Contact Us - Privacy Policy - Disclaimer - Terms of Service - About
loading...

Pengertian Isim Maqshur, Manqush, dan Isim Mamdud dalam Bahasa Arab

Pengertian Isim Maqshur, Manqush, dan Isim Mamdud dalam Bahasa Arab

A. Isim Maqshur

1. Pengertian
Isim Maqshur secara bahasa berasal dari bahasa arab yakni  قصر ـ مقصور yang dengan kata lain  diringkas. Hal ini dikarenakan saat  dalam suasana  rofa’, nasab maupun jer, harakat akhir isim ini tidak berubah atau tetap. Biasa disebutkan  tanda i’robnya diringkas atau dikira-kirakan dengan fathah.

Adapun secara istilah isim maqshur merupakan 
كل إسم معرب اخره ألف لازمة أصلية، أى لا يمكن الاستغناء عنها
 (والمهم أن تكون ألفا من حيث النطق ولو رسمت بالياء)
setiap isim mu’rob yang diselesaikan  alif lazimah, maksudnya ialah  pasti diselesaikan  dengan alif itu  dan tidak barangkali  menghilangkannya. ( yang terpenting ialah  sekiranya alif tersebut  dibaca atau berbunyi ‘a’ seandainya  dengan format  ya sekalipun).

إسم معرب الذي حرف إعرابه ألف لينة لازمة قبلها فتحة
Isim mu’rob yang huruf   i’robnya berupa alif layyinah yang tetap dan sebelumnya berharakat fathah.


إسم معرب اخره ألف ثابتة، سواء أكتبت بصورة الألف: كالعصا، أو بصورة الياء: كموسى
Isim mu’rob yang diselesaikan  dengan alif, tak berbeda  ditulis dengan format  alif laksana  lafadz العصا atau ditulis dengan ya’ laksana  lafadz موسى.

Jadi yang disebut  isim maqshur ialah  isim yang diakhiri dengan huruf  alif (baik huruf tersebut  berbentuk ya’ atau dinamakan juga alif layyinah) yang sebelumnya berharakat fathah.

Alif dalam isim maqshur bukan alif asli tetapi  alif munqolib (berubah) atau zaidah (tambahan).

Adapun munqolib terdapat  munqolib dari wawu laksana  عَصَا yang andai  ditasniyahkan menjadi عَصْوَان dan munqolib dari ya laksana  فَتَى yang andai  ditasniyahkan menjadi فِتْيَان. Sedangkan alif mazidah laksana  lafadz حُبْلَى yang berasal dari lafadz ٌحَبْل . Dan alif pun  sebagai ilhaq (tambahan guna  menyamakan wazannya dengan lafadz lain). Contoh: أَرْطَى yang mulhaq dengan lafadz جَعْفَر.

Alif dalam isim maqshuroh atau biasa dinamakan  dengan alif maqshuroh ini berbentuk ya’ andai  jatuh pada urutan ketiga yang peralihan  dari ya’ dan pada urutan keempat atau lebih. Contoh: فتى ( أصله فتيٌ)، مُسْتَشْفَى ، مصطفى.


2. Macam-Macam Isim Maqshur
Macam-macam isim maqshur dipecah  menjadi dua, yakni  qiyasi dan sima’i.
Isim maqshur qiyasi ada  disepuluh isim mu’tal akhir yaitu:
a. Dalam masdar fiil lazim wazanفَعِلَ , contoh: جَوِيَ - جَوًى , رَضِيَ - رِضًا
b. Dalam wazan فِعَلٍ yakni  jamak dari wazan فِعْلَة, contoh: حِلْيَةٌ – حِلًى
c. Dalam wazan فُعَلٌ yakni  jamak dari wazan فُعْلَةٌ, contoh: مُدْيَةٌ – مُدًى
d. Dalam wazan فَعَل yakni  dari isim-isim jenis yang menunjukan arti  jamak, contoh: قطاة - قُطًى
e. Dalam isim maf’ul, laksana  lafadz مُعْطًى
f. Dalam wazan مَفْعَل yang menunjukan masdar, zaman, atau makan, contoh: مَرْقًى
g. Dalam wazan مِفْعَل yang menunjukan isim perangkat  contoh: مِكْوًى
h. Dalam wazan أَفْعَل contoh: أَقْصًى
i. Dalam wazan jamak muannast wazan أفعلَ للتفضيل, contoh: قُصوى – قُصا
j. Dalam wazan muannast أفعلَ للتفضيل dari lafadz shohih akhir, contoh:- حسنى حسنأ.

isim maqshur qiyasi ialah  yang ada  pada di samping  kesepuluh lokasi  tadi, yang hanya dapat  dihafal tidak dapat  diqiyaskan. Contoh: فتى ، هدى ، حجا.

