Pengertian Maful Maah (المفعول معه ) dalam Ilmu Nahwu
Maf’ul Ma’ah مَفْعُوْلُ مَعَهُ merupakan isim manshub yang terletak sesudah huruf Wau (و). Akan tetapi, wau itu tidak bermakna DAN (kata sambung). Melainkan mempunayi makna bersama atau kebersamaan. Maka dari itulah Maf'ul Ma'ah pun disebut Wau Ma'iyyah, sampai-sampai wawu maiyah pengertiannya sama saja dengan Maf'ul Ma'ah.
Contoh: سِرْتُ وَالْجَبَلَ (Aku berjalan bareng gunung). Kata الْجَبَلَ dibaca manshub dengan berharokat fathah sebab sebagai maf'ul ma'ah dalam format isim mufrod. Contoh lain:
جَاءَ الأمُّ وَوَلَدُهَا وَغُرُوْبَ الشَّمْسِ > "Seorang Ibu dan Anaknya datang bersamaan dengan terbenamnya matahari"
إسْتَيْقَظَ زَيْدٌ وَتَغْرِيْدَ الطُّيُوْرِ > "Zaid bangun bersamaan dengan burung berkicau"
رَجَعَ زَيْدٌ وَطُلُوْعَ الْفَجْرِ > "Zaid pulang bersamaan dengan terbitnya fajar"
Baca Juga: Maf'ul Mutlaq, Maf'ul Liajlih, Maf'ul Bih, dan Maf'ul Fiih.
Cara memisahkan Wau Ma'iyyah dengan Wau 'Athaf
Sebelumnya saya pernah mencatat tentang wau athaf pada bab mengenai athaf. Karena disini membicarakan masalah wau ma'iyyah. Adakalah saya dan anda butuh mengetahui perbedaannya.
1. Kalau wau athof, i'robnya (harokat) mengekor lafadz sebelumnya. Jika harokat fathah maka ma'tufnya pun fathah. andai kasroh maka pun kasroh. Jika harokatnya dhammah maka ikut dhammah. Berbeda dengan wawu ma'iyyah. I'robnya me sti nashob sebagaimana definisi diatas. Contoh : جَاءَ عُمَرُ وَغُرُوْبَ الشَّمْسِ (Telah datang umar bareng dengan tenggelamnya matahari) Kata غُرُوْبَ manshub dengan harokat fathah sebab sebagai maf’ul ma’ah
2. Untuk memisahkan Wau Ma'iyyah dengan Wau 'Athaf dapat juga disaksikan dari makna/artinya. Kalau Wau 'Athaf bermakna DAN (kata sambung), maka Wau Ma'iyyah bermakna BERSAMA.
SYARAT SYARAT MAF’UL MA’AH
1. Berbentuk isim Fadhlah
Adanya isim tersebut tergolong kelebihan. Maksudnya tanpa adanya isim terebut sebetulnya jumlah itu sudah dapat dipahami
contoh : دَعِ الظَّالِمَ وَالأَيَّامَ
2. Sebelum Wawu Ma’iyyah terdapat Jumlah misal جَاءَ الاَمِيرُ وَالجَيْسَ (raja datang bersamaan dengan prajurit)
3. Maf’ul ma’ah terletak langsung sesudah huruf WAU yang dinamakan dengan WAU ma’iyyah. Tidak boleh terdapat lafadz pemisah sebelumnya.
4. WAU ma’ah mengindikasikan suatu kebersamaan, bukan kata sambung
Berikut ialah contoh-contoh maf'ul ma'ah atau wau ma'iyyah:
غَزَا الرِجَالُ وَالْقَائِدَ (para lelaki berperang beserta panglima)
ذَهَبَ التُّجَّارُ وَطُلُوْعَ الشَّمْسِ (para saudagar pergi saat terbit matahari)
شَرِبَ الْمُدَرِّسُ وَ التِّلْمِيْذَ (Guru tersebut minum bersamaan dengan murid)
وَقَفَ الْوَلَدُ وَ الضِّيْفَ (Anak laki-laki tersebut berhenti bersamaan dengan tamu)
جَاءَ عُمَرُ وَغُرُوْبَ الشَّمْسِ (Umar datang bareng dengan tenggelamnya matahari)
جَاءَ مُحَمَّدٌ وَطُلُوْعَ الشَّمْسِ (Muhammad datang bersamaan dengan terbitnya matahari)
Pengertian Maful Liajlih (المفعول لأجله) beserta Contoh-contohnya dalam Ilmu Nahwu
A.Pengertian Maf’ul Liajlih
Maf’ul liajlih ialah Isim yang dibaca nashob yang bermanfaat untuk menyatakan sebab atau motif terjadinya perbuatan.
