Contact Us - Privacy Policy - Disclaimer - Terms of Service - About
loading...

Pengertian Wazan dan Mauzun Beserta Pembagiannya (Tsulasi Mujarod, Tsulasi Mazid Ruba'i, Tsulasi Mazid Khumasi, Tsulasi Mazid Sudusi, Ruba'i Mujarod, Ruba'i Mazid Khumasi, dan Ruba'i Mazid Sudusi)

Pengertian Wazan dan Mauzun Beserta Pembagiannya (Tsulasi Mujarod, Tsulasi Mazid Ruba'i, Tsulasi Mazid Khumasi, Tsulasi Mazid Sudusi, Ruba'i Mujarod, Ruba'i Mazid Khumasi, dan Ruba'i Mazid Sudusi)



Dalam pelajaran sharaf, istilah wazan dan mauzun adalah hal mendasar bahkan fundamental dalam mempelajari susunan kata dalam sharaf. keduanya menjadi sangat penting untuk dipahami bagi pemula. Pasalnya dengan memahami kedua pembahasan ini maka teman teman akan sangat mudah dalam menghafalkan perubahan bentuk kata, maupun mudah dalam memahami setiap perubahan kata dalam sharaf. berikut ini penjelasannya:

Pengertian wazan (وَزْنٌ)

