Contact Us - Privacy Policy - Disclaimer - Terms of Service - About

Qowaidul I'lal Ke-15 (مَصُوْنٌ Asalnya مَصْوُوْنٌ Serta مَسِيْرٌ Asalnya مَسْيُوْرٌ)

Qowaidul I'lal Ke-15 (مَصُوْنٌ Asalnya مَصْوُوْنٌ Serta مَسِيْرٌ Asalnya مَسْيُوْرٌ)

إِنَّ  اسْمَ  الْمَفْعُوْلِ  إذَا  كَانَ مِنْ  مُعْتَلِّ  الْعَيْنِ  وَجَبَ  حَذْفُ  وَاوٍ الْمَفْعُوْلِ  مِنْهُ  عِنْدَ  سِيْبَوَيْهِ

نَحْوُ مَصُوْنٌ  أَصْلُهُ  مَصْوُوْنٌ  وَ مَسِيْرٌ  أَصْلُهُ  مَسْيُوْرٌ


Isim Maf’ ul ketika dia terbuat dari Fi’ il Mu’ tal‘ Ain (Bina’ Ajwaf) maka harus membuang wawu maf’ ulnya menurut Imam Syibawaih (bagi Imam lain yg dibuang merupakan Ain Fi’ ilnya). contoh: مَصُوْنٌ asalnya مَصْوُوْنٌ serta مَسِيْرٌ asalnya مَسْيُوْرٌ

Qowaidul I'lal Ke-14 (يُوْسِرُ asalnya يُيْسِرُ serta مُوْسِرٌ asalnya مُيْسِرٌ)

Qowaidul I'lal Ke-14 (يُوْسِرُ asalnya يُيْسِرُ serta مُوْسِرٌ asalnya مُيْسِرٌ)


 إِذَا كَانَتِ  الْيَاءُ  سَاكِنَةً  وَ كَانَ  مَا  قَبْلَهَا  مَضْمُوْمًا  أُبْدِلَتْ  وَاوًا  نَحْوُ  يُوْسِرُ  أَصْلُهُ  يُيْسِرُ  وَ  مُوْسِرٌ  أَصْلُهُ  مُيْسِرٌ


Ketika ada Ya’ sukun serta sebelumnya terdapat huruf yang dibaca dhommah maka ya’ tersebut wajib diubah menjadi wawu. contoh:يُوْسِرُ asalnya يُيْسِرُ serta مُوْسِرٌ asalnya مُيْسِرٌ

Qowaidul I'lal Ke-13 (تَعَاطِيًا asalnya تَعَاطُوًا serta تَعَدِّيًا asalnya تَعَدُّوًا)

Qowaidul I'lal Ke-13 (تَعَاطِيًا asalnya تَعَاطُوًا serta تَعَدِّيًا asalnya تَعَدُّوًا)

 إِذَا وَقَعَتِ  الْوَاوُ  طَرْفًا  بَعْدَ  ضَمٍّ  فِيْ  اسْمٍ  مُتَمَكِّنٍ  فِي  اْلأَصْلِ  أُبْدِلَتْ  يَاءً  فَقُلِبَتِ  الضَّمَّةُ  كَسْرَةً  بَعْدَ  تَبْدِيْلِ  الْوَاوِ  يَاءً  نَحْوُ  تَعَاطِيًا  أَصْلُهُ  تَعَاطُوًا  وَ  تَعَدِّيًا  أَصْلُهُ  تَعَدُّوًا


Jika terdapat wawu terletak di akhir kata jatuh setelah harokat dhammah di dalam asal kata Isim yang Mutamakkin( dapat menerima tanwin), maka wawu tersebut harus diubah menjadi ya’, setelah itu sehabis itu harokah dhammah diubah jadi kasrah. Contoh:تَعَاطِيًا asalnya تَعَاطُوًا serta تَعَدِّيًا asalnya تَعَدُّوًا.