Berikut ini ialah  macam-macam kalimat yang ada  alif yang bukan tergolong  isim maqshur:
a. Fi’il-fi’il yang diselesaikan  dengan alif lazimah, contoh: دَعَا، يَخْشَى
b. Huruf-huruf   yang diselesaikan  dengan alif lazimah, contoh: ، إلَى عَلَى
c. Isim-isim mabni yang diselesaikan  dengan alif lazimah ini. Seperti isim isyaroh, contoh: ذَا، تَا. Isim dhorof, contoh: إذَا. Isim maushul, contoh: مَا
d. Isim mutsanna saat  rofa’, contoh: الوَلِدَان. Asmaul khomsah saat  nashob, contoh: أبَاك
e. Isim maqshur yang diselesaikan  dengan ta’ ta’nist. Karena andai  isim maqshur telah  di tambah dengan ta’ ta’nist, maka hukumnya sebagai isim maqshur telah  gugur dan bertolak belakang  pula dalam alamat i”robnya nanti. Contoh: فَتَى - فَتَاة .


3. ‘Alamat I’rob Isim Maqshur
وسم معتلا من الاسماءما # كالمصطفى والمرتقى مكارما
فالأول إعراب فيه قدرا # جميعهوهو الذى قد قصرا
Namakanlah dengan isim mu’tal pada masing-masing  isim yang laksana  lafadz مصطفى dan مرتقى
Lafadz yang mula  semua i’robnya ditaqdirkan (dikira-kirakan) dan namakanlah dengan isim maqshur.

Dari nadhom alfiyah diatas dapat diputuskan  i’rob isim maqshur dalam tingkah rofa’, nashob, maupun jer dikira-kirakan (مقدرة). Contoh:
a. Ketika rofa’ laksana  lafadz (جاء الفتَى ( بضمة مقدرة
b. Ketika nashob laksana  lafadz  (رأيتُ الفتَى (بفتحة مقدرة
c. Ketika jer laksana  lafadz (مررتُ بالفتَى (بكسرة مقدرة

Ketika mutsanna yakni  mengubah  alif yang terletak pada urutan keempat atau lebih dalam isim maqshur menjadi ya’. Contoh: مصطفَى - مصطفيَانِ . saat  alif terletak pada urutan ketiga maka diganti denga huruf   aslinya. Contoh:
فتَى - فتيَانِ ، عصى - عصوَانِ

Ketika mutsanna nashob atau jer bermukim  diganti alamat irobnya menjadi ya’ dan sebelumnya berharakat fatkhah. Contoh: مصطفيَيْنِ، فتيَيْنِ، عصوَيْنِ .

Ketika jamak mudzakar yakni  mengubah  alif lazimah dengan wawu dan dan harakat sebelum wawu tetap. Contoh: مصطفَوْنَ. Dan saat  nashob dan jer diganti dengan ya’ dan sebelumnya tetap berharokat fatkhah. Contoh: مصطفَيْنَ.

Ketika jamak muannast yakni  memberi tanda jamak muannast berupa alif dan ta’ pada alif maqsuroh. Contoh:- حبليَات، رجَا – رجوَات حُبلَى.[10]


4. Tanwinnya isim maqshur
Isim maqshur andai  didahului alif lam maka tidak diberi tanwin. Sebaliknya, andai  tidak terdapat  alif lam maka diberi tanwun Contoh:الرِّضَا - رِضًا، الفتَى- فتًى



B. Isim Manqush

1. Pengertian
Isim manqus secara bahasa berasal dari kata نَقَصَ – مَنْقوْص yang dengan kata lain  kurang atau dikurangi. Ini disebabkan  dikurangi menampakan beberapa  harakatnya, yaitu saat  rofa dan jar, dan saat  tingkah nashob manqus bertolak belakang  dengan maqshur dan me sti ditampakan alamat nashobnya (yaitu fatkhah).
Secara istilah isim manqus merupakan 
الاسم المعرب الذى آخره ياء لا زمة
Isim mu’rob yang diselesaikan  dengan ya’ lazimah.
الاسم المعرب الذى آخره ياء لازمة قبلها كسرة
Isim mu’rob yang kesudahannya  ya’ lazimah dan sebelumnya berharokat kasroh.
هو اسم معرب آخره ياء ثابتة مكسور ما قبله
Isim manqus ialah  isim mu’rob yang diselesaikan  dengan ya’ dan sebelumnya berharokat kasroh.
هو الاسم الذى آخره ياء غير مشددة وكسور ما قبلها
Jadi isim manqush ialah  isim diselesaikan  dengan ya’ lazimah dan sebelumnya berharakat kasroh. Hal berikut  yang memisahkan  dengan isim maqshur, andai  isim maqshur sebelumnya berharakat fatkhah, sementara  manqush sebelumnya kasroh.
Seperti contoh: قاضَى , راعِى , مُرْتَقِى