Wazan "وَزْنٌ" adalah pola dasar dalam ilmu Bahasa Arab, yang mana terdiri dari tiga huruf asli yaitu fa' fi'il "فَ", 'ain fi'il "عَ", dan lam fi'il "لَ", yang mana jika digabung akan membentuk sebuah kata, yaitu "فَعَلَ" artinya adalah "mengerjakan/melakukan". Pola (wazan) tersebut nantinya dirubah baik dengan ditambah huruf maupun hanya dirubah harakatnya saja.
Dalam bab tashrif di ilmu sharaf, wazan dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu:
  • Tsulasi Mujarrod "الثُلَاثِي المُجَرَّدُ" (fi'il yang tersusun dari tiga huruf saja tanpa ada pengulangan huruf/tambahan huruf), wazan-wazan dari Tsulasi Mujarrod dibagi menjadi enam bab, sebagai berikut:
    فَعَلَ-يَفْعُلُ
    فَعَلَ-يَفْعِلُ
    فَعَلَ-يَفْعَلُ
    فَعِلَ-يَفْعَلُ
    فَعُلَ-يَفْعُلُ
    فَعِلَ-يَفْعِلُ
    Perhatikanlah perubahan harokat pada 'ain fi'il di setiap pembagian di atas, keenam pembagian di atas adalah pola resmi yang biasa dipakai dalam merubah bentuk setiap kata dalam bahasa Arab.
  • Tsulasi Mazid Ruba'i "ثُلَاثِي المَزِيْد الرُبَاعِي" (fi'il yang tersusun dari tiga huruf asli dan satu huruf tambahan, sehingga menjadi empat huruf atau "Ruba'i") wazan-wazan dari Tsulasi Mazid Ruba'i adalah sebagai berikut:
    ﺃَﻓْﻌَﻞَ-يُفْعِلُ
    ﻓَﺎﻋَﻞَ-يُفَاعِلُ
    ﻓَﻌَّﻞَ-يُفَعِّلُ
    Jika kita perhatikan wazan-wazan di atas, sebenarnya ada tiga huruf asli (فعل) dan tambahan satu huruf (baik itu hamzah seperti di wazan pertama, alif di wazan kedua, atau mudlo'af/pengulangan 'ain fi'il pada wazan ketiga) yang akhirnya disebut Tsulasi Mazid Ruba'i.
  • Tsulasi Mazid Khumasi "ثُلَاثِي المَزِيْدِ الخُمَاسِي" (fi'il yang tersusun dari tiga huruf asli dan dua huruf tambahan, sehingga menjadi lima huruf atau "Khumasi"), wazan-wazan dari Tsulasi Mazid Khumasi adalah sebagai berikut:
    ﺗَﻔَﺎﻋَﻞَ-يَتَفَاعَلُ
    ﺍﻧْﻔَﻌَﻞَ-يَنْفَعِلُ
    ﺗَﻔَﻌَّﻞَ-يَتَفَعَّلُ
    ﺍﻓْﺘَﻌَﻞَ-يَفْتَعِلُ
    ﺍﻓْﻌَﻞَّ-يَفْعَلُّ
    Masih sama dengan tsulasi mazid lainnya, karena wazan-wazan di atas adalah tsulasi maka tetap ada tiga huruf asli di sana, dan karena ini mazid khumasi, maka ada dua huruf tambahan agar menjadi lima huruf, maka jadilah tsulasi mazid khumasi. 
  • Tsulasi Mazid Sudasi  "ثُلَاثِي المَزِيْد السُدَاسِي" (fi'il yang tersusun dari tiga huruf asli dan tiga huruf tambahan, sehingga menjadi enam huruf atau "Sudasi"), wazan-wazan dari Tsulasi Mazid Sudasi adalah sebagai berikut:
    ﺍﺳْﺘَﻔْﻌَﻞَ-يَسْتَفْعِلُ
    ﺍﻓْﻌَﺎﻝَّ-يَفْعَالُّ
    ﺍﻓْﻌَﻮْﻋَﻞَ-يَفْعَوْعِلُ
    ﺍﻓْﻌَﻨْﻠَﻰ-يَفْعَنْلِى
    ﺍﻓْﻌَﻮَّﻝَ-يَفْعَوِّلُ
    Pembagian Tsulasi yang terakhir adalah Tsulasi Mazid Sudasi, masih tetap sama karena ini adalah tsulasi, maka huruf aslinya tetap tiga huruf, dan terdapat tiga huruf tambahan, sehingga terdiri dari enam huruf  atau "Sudasi".
  • Ruba'i Mujarrod "الرُبَاعِي المُجَرَّدُ" (fi'il yang tersusun dari empat huruf asli tanpa huruf tambahan). Cuma ada satu bab, yaitu:
    ﻓَﻌْﻠَﻞَ-ﻳُﻔَﻌْﻠِﻞُ
    wazan di atas tersusun dari empat huruf asli, tanpa ada tambahan apapun. Kalaupun temen-temen lihat ada tambahan lam di atas "ﻓَﻌْﻠَﻞَ", sebenarnya lam tersebut adalah masih terhitung huruf asli, dan bukan huruf tambahan. 
  • Ruba'i Mazid Khumasi رُبَاعِي المَزِيْد الخُمَاسِي (fi'il yang tersusun dari empat huruf asli dan satu huruf tambahan, sehingga menjadi lima huruf  atau "khumasi"), fi'il ini juga cuma mempunyai satu bab, yaitu:
    ﺗَﻔَﻌْﻠَﻞَ-يَتَفَعْلِلُ
    Perhatikan wazan di atas, huruf aslinya ada empat "ف ع ل ل" dan ditambah huruf tambahan di awal "ت", sehingga menjadi lima huruf.
  • Ruba'i Mazid Sudasi رُبَاعِي المَزِيْد السُدَاسِي (kata yang tersusun dari empat huruf asli dan dua huruf tambahan, sehingga menjadi enam huruf atau "Sudasi"). Terdapat dua bab, yaitu:
    ﺍﻓْﻌَﻨْﻠَﻞَ-يَفْعَنْلِلُ
    masih sama ruba'i, maka huruf aslinya ada empat yaitu "ف ع ل ل" dan ditambah dua huruf tambahan "ا ن"
    ﺍﻓﻌَﻠَﻞَّ-يَفْعَلِلُّ
    berbeda dengan yang terakhir ini, bentuknya hampir sama dengan huruf asli, hanya saja ada huruf tambahan berupa tasydid yang menunjukan arti mudlo'af atau pengulangan, dan ini termasuk huruf tambahan bukan huruf asli, jadi huruf aslinya teteplah "ف ع ل ل", dan huruf tambahannya adalah "ا dan huruf lam dari tasydid di akhir ل".

Pengertian Mauzun (مَوْزُوْنٌ)

Mauzun adalah kata yang mengikuti wazan, atau kata yang dicetak berdasarkan pola (wazan) yang ada. sampai sini tentunya sudah sangat jelas, bahasa simpelnya adalah wazan adalah wadah atau cetakan, sedangkan mauzun adalah yang mengikuti cetakan tersebut. berikut ini adalah contoh mauzun dari setiap wazan di atas:

