Contact Us - Privacy Policy - Disclaimer - Terms of Service - About

Pengertian Isim Maqshur, Manqush, dan Isim Mamdud dalam Bahasa Arab

Pengertian Isim Maqshur, Manqush, dan Isim Mamdud dalam Bahasa Arab

A. Isim Maqshur

1. Pengertian
Isim Maqshur secara bahasa berasal dari bahasa arab yakni  قصر ـ مقصور yang dengan kata lain  diringkas. Hal ini dikarenakan saat  dalam suasana  rofa’, nasab maupun jer, harakat akhir isim ini tidak berubah atau tetap. Biasa disebutkan  tanda i’robnya diringkas atau dikira-kirakan dengan fathah.

Adapun secara istilah isim maqshur merupakan 
كل إسم معرب اخره ألف لازمة أصلية، أى لا يمكن الاستغناء عنها
 (والمهم أن تكون ألفا من حيث النطق ولو رسمت بالياء)
setiap isim mu’rob yang diselesaikan  alif lazimah, maksudnya ialah  pasti diselesaikan  dengan alif itu  dan tidak barangkali  menghilangkannya. ( yang terpenting ialah  sekiranya alif tersebut  dibaca atau berbunyi ‘a’ seandainya  dengan format  ya sekalipun).

إسم معرب الذي حرف إعرابه ألف لينة لازمة قبلها فتحة
Isim mu’rob yang huruf   i’robnya berupa alif layyinah yang tetap dan sebelumnya berharakat fathah.


إسم معرب اخره ألف ثابتة، سواء أكتبت بصورة الألف: كالعصا، أو بصورة الياء: كموسى
Isim mu’rob yang diselesaikan  dengan alif, tak berbeda  ditulis dengan format  alif laksana  lafadz العصا atau ditulis dengan ya’ laksana  lafadz موسى.

Jadi yang disebut  isim maqshur ialah  isim yang diakhiri dengan huruf  alif (baik huruf tersebut  berbentuk ya’ atau dinamakan juga alif layyinah) yang sebelumnya berharakat fathah.

Alif dalam isim maqshur bukan alif asli tetapi  alif munqolib (berubah) atau zaidah (tambahan).

Adapun munqolib terdapat  munqolib dari wawu laksana  عَصَا yang andai  ditasniyahkan menjadi عَصْوَان dan munqolib dari ya laksana  فَتَى yang andai  ditasniyahkan menjadi فِتْيَان. Sedangkan alif mazidah laksana  lafadz حُبْلَى yang berasal dari lafadz ٌحَبْل . Dan alif pun  sebagai ilhaq (tambahan guna  menyamakan wazannya dengan lafadz lain). Contoh: أَرْطَى yang mulhaq dengan lafadz جَعْفَر.

Alif dalam isim maqshuroh atau biasa dinamakan  dengan alif maqshuroh ini berbentuk ya’ andai  jatuh pada urutan ketiga yang peralihan  dari ya’ dan pada urutan keempat atau lebih. Contoh: فتى ( أصله فتيٌ)، مُسْتَشْفَى ، مصطفى.


2. Macam-Macam Isim Maqshur
Macam-macam isim maqshur dipecah  menjadi dua, yakni  qiyasi dan sima’i.
Isim maqshur qiyasi ada  disepuluh isim mu’tal akhir yaitu:
a. Dalam masdar fiil lazim wazanفَعِلَ , contoh: جَوِيَ - جَوًى , رَضِيَ - رِضًا
b. Dalam wazan فِعَلٍ yakni  jamak dari wazan فِعْلَة, contoh: حِلْيَةٌ – حِلًى
c. Dalam wazan فُعَلٌ yakni  jamak dari wazan فُعْلَةٌ, contoh: مُدْيَةٌ – مُدًى
d. Dalam wazan فَعَل yakni  dari isim-isim jenis yang menunjukan arti  jamak, contoh: قطاة - قُطًى
e. Dalam isim maf’ul, laksana  lafadz مُعْطًى
f. Dalam wazan مَفْعَل yang menunjukan masdar, zaman, atau makan, contoh: مَرْقًى
g. Dalam wazan مِفْعَل yang menunjukan isim perangkat  contoh: مِكْوًى
h. Dalam wazan أَفْعَل contoh: أَقْصًى
i. Dalam wazan jamak muannast wazan أفعلَ للتفضيل, contoh: قُصوى – قُصا
j. Dalam wazan muannast أفعلَ للتفضيل dari lafadz shohih akhir, contoh:- حسنى حسنأ.

isim maqshur qiyasi ialah  yang ada  pada di samping  kesepuluh lokasi  tadi, yang hanya dapat  dihafal tidak dapat  diqiyaskan. Contoh: فتى ، هدى ، حجا.