Jika ya’nya tidak tetap ( ثابتة غير ) maka bukan tergolong  isim manqush. Seperti dalam asmaul khomsah saat  jer, contoh: أبِيْك , أخِيْك. Dan demikian pula  jika sebelumnya bukan kasroh tetapi  sukun, contoh: ظَبْي , سَعْي. Seperti halnya laksana  lafadz مَصْرِيّ, bukan adalah isim manqush sebab  bukan adalah ya’ pribumi  isim tersebut tetapi  ya’ nisbah.

2. Alamat I’rob Isim Manqush
والثان منقوص ونصبه ظهر # ورفعه ينواكذا أيضا يجر
Dan yang kedua disebut  dengan isim manqush, tanda nasabnya isim manqush ditampakkan sementara  tanda rofa’ dan jernya dikira-kirakan.

Nadhom ini ialah  kelanjutan nadhom alfiyah yang udah dilafalkan  dalam ulasan  isim maqshur. Dari nadhom ini dapat dipungut  pengertian bahwa bertolak belakang  dengan isim maqshur, isim manqush ini mesti menampakan fatkhah saat  nashob. Contoh:
a. Ketika rofa’ laksana  lafadz: (جاء الداعِى (بضمّة مقدرة
b. Ketika jer laksana  lafadz: (مرَرْتُ بِالداعِى (بكسرة مقدرة
c. Ketika nashob laksana  lafadz: (رَأَيْتُ الداعِيَ (بفتحة ظاهرة

Ketika mutsanna isim manqush tidak ada evolusi  tertentu laksana  dalam isim maqshur, lumayan  dengan meningkatkan  alif tasniyah. Contoh: - الداعِيَان الداعِى. Dan saat  mutsanna dan jer menggantinya denga ya’ dan sebelumnya berarokat fatkhah. Contoh:- الداعِيَيْنِ الداعِى

Ketika jamak isim manqush melemparkan  ya’ dan menggantinya dengan wawu serta sebelumnya diharokati dengan dhommah, contoh: القاضِى - القاضُوْنَ. Dan menggantinya dengan ya’ dan sebelumnya diharokati dengan dikasroh, contoh: القاضِى - القاضِيْنَ 


3. Tanwinnya Isim Manqush
Ketika tidak didahului alif lam maka harokat isim manqush ini ditanwin dan dilemparkan  ya’nya saat  rofa’ dan nashob. Contoh: جاء قاضٍ ، مَرَرْتُ بِقاضٍ. Ketika nashob bertolak belakang  dengan rofa’ dan jer, ditanwin dan ya’nya tetap tidak dibuang. Contoh: رأيتُ قاضيًا 



C. Isim Mamdud

1. Pengertian
Isim mamdud secara bahasa berasal dari kata مدّ – ممدود yang dengan kata lain  dipanjangkan. Hal ini disebabkan  isim mamdud ialah  isim yang didalamnya ada  alif dan sesudahnya ada  hamzah. Jika didalam ilmu tajwid me sti membacanya dengan panjang yakni  5 harokat.
Secara istilah isim mamdud merupakan 
ومااستحق قبل آخر ألف # فالمد في نظيره حتما عرف
Isim yang sebelum huruf kesudahannya  berupa alif, maka dalam persamaannya pun tentu  dibaca panjang, urusan  ini sudah  dijelaskan.
هو الاسم الذى آخره همزة تلي ألفا زائدة
Isim mamdud adala isim yang kesudahannya  berupa hamzah dan sebelumnya ada  alif zaidah.
هو اسم معرب آخره همزة قبلها ألف زائدة
Isim mamdud ialah  isim mu’rob yang sebelum akhir berupa hamzah zaidah (tambahan).