Contoh:
جَلَسْتُ عَلَى الكُرْسِيِّ تَعْبًا
(Aku duduk di atas kursi karena lelah)
رَجَعْتُ إِلَى البَيْتِ شَوْقًا لِلْأسْرَةِ
(Aku pulang ke rumah karena kangen dengan keluarga)
أكَلْتُ الطَعَامَ جَوْعًا
(Aku memakan makanan karena lapar)
أذهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ رَغْبَةً فِيْ الْعِلْمِ
( Aku berangkat ke sekolah sebab mencintai Ilmu)
ضَرَبْتُ الْوَلَدَ تَأْدِيْبًا لَهُ
( Aku memukul anak tersebut karena bermaksud guna mendidiknya)
Penjelasan :
kata 'mendidik', 'cinta', 'lelah', 'lapar', dan 'rindu' adalah menjadi Maf’ul Li Ajlih, hukumnya Nashob dan tanda Nashob nya adalah Fathah.
Lafazh-lafazh yang biasa menjadi maf’ul liajlih:
إِكْرَامًا (sebab hormat) حيَاءً(karena malu)
حُزْنًا (karena sedih) رَحْمَةً (karena sayang)
خَوْفًا (karena takut) حَسَدًا (karena iri)
حُبًّا (karena cinta) بُغْضًا ( sebab marah)
تَاْدِيْبًا ( sebab mendidik) إِيْمَانًا (karena beriman)
شَفَقَةً (sebab kasihan) فَرْحًا (karena senang)
تَعْبًا (karena lelah) شُكْرًا (karena bersyukur)
غَضْبًا (karena marah) رَغْبَةً (karena cinta)
Penjelasan :
Sebenarnya hukum Maf’ul li Ajlih ialah dibaca Nashob, tetapi dapat di Jarr dengan huruf Lam (ل) dan terkadang Maf’ul li Ajlih sama sekali tidak menduduki sebagai ma'ful li ajlih, namun menjadi Jarr-Majrur dan mempunyai ta'aluq atau hubungan dengan kata sebelumnya.
Contoh:
أَعْطَيْتُ الْفَقِيْرَ طَعَامًا لِشَفَقَتِهِ
(Aku memberi orang fakir tersebut makanan sebab kasihan kepadanya)
perhatikan kata 'لِشَفَقَتِهِ', kata tersebut sebenarnya berkedudukan sebagai ma'ful liajlih, tapi dalam kalimat tersebut kata 'لِشَفَقَتِهِ' dibaca jar karena ada huruf lam 'لِ', karena kata tersebut diawali dengan huruf lam (huruf jar) maka ia mempunyai hubungan dengan kata sebelumnya, perhatikan : 'saya memberi orang fakir tersebut makanan' ini adalah kalimat pertamanya,, karena kemasukan huruf jar pada kata 'لِشَفَقَتِهِ' maka jar majrur tersebut mempunyai hubungan, dan diterjemahkan dengan kata 'sebab kasihan kepadanya'.
Contoh I’ROB :
أكَلْتُ الرُزَّ جَوْعًا
Saya makan nasi karena lapar
أكَلْتُ : “أكَلْ” فِعْلٌ مَاضٍ مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكُوْنِ ،
وَ "التَّاءُ" ضمير مُتَّصِلٌ مَبْنِيٌّ عَلَى الضَمِّ فَاعِلٌ
الرُرَّ : مَفْعُوْلٌ بِهِ مَنْصُوْبٌ و عَلَامَةُ نَصْبِهِ فَتْحَةٌ
جَوْعًا: مَفْعُوْلٌ لِأجْلِهِ مَنْصُوْبٌ و عَلَامَةُ نَصْبِهِ فَتْحَةٌ
أكَلْتُ : 'telah makan' fiil madhi mabni sukun, adapun huruf “Ta” ialah Dhomir Fa’il mabny atas Dhommah dibaca rofa.