Berikut ini ialah  macam-macam kalimat yang ada  alif yang bukan tergolong  isim maqshur:
a. Fi’il-fi’il yang diselesaikan  dengan alif lazimah, contoh: دَعَا، يَخْشَى
b. Huruf-huruf   yang diselesaikan  dengan alif lazimah, contoh: ، إلَى عَلَى
c. Isim-isim mabni yang diselesaikan  dengan alif lazimah ini. Seperti isim isyaroh, contoh: ذَا، تَا. Isim dhorof, contoh: إذَا. Isim maushul, contoh: مَا
d. Isim mutsanna saat  rofa’, contoh: الوَلِدَان. Asmaul khomsah saat  nashob, contoh: أبَاك
e. Isim maqshur yang diselesaikan  dengan ta’ ta’nist. Karena andai  isim maqshur telah  di tambah dengan ta’ ta’nist, maka hukumnya sebagai isim maqshur telah  gugur dan bertolak belakang  pula dalam alamat i”robnya nanti. Contoh: فَتَى - فَتَاة .


3. ‘Alamat I’rob Isim Maqshur
وسم معتلا من الاسماءما # كالمصطفى والمرتقى مكارما
فالأول إعراب فيه قدرا # جميعهوهو الذى قد قصرا
Namakanlah dengan isim mu’tal pada masing-masing  isim yang laksana  lafadz مصطفى dan مرتقى
Lafadz yang mula  semua i’robnya ditaqdirkan (dikira-kirakan) dan namakanlah dengan isim maqshur.

Dari nadhom alfiyah diatas dapat diputuskan  i’rob isim maqshur dalam tingkah rofa’, nashob, maupun jer dikira-kirakan (مقدرة). Contoh:
a. Ketika rofa’ laksana  lafadz (جاء الفتَى ( بضمة مقدرة
b. Ketika nashob laksana  lafadz  (رأيتُ الفتَى (بفتحة مقدرة
c. Ketika jer laksana  lafadz (مررتُ بالفتَى (بكسرة مقدرة

Ketika mutsanna yakni  mengubah  alif yang terletak pada urutan keempat atau lebih dalam isim maqshur menjadi ya’. Contoh: مصطفَى - مصطفيَانِ . saat  alif terletak pada urutan ketiga maka diganti denga huruf   aslinya. Contoh:
فتَى - فتيَانِ ، عصى - عصوَانِ

Ketika mutsanna nashob atau jer bermukim  diganti alamat irobnya menjadi ya’ dan sebelumnya berharakat fatkhah. Contoh: مصطفيَيْنِ، فتيَيْنِ، عصوَيْنِ .

Ketika jamak mudzakar yakni  mengubah  alif lazimah dengan wawu dan dan harakat sebelum wawu tetap. Contoh: مصطفَوْنَ. Dan saat  nashob dan jer diganti dengan ya’ dan sebelumnya tetap berharokat fatkhah. Contoh: مصطفَيْنَ.

Ketika jamak muannast yakni  memberi tanda jamak muannast berupa alif dan ta’ pada alif maqsuroh. Contoh:- حبليَات، رجَا – رجوَات حُبلَى.[10]


4. Tanwinnya isim maqshur
Isim maqshur andai  didahului alif lam maka tidak diberi tanwin. Sebaliknya, andai  tidak terdapat  alif lam maka diberi tanwun Contoh:الرِّضَا - رِضًا، الفتَى- فتًى



B. Isim Manqush

1. Pengertian
Isim manqus secara bahasa berasal dari kata نَقَصَ – مَنْقوْص yang dengan kata lain  kurang atau dikurangi. Ini disebabkan  dikurangi menampakan beberapa  harakatnya, yaitu saat  rofa dan jar, dan saat  tingkah nashob manqus bertolak belakang  dengan maqshur dan me sti ditampakan alamat nashobnya (yaitu fatkhah).
Secara istilah isim manqus merupakan 
الاسم المعرب الذى آخره ياء لا زمة
Isim mu’rob yang diselesaikan  dengan ya’ lazimah.
الاسم المعرب الذى آخره ياء لازمة قبلها كسرة
Isim mu’rob yang kesudahannya  ya’ lazimah dan sebelumnya berharokat kasroh.
هو اسم معرب آخره ياء ثابتة مكسور ما قبله
Isim manqus ialah  isim mu’rob yang diselesaikan  dengan ya’ dan sebelumnya berharokat kasroh.
هو الاسم الذى آخره ياء غير مشددة وكسور ما قبلها
Jadi isim manqush ialah  isim diselesaikan  dengan ya’ lazimah dan sebelumnya berharakat kasroh. Hal berikut  yang memisahkan  dengan isim maqshur, andai  isim maqshur sebelumnya berharakat fatkhah, sementara  manqush sebelumnya kasroh.
Seperti contoh: قاضَى , راعِى , مُرْتَقِى