Qowaidul I'lal Ke-12 (أَجَابَ Asalnya أَجْوَبَ Serta أَبَانَ Asalnya أَبْيَنَ)

Qowaidul I'lal Ke-12 (أَجَابَ Asalnya أَجْوَبَ Serta أَبَانَ Asalnya أَبْيَنَ)

إِنَّ الْوَاوَ وَ الْيَاءَ  السَّاكِنَتَيْنِ  لاَتُبْدَلاَنِ  آلِفًا  إِلاَّ  إِذَا  كَانَ  سُكُوْنُهُمَا  غَيْرَ  أَصْلِيٍّ  بِأَنْ  نُقِلَتْ  حَرْكَتُهُمُا  اِلَى  مَا قَبْلَهُمَا  نَحْوُ أَجَابَ  أَصْلُهُ  أَجْوَبَ  وَ أَبَانَ  أَصْلُهُ  أَبْيَنَ


Wawu ataupun ya’ yang berharakat sukun, keduanya tidak boleh diubah menjadi Alif, kecuali bila sukunnya tidak asli karena pergantian harokat keduanya pada huruf sebelumnya( amati kaidah ilal ke 2). Contoh:أَجَابَ asalnya أَجْوَبَ serta أَبَانَ asalnya أَبْيَنَ.

Qowaidul I'lal Ke-11 (آمَنَ Asalnya أَأْمَنَ Serta أُوْمُلْ Asalnya أُؤْمُلْ)

Qowaidul I'lal Ke-11 (آمَنَ Asalnya أَأْمَنَ Serta أُوْمُلْ Asalnya أُؤْمُلْ)




 الْهَمْزَتَانِ  اِذَا الْتَقَتَا  فِيْ  كَلِمَةٍ  وَاحِدَةٍ  ثَانِيَتُهُمَا  سَاكِنَةٌ  وَجَبَ  اِبْدَالُ  الثّانِيَةِ  بِحَرْفٍ  نَاسَبَ اِلَى  حَرْكَةِ  اْلأُوْلَىْ  نَحْوُ  آمَنَ  اَصْلُهُ  أَأْمَنَ  وَأُوْمُلْ  اَصْلُهُ  أُؤْمُلْ  وَ اِيْدِمْ  اَصْلُهُ  إِئْدِمْ


Ketika ada 2 huruf Hamzah berkumpul sejajar dalam satu kata, yang no 2 sukun, maka huruf hamzah ini wajib ditukar dengan huruf yang cocok dengan harakat Hamzah yang awal. contoh آمَنَ asalnya أَأْمَنَ serta أُوْمُلْ asalnya أُؤْمُلْ.

Qowaidul I'lal Ke-10 (مَدَّ Asalnya مَدَدَ Serta مُدِّ Asalnya اُمْدُدْ, Serta اتَّصَلَ Asalnyaاِوْتَصَلَ )

Qowaidul I'lal Ke-10 (مَدَّ Asalnya مَدَدَ  Serta مُدِّ Asalnya اُمْدُدْ, Serta اتَّصَلَ Asalnyaاِوْتَصَلَ )


اِذَا اجْتَمَعَ فِيْ كَلِمَةٍ  حَرْفَانِ مِنْ  جِنْسٍ وَاحِدٍ  أَوْ مُتَقَارِبَانِ فِي  الْمَخْرَجِ  يُدْغِم اْلأَوَّلُ  فِي  الثَّانِيْ  بَعْدَ  جَعْلِ  الْمُتَقَارِبَيْن  مِثْلَ  الثَّانِيْ  لِثَقْلِ  الْمُكَرَّرِ  نَحْوُ  مَدَّ  أصْلُهُ  مَدَدَ  وَمُدِّ  أَصْلُهُ   اُمْدُدْ  وَاتَّصَلَ  أَصْلُهُ  اِوْتَصَلَ


Jika terdapat 2 huruf sejenis ataupun nyaris sama makhrajnya berkumpul dalam satu kata, maka huruf yang pertama wajib digabungkan kepada huruf yang kedua, setelah menjadikan huruf yang nyaris sama makhrajnya seragam dengan huruf yg kedua( amati kaidah i’ lal ke 18 insyaallah)–, sebab beratnya pengulangan/ memilah- milahnya. contoh مَدَّ asalnyaمَدَدَ sertaمُدِّ asalnyaاُمْدُدْ, sertaاتَّصَلَ asalnyaاِوْتَصَلَ.