الرُرَّ: maf'ul bih dibaca nashob, tanda nashobnya adalah fathah.
جَوْعًا: maf'ul liajlih dibaca nashob, tanda nashobnya adalah fathah.
B.Ketentuan-ketentuan Maf’ul Li ajlih :
Terdapat sejumlah ketentuan Maf’ul Li Ajlih diantaranya :
1. Maf’ul Li ajlih me sti senantiasa memakai Mashdar
Contoh :
إِكْرَامًا (sebab hormat) حيَاءً(karena malu)
حُزْنًا (karena sedih) رَحْمَةً (karena sayang)
خَوْفًا (karena takut) حَسَدًا (karena iri)
حُبًّا (karena cinta) بُغْضًا ( sebab marah)
تَاْدِيْبًا ( sebab mendidik) إِيْمَانًا (karena beriman)
شَفَقَةً (sebab kasihan) فَرْحًا (karena senang)
تَعْبًا (karena lelah) شُكْرًا (karena bersyukur)
غَضْبًا (karena marah) رَغْبَةً (karena cinta)
2. Maf’ul Li Ajlih me sti terdiri dari tindakan yang bersangkutan dengan hati dan dinamakan أَفْعَالُ الْقَلْب
تَأْدِيْبًا , رَغْبَةً , إِيْمَانًا, حُبًّا, طَعَامًا
Penjelasan :
Lafazh-lafazh tersebut tindakan yang sehubungan dengan hati.
3. Untuk menggali Maf’ul Li Ajlih dapat dipakai kata tanya
( kenapa ).
تَأْدِيْبًا , رَغْبَةً , إِيْمَانًا, حُبًّا, طَعَامًا
Penjelasan :
Lafazh-lafazh itu adalah jawaban dari pertanyaan “ mengapa”, atau terdapat hubungan sebab-akibat dari sebuah perbuatan.
Baca Juga: Maf'ul Mutlaq, Maf'ul Bih, Maf'ul Ma'ah, dan Maf'ul Fiih.
Itulah penjelasan singkat tentang maf'ul liajlih, semoga bermanfaat dan selamat belajar. :D
Pengertian Isim Istifham (اسم الاستفهام) dalam Ilmu Nahwu
Isim istifham (اِسْمُ الْإِسْتِفْهَامِ) ialah isim mabni yang dipakai untuk menanyakan mengenai sesuatu. Dalam bahasa Indonesia dinamakan “kata tanya”.
Contoh :
Siapakah orang pria ini? = مَنْ هَذَا الرَّجُلُ ؟
Apa yang terdapat di tanganmu? = مَا الَّذِي بِيَدِكَ ؟
Di manakah rumahmu? = أَيْنَ بَيْتُكَ ؟
Isim Istifham ialah :
- أَ (apakah).
Dipakai guna menanyakan mengenai isi kalimat dan guna menanyakan tentang di antara dari dua atau sejumlah hal, misal :
Apakah Muhammad telah datang? = أَ جَاءَ مُحَمَّدٌ ؟
Apakah kamu datang berkendaraan atau berlangsung kaki? = أَ رَاكِبًا جِئْتَ اَمْ مَاشِيًا ؟
- هَلْ (apakah).
Dipakai guna menanyakan mengenai isi kalimat, misal :
Apakah kamu datang dengan berkendaraan? = هَلْ جِئْتَ رَاكِبًا ؟
- مَنْ (siapa).
Dipakai guna menanyakan yang berakal, misal :
Siapakah orang yang berdiri di sana? = مَنِ الَّذِي قَامَ هُنَاكَ ؟
- مَا (apakah).
Dipakai guna menanyakan yang tidak berakal, misal :
Apakah ini? = مَا هَذَا ؟
Biasanya ditambah akhiran ذَا menjadi مَاذَا, misal :
Apakah yang sudah terjadi? = مَاذَا الَّذِي حَدَثَ ؟
- مَتَى (kapan).
Dipakai guna menanyakan mengenai waktu, misal :
Kapan kau berangkat? = مَتَى تُسَافِرُ ؟
- أَيْنَ (dimana).