Jika ya’nya tidak tetap ( ثابتة غير ) maka bukan tergolong  isim manqush. Seperti dalam asmaul khomsah saat  jer, contoh: أبِيْك , أخِيْك. Dan demikian pula  jika sebelumnya bukan kasroh tetapi  sukun, contoh: ظَبْي , سَعْي. Seperti halnya laksana  lafadz مَصْرِيّ, bukan adalah isim manqush sebab  bukan adalah ya’ pribumi  isim tersebut tetapi  ya’ nisbah.

2. Alamat I’rob Isim Manqush
والثان منقوص ونصبه ظهر # ورفعه ينواكذا أيضا يجر
Dan yang kedua disebut  dengan isim manqush, tanda nasabnya isim manqush ditampakkan sementara  tanda rofa’ dan jernya dikira-kirakan.

Nadhom ini ialah  kelanjutan nadhom alfiyah yang udah dilafalkan  dalam ulasan  isim maqshur. Dari nadhom ini dapat dipungut  pengertian bahwa bertolak belakang  dengan isim maqshur, isim manqush ini mesti menampakan fatkhah saat  nashob. Contoh:
a. Ketika rofa’ laksana  lafadz: (جاء الداعِى (بضمّة مقدرة
b. Ketika jer laksana  lafadz: (مرَرْتُ بِالداعِى (بكسرة مقدرة
c. Ketika nashob laksana  lafadz: (رَأَيْتُ الداعِيَ (بفتحة ظاهرة

Ketika mutsanna isim manqush tidak ada evolusi  tertentu laksana  dalam isim maqshur, lumayan  dengan meningkatkan  alif tasniyah. Contoh: - الداعِيَان الداعِى. Dan saat  mutsanna dan jer menggantinya denga ya’ dan sebelumnya berarokat fatkhah. Contoh:- الداعِيَيْنِ الداعِى

Ketika jamak isim manqush melemparkan  ya’ dan menggantinya dengan wawu serta sebelumnya diharokati dengan dhommah, contoh: القاضِى - القاضُوْنَ. Dan menggantinya dengan ya’ dan sebelumnya diharokati dengan dikasroh, contoh: القاضِى - القاضِيْنَ 


3. Tanwinnya Isim Manqush
Ketika tidak didahului alif lam maka harokat isim manqush ini ditanwin dan dilemparkan  ya’nya saat  rofa’ dan nashob. Contoh: جاء قاضٍ ، مَرَرْتُ بِقاضٍ. Ketika nashob bertolak belakang  dengan rofa’ dan jer, ditanwin dan ya’nya tetap tidak dibuang. Contoh: رأيتُ قاضيًا 



C. Isim Mamdud

1. Pengertian
Isim mamdud secara bahasa berasal dari kata مدّ – ممدود yang dengan kata lain  dipanjangkan. Hal ini disebabkan  isim mamdud ialah  isim yang didalamnya ada  alif dan sesudahnya ada  hamzah. Jika didalam ilmu tajwid me sti membacanya dengan panjang yakni  5 harokat.
Secara istilah isim mamdud merupakan 
ومااستحق قبل آخر ألف # فالمد في نظيره حتما عرف
Isim yang sebelum huruf kesudahannya  berupa alif, maka dalam persamaannya pun tentu  dibaca panjang, urusan  ini sudah  dijelaskan.
هو الاسم الذى آخره همزة تلي ألفا زائدة
Isim mamdud adala isim yang kesudahannya  berupa hamzah dan sebelumnya ada  alif zaidah.
هو اسم معرب آخره همزة قبلها ألف زائدة
Isim mamdud ialah  isim mu’rob yang sebelum akhir berupa hamzah zaidah (tambahan).

