10:
|
‘Adad |
Ma‘dūd |
|
Berlawanan jenis |
Jamak + majrur |
---
C. ‘Adad 11 dan 12
Aturan:
·
‘Adad
sama jenis kelamin dengan ma‘dūd
·
Ma‘dūd
mufrad manshub
Contoh:
1. أَحَدَ عَشَرَ
طَالِبًا
* sebelas murid
laki-laki
2. إِحْدَى عَشْرَةَ
طَالِبَةً
* sebelas murid
perempuan
3. اثْنَا عَشَرَ
طَالِبًا
* dua belas
murid laki-laki
4. اثْنَتَا
عَشْرَةَ طَالِبَةً
* dua belas
murid perempuan
📌 Kesimpulan 11–12:
·
Sama
jenis
·
Ma‘dūd
mufrad manshub
---
D. ‘Adad 13 sampai 19
Aturan
khusus:
·
Angka
satuan (3–9) → berlawanan jenis
·
Angka
10 (‘ashar) → mengikuti
·
Ma‘dūd
mufrad manshub
Contoh:
ثَلَاثَةَ عَشَرَ
طَالِبًا
* tiga belas
murid laki-laki
Penjelasan:
·
طَالِب = mudzakkar
·
ثَلَاثَةَ (muannats → berlawanan)
·
عَشَرَ (mudzakkar → mengikuti)
---
E. ‘Adad 20 ke atas (20, 30, 40…)
Aturan:
·
Tidak
ada perbedaan mudzakkar–muannats
·
Ma‘dūd
mufrad manshub
Contoh:
عِشْرُونَ طَالِبًا
* dua puluh
murid
ثَلَاثُونَ طَالِبَةً
* tiga puluh
murid perempuan
4.
RINGKASAN SUPER SEDERHANA
Angka Aturan Utama
1–2 Sama jenis, ma‘dūd mufrad
3–10 Berlawanan jenis, ma‘dūd jamak majrur
11–12 Sama jenis, ma‘dūd mufrad manshub
13–19 Satuan berlawanan, ma‘dūd manshub
20+ Tidak beda jenis, ma‘dūd manshub
---
Semoga penjelasan ini sangat mudah dipahami dan benar-benar membantu
.

No comments:
Post a Comment