Dipakai guna menanyakan mengenai tempat, misal :
Dimana kantor pos? = أَيْنَ مَكْتَبُ الْبَرِيْدِ ؟
- كَيْفَ (bagaimana).
Dipakai guna menanyakan keadaan, misal :
Bagaimana suasana cuaca? = كَيْفَ اَحْوَالُ الطَّقْسِ ؟
- كَمْ (berapa).
Dipakai guna menanyakan jumlah/bilangan, misal :
Berapa harga mobil itu? = كَمْ ثَمَنُ السَّيَّارَةِ ؟
Adakalanya kata tanya كَمْ didahului oleh kata depan (huruf jarr) بِ, sampai-sampai menjadi بِكَمْ (artinya tetap/berapa), misal :
Berapa kaubeli buku ini? = بِكَمْ اِشْتَرَيْتَ هَذَا الْكِتَابَ ؟
- أَيُّ (yang mana).
Dipakai guna menanyakan satu dari dua atau banyak, misal :
Buah-buahan yang mana yang kausuka? = أَيُّ فَاكِهَةٍ تُحِبُّ ؟
Di lokasi tinggal yang mana kautinggal? = فِي أَيِّ بَيْتٍ تَسْكُنُ ؟
Semua isim istifham di atas ialah mabni (artinya tidak berubah-ubah bunyi huruf akhirnya) kecuali أَيُّ, huruf ini merasakan perubahan menurut keterangan dari perubahan jabatannya di dalam kalimat.
Isim Mu"rab dan Isim Mabni (المعرب والمبني) beserta Macam-macamnya dalam Ilmu Nahwu.
A. Pengertian Isim Mu'rab
Isim itu ada dua bagian, pertama adalah isim mu’rab (isim yang huruf akhirnya berubah) dan ia ialah asli, yakni isim yang mengalami perubahan pada bagian akhirnya sebab berbedanya amil yang memasukinya, adakalanya perubahan secara lafadz, laksana lafadz زَيْدٌ dan عَمْرٌو , dan adakalanya perubahan secara alami perkiraan, laksana lafadz مُوْسَى dan اَلْفَتَى
Adapun Macam-Macam Isim Mu'rab adalah sebagai berikut:
1. المُفْرَد = al-mufrad = isim yang menunjukkan arti satu (dalam bahasa Inggris disebut juga dengan singular).
Contoh:
كِتَابٌ = kitaabun = dengan kata lain satu buku.
قَمَرٌ = qomarun = dengan kata lain satu bulan.
2. المُثَنَّى = al-mutsanna = isim yang menunjukkan arti dua.
Contoh:
كِتَابَانِ = kitaabaani = dengan kata lain dua buku.
مَدْرَسَتَانِ = madrosataani = dengan kata lain dua sekolah.
3. جمع المذكر السالم = jama' mudzakkar saalim = isim yang menunjukkan arti banyak/lebih dari dua (plural) yang dikhususkan untuk jenis laki-laki.
Contoh:
مُؤْمِنُوْنَ = mu'minuuna = dengan kata lain orang-orang yang beriman
4. جمع المؤنث السالم = jama' muannats saalim = isim yang menunjukkan arti banyak/lebih dari dua (plural) yang dikhususkan untuk jenis perempuan.
Contoh:
مَدْرَسَاتٌ = madrosaatun = sekolah-sekolah (banyak sekolah)
5. جمع التكسير = jama' taksir = isim yang menunjukkan arti banyak/lebih dari dua (plural) dan mempunyai perubahan format dari mufradnya atau berubah dari mufradnya.
Contoh:
Mufrad (kata tunggal) dari rumah ialah كِتَابٌ / kitaabun.
Jama' nya ialah كُتُبٌ / kutubun.
6. اللأسماء الخمسة = al-asmaaul khamsah = nama-nama yang lima= isim yang berjumlah lima yang sama format dan perubahannya.
Nama-nama yang lima itu adalah: أَبٌ , أَخٌ , حَمٌ , فَمٌ , ذُوْ
Baca lengkap tentang Asmaaul Khamsah di sini
7. المقصور = al-maqshur = isim yang berakhiran alif lazimah dan sebelumnya berjajar fathah.