BAB WAZAN MAUZUN
Tsulasi Mujarrod فَعَلَ-يَفْعُلُ
نَصَرَ-يَنْصُرُ

أَمَلَ-يَأْمُلُ
فَعَلَ-يَفْعِلُ
ضَرَبَ-يَضْرِبُ

وَعَدَ-يَعِدُ
فَعَلَ-يَفْعَلُ
فَتَحَ-يَفْتَحُ

وَضَعَ-يَضَعُ
فَعِلَ-يَفْعَلُ
عَلِمَ-يَعْلَمُ

وَجِلَ-يَوْجِلُ
فَعُلَ-يَفْعُلُ
حَسُنَ-يَحْسُنُ

شَجُعَ-يَشْجَعُ
Tsulasi Mazid Ruba'i ﺃَﻓْﻌَﻞَ-يُفْعِلُ
أَكْرَمَ-يُكْرِمُ

أَوْعَدَ-يُوْعِدُ
ﻓَﺎﻋَﻞَ-يُفَاعِلُ 
قَاتَلَ-يُقَاتِلُ

وَاعَدَ-يُوَاعِدُ
ﻓَﻌَّﻞَ-يُفَعِّلُ
كَرَّرَ-يُكَرِّرُ

بَشَّرَ-يُبَشِّرُ
Tsulasi Mazid Khumasi  ﺗَﻔَﺎﻋَﻞَ-يَتَفَاعَلُ
تَبَاعَدَ-يَتَبَاعَدُ

تَبَايَنَ-يَتَبَايَنُ
ﺍﻧْﻔَﻌَﻞَ-يَنْفَعِلُ
إنْكَسَرَ-يَنْكَسِرُ

إنْطَلَقَ-يَنْطَلِقُ
ﺗَﻔَﻌَّﻞَ-يَتَفَعَّلُ
تَكَسَّرَ-يَتَكَسَّرُ

تَيَسَّرَ-يَتَيَسَّرُ
ﺍﻓْﺘَﻌَﻞَ-يَفْتَعِلُ
إجْتَمَعَ-يَجْتَمِعُ

إِتَّصَلَ-يَتَّصِلُ
ﺍﻓْﻌَﻞَّ-يَفْعَلُّ
إحْمَرَّ-يَحْمَرُّ

إسْوَدَّ-يَسْوَدُّ
Tsulasi Mazid Sudasi ﺍﺳْﺘَﻔْﻌَﻞَ-يَسْتَفْعِلُ
إسْتَخْرَجَ-يَسْتَخْرِجُ

إسْتَجَابَ-يَسْتَجِيْبُ
ﺍﻓْﻌَﺎﻝَّ-يَفْعَالُّ
إحْمَارَّ-يَحْمَارُّ

إسْفَارَّ-يَسْفَارُّ
ﺍﻓْﻌَﻮْﻋَﻞَ-يَفْعَوْعِلُ إحْلَوْلَى-يَحْلَوْلِى
ﺍﻓْﻌَﻨْﻠَﻰ-يَفْعَنْلِى إسْلَنْقَى-يَسْلَنْقِى
ﺍﻓْﻌَﻮَّﻝَ-يَفْعَوِّلُ إعْلَوَّطَ-يَعْلَوِّطُ
Ruba'i Mujarrod ﻓَﻌْﻠَﻞَ-ﻳُﻔَﻌْﻠِﻞُ
دَحْرَجَ-يُدَحْرِجُ

تَرْجَمَ-يُتَرْجِمُ
Ruba'i Mazid Khumasi ﺗَﻔَﻌْﻠَﻞَ-يَتَفَعْلِلُ
تَدَحْرَجَ-يَتَدَحْرَجُ

تَجَلْبَبَ-يَتَجَلْبَبُ
Ruba'i Mazid Sudasi ﺍﻓْﻌَﻨْﻠَﻞَ-يَفْعَنْلِلُ إحْرَنْجَمَ-يَحْرَنْجِمُ
ﺍﻓﻌَﻠَﻞَّ-يَفْعَلِلُّ إطْمَأَنَّ-يَطْمَئِنُّ

Agar lebih jelasnya coba kita ambil salah satu contoh wazan dan mauzun di atas;



فَعَلَ-يَفْعُلُ ---> WAZAN  
نَصَرَ-يَنْصُرُ ---> MAUZUN

Jika kita perhatikan mauzun mengikuti wazan, dari segi harokat dan jumlah hurufnya. 

Demikianlah pembahasan tentang WAZAN dan MAUZUN, semoga dapat mencerahkan teman-teman yang sedang belajar ilmu sharaf, untuk lebih rinci dan jika ingin menghafalkan wazan-wazan dan mauzunnya silahkan klik DOWNLOAD untuk mengunduh kitab Tashrif secara GRATIS!. :D 

Semoga bermanfaat!

Referensi:
  • Kitab Al-Amtsilah At-Tashrifiyyah.
  • Kitab Jami'uddurus Al-Arobiyyah.