Jadi isim mamdud ialah  isim yang diselesaikan  dengan hamzah dan dibacanya panjang sebab  sebelum hamzah itu  ada  alif zaidah.
Hamzah dalam isim mamdud terdapat  empat macam:
a. أصلية yakni  hamzah asli laksana  lafadz: (إنشَاء (من أنشاء)، ابتدَاء (من ابْتَدَأَ
b.عن الياء أو واوو منقلبة yakni  hamzah sebagai ganti dari ya’ atau wawu laksana  lafadz:
(بناء (أصله بِنَايٌ)، عدَّاء (أصله عدَّاوٌ
c. زائدة لتأنيث yakni  sebagai ekstra  untuk mentatsniyahkan laksana  lafadz:
(حسناء (من حُسن)، صحراء (من صحر
d.لجمع زائدة yakni  sebagai ekstra  untuk menjamakkan laksana  lafadz: 
(عظماء (من عظم)، شعراء (من شعر
e. زائدة للإلحاق yakni  sebagai tambahan sebab  ilhaq (mengikuti) laksana  lafadz: 
حِرباء، قَوْباء 


2. Macam-macam Isim Mamdud
Isim mamdud terbagi menjadi dua, yakni  qiyasi dan sima’i.
Isim mamdud qiyasi ada  pada tujuh macam isim mu’tal akhir:
a. Isim masdar dari fiil mazid yang tadinya  berupa hamzah, contoh:- إعطَاء أعطَى.
b. Isim masdar dari fiil wazan- يفعُلُ فعَل contoh: رغَا – رُغَاء .
c. Isim masdar wazan فِعَال dari fiil wazan فاعل contoh:- وِلَاء والى.
d. Isim yang terdiri dari empat huruf, yakni  jamak dari wazan أفعِلة contoh: أكسية – كِسَاء.
e. Isim yang terbentuk dari masdar-masdar wazan تَفعال atau تِفعال contoh: تَمشَاء.
f. Isim yang terbentuk dari sifat wazan فعّال atau مِفعال sebagai mubalaghoh, contoh: عدّاء, مِعْطاء.
g. Isim muannast أفعلَ di samping  tafdhil, contoh: أحمر- حمرَاء ,أنجلَ – نجلَاء.[24]
Isim mamdud sima’i ialah  yang di samping  pada tujuh lokasi  di atas, dan hanya dapat  diketahui dengan teknik  dihafalkan tidak dapat  diqiyaskan. Seperti contoh: فتاء، سناء، غناء، ثراء

3. Alamat I’rob Isim Mamdud
Isim mamdud saat  tingkah rofa, nashob, atau jer tersebut  jelas tandanya. Ketika rofa dan jer, laksana  contoh; نزل الماءُ من السماءِ. Contoh saat  nashob; الماءَ رأيتُ.
Adapun teknik  mentasyniyahkan isim mamdud ialah  mentasyniyahkan dengan wawu pada hamzah yang berguna  لتأنيث laksana  contoh; صحراوَانِ -صحراء,
Kemudian mentasyniyahkan dengan wawu atau masih utuh hamzah pada hamzah yang berguna  للإلحاق atauعن الياء أو واوو منقلب laksana  contoh: عِلبوَانِ/عِلْبئَانِ كِسَاء - كِسوَانِ/كِسَئَانِ ,عِلْباء - ,- حيوَانِ/حيَائَانِ حيَاء.
Apabila hamzah أصليةmaka mentasniyahkan masih utuh tidak butuh  menukar hamzahnya, laksana  contoh: ضِيَاء – ضِيَائَانِ
Adapun teknik  menjamakan isim mamdud ialah  mengubah  hamzahnya dengan wawu pada hamzah berguna  لتأنيث laksana  contoh:- ورقوُوْنَ ورقَاء.
Menambahkan wawu dan masih tetap hamzahnya pada hamzah laksana  contoh:- وضؤُوْنَ وضاء.
Boleh dua wajah yaitu memutuskan  hamzahnya atau menggantinya dengan wawu pada hamzah berguna  للإلحاق atau منقلب عن الياء أو الواوو laksana  contoh: علباوُوْنَ/علباؤُوْنَ - عِلْباء, - حياوُوْنَ/حياؤُوْنَحياء, كساء – كسوُوْنَ/كسوُوْنَ


4. Tanwinnya Isim Mamdud
Boleh memberi tanwin pada isim mamdud hamzah أصلية dan hamzah yang berguna  عن الياء أو الواوومنقلب laksana  contoh: ابتداءٌ, بنَاءٌ, سمَاءٌ.
Tidak boleh memberi tanwin pada hamzah yang berguna  لتأنيث dan لجمع laksana  contoh: صحراءُ, شعراءُ.