Contoh:
الفَتَى = al-fataa = dengan kata lain pemuda/remaja
8. المنقوص = al-manquush = isim yang berakhiran ya lazimah dan sebelumnya berjajar kasrah.
Contoh:
الهَادِى = al-haadii = dengan kata lain petunjuk.
9. الأسم الذى لا ينصرف = isim yang tidak bertanwin.
Contohnya:
nama wanita laksana : فاطمة / faatimatu / fatimah
nama laki-laki yang berpola akhiran aan laksana 'utsmaanu / عُثْمَانُ
Baca lebih lengkap tentang Isim ghoiru munsharif di sini
B. Pengertian Isim Mabni
Sedangan yang kedua ialah isim mabni (isim yang tetap), yakni tidak merasakan perubahan pada unsur akhir kata walaupun amil yang memasukinya berbeda-beda. laksana isim –isim dhamir (baik yang muttashil maupun yang munfashil), isim-isim kriteria , isim-isim istifham, isim-isim isyarah, isim-isim fi’il, dan isim-isim maushul.
Macam-macam Isim Mabni adalah sebagai berikut:
1. Isim dhamir dengan kata lain kata ganti orang, contohnya:
a. Kata ganti orang kesatu:
أَنَا (anaa) : saya.
نَحْنُ (nahnu) : kami.
b. Kata ganti orang kedua:
أَنْتَ (anta) : kamu (untuk laki-laki).
أَنْتِ (anti) : kamu (untuk perempuan).
أَنْتُمْ (antum) : kalian (untuk laki-laki).
أَنْتُنَّ (antunna) : kalian (untuk perempuan).
أَنْتُمَا (antumaa) : kalian berdua (untuk laki-laki dan perempuan).
c. Kata ganti orang ketiga.
هُوَ (huwa) : dia (untuk laki-laki).
هِيَ (hiya) : dia (untuk perempuan).
هُمْ (hum) : mereka (untuk laki-laki).
هُنَّ (hunna) : mereka (untuk perempuan).
هُمَا (humaa) : mereka berdua (untuk laki-laki dan perempuan).
Note:
Orang kesatu dinamakan mutakallim ( متكلم ).
Orang kedua dinamakan mukhaathab ( مخاطب )
Orang ketiga dinamakan ghaaib ( غائب ).
Baca Selengkapnya tentang Isim Dhamir di sini
2. Isim isyarah artinya ialah kata tunjuk, yaitu:
هَذّا (haadza) : ini (untuk laki-laki)
هَذِهِ (hadzihi) : ini (untuk perempuan)
هَؤُلاَءِ (ha-u-laa-i) : ini seluruh (untuk laki-laki dan perempuan)
ذَلِكَ (dzalika) : itu (untuk laki-laki)
تِلْكَ (tilka) : itu (untuk perempuan).
أُولئِكَ (u-laa-i-ka) : itu seluruh (untuk laki-laki dan perempuan).
Baca Selengkapnya tentang Isim Isyaroh di sini: https://arabunaa.blogspot.com/2019/07/pengertian-isim-isyarah-dalam-imu-nahwu.html
3. Isim maushul ialah kata penghubung, yaitu:
الَّذِى (alladzi) : yang (untuk laki-laki)
الذِيْنَ (alladziina) : mereka yang (untuk laki-laki)
الَّتِى (allatii) : yang (untuk perempuan).
اللاَّتِى atau اللآَّئِى ( allaatii atau allaa-ii) : mereka yang (untuk perempuan).
Baca selengkapnya tentang isim maushul di sini
4. Isim istifham ialah isim yang dipakai sebagai kata tanya, misalnya:مَنْ (man) : siapa
كَيْفَ (kaifa) : bagaimana
أَيْنَ (aina) : mana
كَمْ (kam) : berapa
مَتَى (mataa) : kapan
هَلْ (hal) : apakah
مَا (maa) : apakah
5. Isim Syarat ialah isim yang membutuhkan jawab, yaitu:
مَنْ , مَتَى , مَا , مَهْمَا
Contoh:
مَنْ جَدَّ وَجَدَ : Barangsiapa yang bersungguh-sungguh, ia akan berhasil
Demikianlah penjelasan tentang isim mu'rab dan isim mabni beserta macam-macamnya, semoga menambah pengetahuan kita tentang ilmu nahwu ya teman-teman. Selamat belajar! :D
Pengertian, Pembagian dan Macam-macam Mashdar ( المصدر) dalam Ilmu Nahwu.
A. PENGERTIAN MASHDAR
pengertian masdar menurut keterangan ilmu nahwu ialah :
الاِسْمُ المَنْصُوْبُ اللَّذِى يَجِيْئُ ثَالِثًا فِى تَصْرِيْفِ الفِعْلِ
Artinya : Isim manshub (ber-i’rab Nashab) yang dalam tashrif-an fi’ilnya jatuh pada urutan ketiga.
Untuk memahami masdar ini sebenarnya gampang saja, masing-masing lafadz yang jatuh pada tashrif-an fiilnya itu berada di posisi ketiga maka ia dinamakan masdar. Hanya saja, untuk memahami urutan posisi tashrif-an itu kita mesti memahami terlebih dahulu tashrif-an atau derivasi dari suatu kata. Perlu diketahui bahwa masdar ini disebut juga dengan maf’ul mutlak.
Contoh :
ضَرَبَ – يَضْرِبُ – ضَرْبًا
Maka yang menjadi contohnya ialah lafadz ضَرْبًا
lihat berbagai macam contoh tashrifan di sini dan download kitab tashrifannya GRATIS!
B. PEMBAGIAN MASHDAR
Masdar terbagi menjadi dua bagian, yakni :
1 Masdar lafzhi
Masdar lafzhi merupakan masdar yang sama persis dengan lafadz fi’ilnya. Contoh : قَتَلْتُهُ قَتْلًا
contoh di atas masdar lafzhi-nya yaitu lafadz قَتْلًا sebab ia mirip sekali huruf-hurufnya dengan lafadz fi’ilnya yakni lafadz قَتَلَ.
2 Masdar Ma’nawi
Masdar ma’nawi merupakan masdar yang menyamai fi’ilnya dalam hal artinya saja akan tetapi lafadznya beda. Contoh : جَلَسْتُ قُعُوْدًا
contoh di atas, masdar ma’nawinya yaitu lafadz قُعُوْدًا dimana lafadz ini arti/terjemahannya sama dengan lafadz جَلَسَ.
C. Macam-macam Mashdar
Kalimat masdar tidak sedikit sekali ada dalam kalam Arabiya. Masdar-masdar tersebut juga tidak sedikit macamnya dengan kandungan arti yang pelbagai dan berbeda. Macam-macam masdar tersebut adalah:
1. Mashdar al-Ashli
Masdar Ashli yaitu mashdar yang masih murni yang tidak ada arti tambahan, tidak diawali dengan huruf “mim” ziyadah dan tidak terdapat huruf “ya” betasydid serta ta marbuthah di akhir kata.
Contoh:
ضَرْبًا + فَتْحًا
(Pukulan + buka)
2. Masdar al-Mimi
Masdar yang dimulai dengan “mim” ziyadah,
Wazannya dari fi’il tsulasi yaitu
مَفْعَل dan مَفْعِل
Contoh:
مَضرَب dan مَوْعِد
(Janji dan pukulan)
ada pula yang Wazannya dari fi’il yang lebih dari tiga huruf yaitu sama dengan wazan isem maf’ulnya, maka mengikuti wazan مُفْتَعَلٌ.
Contoh :
مُرْتَقَب
(intip)
3. Masdar al-Marrah
Masdar yang diciptakan untuk mengindikasikan berapa kali terjadinya perbuatan.
Wazannya terbentuk dari tsulasi yaitu
فَعْلَة
Contoh:
ضَرْبَة
(satu kali pukul)
ada pula yang Wazannya dari fi’il yang lebih dari tiga huruf yaitu dengan ditambahkan “ta” marbuthah dari masdar Ashli.
Contoh:
اِنْطِلاَقَة
(satu kali pergi)
4. Masdar al-Hai’ah
Masdar yang diciptakan untuk mengindikasikan bagaimana format dan teknik terjadinya perbuatan.
mengikuti Wazan tsulasinya yaitu
فِعْلة
Contoh:
مِشْيَة
(cara berjalan)
mashdar hai'ah hanya terdapat pada wazan tsulasi saja dan tidak ada di selain tsulasi.
5. Masdar as-Shina’i
Masdar shina’I ialah masdar yang diciptakan dari kalimat apa saja dengan menambahkan “ya” bertasydid dan “ta” marbuthat diakhirnya.
Contoh:
الإِنسانية
(kemanusiaan)
Demikian pengertian masdar menyeluruh dengan misalnya dalam bahasa arab dan penjelasannya. Semoga bermanfaat.
Sejarah Penulisan Bahasa Arab Sebelum dan Sesudah Datangnya Islam.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa bangsa Arab dahulunya ialah bangsa yang Ummy (buta huruf) yakni tidak dapat menulis dan menghitung. Sebagaimana yang sudah di sampaikan di dalam al-Qura’n :
Artinya : “Dia-lah yang mengutus untuk kaum yang buta huruf seorang Rasul salah satu mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya untuk mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan hikmah (As Sunnah). dan Sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata.” (QS. Al Jumuah : 2 )
Hal laksana itu, tidak berarti anda memukul rata bahwa seluruh orang tidak dapat membaca dan menulis, namun di situ ada sejumlah orang dari kalangan kaum Quraisy yang belajar tulis- mencatat sebelum datangnya Islam. Hal ini seolah-olah menjadi suatu tanda-tanda ( Irhashot ) bakal datang Nabi akhir zaman. Untuk menulis dan membukukan wahyu yang turun untuk Rasulullah Sallahu ‘Alahi wa Sallam. Sebab penulisan ialah salah satu media sangat penting untuk mengawal otentitas sebuah buku suci.
Penduduk kota Makkah mempelajari tulis mencatat dari Harb bin Umayyah bin Abdu Asy Syams. Akan namun disana terdapat perbedaan, Harb bin Umayyah belajar dari siapa ? maka ada sejumlah riwayat yang melafalkan mata rantai orang yang kesatu kali mempelajari tulis-menulis dikalangan warga Makkah.
Diantara riwayat ini ialah riwayat Abu Amr Ad Dani, ia melafalkan bahwa ia mempalajri tulis mencatat dari Abdullah bin Jad’an. Dari sini, Ziyad bin An’am pernah bertanya untuk Ibnu Abbas : “Aku pernah bertanya untuk Ibnu Abbas : Wahai Kaum Quraisy, apakah kalian dahulu pada masa jahiliyah mencatat dengan format tulisan arab laksana ini ? Kalian menggabung artikel dan memisahnya, secara huruf hijaiyah dengan Alif, laam dan mim, begitu pula secara format ? Ibnu Abbas membalas ” Iya, aku bertanya lagi :”Siapa orang yang mengajari kalian ? Harb bin Umayyah. Aku bertanya :”Siapakah orang yang mengajari Harb bin Umayyah ? ia membalas :”Abdullah bin Jad’an. Aku bertanya :”Siapakah orang yang mengajari Abdullah bin Jad’an ? Penduduk Anbar Aku bertanya :”Siapakah orang yang mengajari warga Anbar ? Ia membalas : Orang yang tak di duga dating dari warga Yaman. Aku bertanya : “Siapakah yang mengajari mereka ? Ia membalas : al Khaljan bin Al Muham, ia ialah seorang pengarang Hud, Nabi Allah Azza wa Jalla.
Adapun warga kota Madinah, salah satu mereka terdapat ahlul kitab dari kalangan orang Yahudi. Tatkala Rasululah saw menginjakkan kaki di kota madinah, di sana ada orang-orang yahmdi yang mengajari anak-anakanya belajar tulis-menulis. Di sana ada sejumlah orang yang menekuni bidang tulis-menulis, salah satu mereka ialah Mundzir bin Amr, Ubay bin Wahb, Amr bin Said dan Zaid bin Tsabit yang menemukan mandat dari Rasulllah saw guna mempelajari tulis-menulis dari orang-orang Yahudi.
2. Penulisan sesudah datangnya Islam
Agama Islam juga mulai bercahaya dari penjuru kota Makkah, ia datang guna menghapus ketidaktahuan yang sedang melanda di bumi Arab saat itu. Kebobrokan akhlak, dan ketidaktahuan ilmu, seolah-olah menjadi satu mata rantai yang tidak terlepas. Islam datang guna menghapus tersebut semua. Jika kamu masih ragu, bukankah Allah Ta’ala menurunkan ayat kesatu kalinya untuk diri Rasulullah Sallahu ‘Alahi wa Sallam dengan Firman-Nya :
Artinya :
“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, 2. Dia Telah menciptakan insan dari segumpal darah. 3. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, 4. Yang melatih (manusia) dengan perantaran Qalam[3], 5. Dia mengajar untuk manusia apa yang tidak diketahuinya. ( QS Al ‘Alaq : 1-5 )
Bahkan ada suatu ayat yang menyatakan bahwa Allah Ta’ala bersumpah dengan Qalam ( pena ), Ia berfirman :
Artinya : 1. Nun, demi qalam ( pena ) dan apa yang mereka tulis, 2. Berkat nikmat Tuhanmu, anda (Muhammad) sekali-kali bukan orang gila. ( QS: Al Qalam : 1-2 )
Di dalam ayat di atas dengan jelas bakal agungnya nilai suatu tulisan dan ciri khas yang dikandungnya.
Apabila anda membalik lembaran sejarah Nabi anda akan menyaksikan sebuah peristiwa yang estetis dan mengherankan sekali di zaman terjadinya persitiwa tersebut. Dan zaman sesudahnya, hingga zaman anda sekarang, yaitu peristiwa tawanan perang badar, Rasulullah saw meminta untuk tawanan musyrik yang mengharapkan tebusan dirinya dari tawanan dengan mengajari 10 orang muslim untuk menyimak dan menulis!…hal ini sangat mengherankan sekali…khususnya di zaman tersebut yang berkembang pesat buta huruf.
namun membaca, mencatat dan belajar ialah kebutuhan pokok masing-masing umat yang mengharapkan kebangkitan dan peradaban pessat.
Jika anda melihat situasi kaum muslimin pada masa perang Badar anda dapati mereka sangat memerlukan harta. Dan butuh untuk mengawal tawanan bertarget untuk mengurangi quraisy atau menjaganya supaya digunakan sebagai pertukaran tawanan andai ada muslim yang ditawan oleh mereka. Akan namun Rasulullah saw memikirkan mengenai apa yang terpenting dari tersebut semua, yakni mengajari orang muslim membaca…ini ialah point urgen dalam gagasan Rasulullah saw yaitu membina umat Islam sebagai bangunan yang kokoh….hingga kawan yang dapat membaca menawarkan untuk sahabat yang lain guna mengajari mereka…lihatlah untuk Zaid Bin Tsabit RA-yang tidak sedikit memberikan peranan penting untuk sahabat lainnya dan ia nyaris selalu dekat dengan Rasulullah saw sebab ia tekun menyimak dan menulis…hingga pada kesudahannya ia menjadi seorang pengarang Wahyu, pengarang surat dan penerjemah bahasa Suryaniyah dan Ibrani sebenarnya ketika tersebut ia melulu berumur 13 tahun …
Dan kita tahu Abu Hurairah Ra bagaimana hafalannya ? ia merupakan sahabat yang paling tidak sedikit hafal hadits Rasulullah saw, anda lihat apa yang disebutkan tentang dirinya sebagaimana yang terdapat di Bukhari:
“Tidak terdapat seorang juga dari kawan nabi yang paling tidak sedikit hafalannya kecuali aku”.
Walaupun demikian tinggi derajat ini, akan namun beliau menempatkan Abdullah bin Amr bin Ash RA diatas derajat beliau, kenapa ?sebab Abdullah bin Amr bin ash dapat membaca dan menulis….Abu Hurairah RA berbicara : “kecuali Abdullah bin Amr…sebab ia dapat menulis dan aku tidak pandai menulis”. ))
Dari sikap diatas-dan selainnya- kerinduan kepada bacaan mulai ditanamkan di hati kaum muslimin. Perpustakaan-perpustakaan Islam pada sejarah Islam tergolong perpustakaan sangat besar dan agung di dunia. Bahkan lebih agung secara mutlak selama sejumlah kurun lama. Seperti perpustakaan Baghdad, Cordoba, aspiliah, Granada, kairo, Damaskus, Tarablus, Madinah dan Quds.
Subscribe to:
Posts (Atom)