Jadi isim mamdud ialah  isim yang diselesaikan  dengan hamzah dan dibacanya panjang sebab  sebelum hamzah itu  ada  alif zaidah.
Hamzah dalam isim mamdud terdapat  empat macam:
a. أصلية yakni  hamzah asli laksana  lafadz: (إنشَاء (من أنشاء)، ابتدَاء (من ابْتَدَأَ
b.عن الياء أو واوو منقلبة yakni  hamzah sebagai ganti dari ya’ atau wawu laksana  lafadz:
(بناء (أصله بِنَايٌ)، عدَّاء (أصله عدَّاوٌ
c. زائدة لتأنيث yakni  sebagai ekstra  untuk mentatsniyahkan laksana  lafadz:
(حسناء (من حُسن)، صحراء (من صحر
d.لجمع زائدة yakni  sebagai ekstra  untuk menjamakkan laksana  lafadz: 
(عظماء (من عظم)، شعراء (من شعر
e. زائدة للإلحاق yakni  sebagai tambahan sebab  ilhaq (mengikuti) laksana  lafadz: 
حِرباء، قَوْباء 


2. Macam-macam Isim Mamdud
Isim mamdud terbagi menjadi dua, yakni  qiyasi dan sima’i.
Isim mamdud qiyasi ada  pada tujuh macam isim mu’tal akhir:
a. Isim masdar dari fiil mazid yang tadinya  berupa hamzah, contoh:- إعطَاء أعطَى.
b. Isim masdar dari fiil wazan- يفعُلُ فعَل contoh: رغَا – رُغَاء .
c. Isim masdar wazan فِعَال dari fiil wazan فاعل contoh:- وِلَاء والى.
d. Isim yang terdiri dari empat huruf, yakni  jamak dari wazan أفعِلة contoh: أكسية – كِسَاء.
e. Isim yang terbentuk dari masdar-masdar wazan تَفعال atau تِفعال contoh: تَمشَاء.
f. Isim yang terbentuk dari sifat wazan فعّال atau مِفعال sebagai mubalaghoh, contoh: عدّاء, مِعْطاء.
g. Isim muannast أفعلَ di samping  tafdhil, contoh: أحمر- حمرَاء ,أنجلَ – نجلَاء.[24]
Isim mamdud sima’i ialah  yang di samping  pada tujuh lokasi  di atas, dan hanya dapat  diketahui dengan teknik  dihafalkan tidak dapat  diqiyaskan. Seperti contoh: فتاء، سناء، غناء، ثراء

3. Alamat I’rob Isim Mamdud
Isim mamdud saat  tingkah rofa, nashob, atau jer tersebut  jelas tandanya. Ketika rofa dan jer, laksana  contoh; نزل الماءُ من السماءِ. Contoh saat  nashob; الماءَ رأيتُ.
Adapun teknik  mentasyniyahkan isim mamdud ialah  mentasyniyahkan dengan wawu pada hamzah yang berguna  لتأنيث laksana  contoh; صحراوَانِ -صحراء,
Kemudian mentasyniyahkan dengan wawu atau masih utuh hamzah pada hamzah yang berguna  للإلحاق atauعن الياء أو واوو منقلب laksana  contoh: عِلبوَانِ/عِلْبئَانِ كِسَاء - كِسوَانِ/كِسَئَانِ ,عِلْباء - ,- حيوَانِ/حيَائَانِ حيَاء.
Apabila hamzah أصليةmaka mentasniyahkan masih utuh tidak butuh  menukar hamzahnya, laksana  contoh: ضِيَاء – ضِيَائَانِ
Adapun teknik  menjamakan isim mamdud ialah  mengubah  hamzahnya dengan wawu pada hamzah berguna  لتأنيث laksana  contoh:- ورقوُوْنَ ورقَاء.
Menambahkan wawu dan masih tetap hamzahnya pada hamzah laksana  contoh:- وضؤُوْنَ وضاء.
Boleh dua wajah yaitu memutuskan  hamzahnya atau menggantinya dengan wawu pada hamzah berguna  للإلحاق atau منقلب عن الياء أو الواوو laksana  contoh: علباوُوْنَ/علباؤُوْنَ - عِلْباء, - حياوُوْنَ/حياؤُوْنَحياء, كساء – كسوُوْنَ/كسوُوْنَ


4. Tanwinnya Isim Mamdud
Boleh memberi tanwin pada isim mamdud hamzah أصلية dan hamzah yang berguna  عن الياء أو الواوومنقلب laksana  contoh: ابتداءٌ, بنَاءٌ, سمَاءٌ.
Tidak boleh memberi tanwin pada hamzah yang berguna  لتأنيث dan لجمع laksana  contoh: صحراءُ, شعراءُ.

Pengertian Isim Manqush [اسم منقوص] dalam Bahasa Arab

Pengertian Isim Manqush [اسم منقوص] dalam Bahasa Arab




Definisi isim manqush ( اسم منقوص )

Isim manqush ialah  isim yang diselesaikan  dengan huruf   ya (ي) yang huruf   sebelum ya tersebut  berharakat kasrah.

Definisi lain: Kalimah Isim Mu’rob yang berakhiran Ya’ Lazim tidak bertasydid dan berada sesudah  harakat Kasrah . 
Contoh القَضِيْ – السَّاعِيْ – الوَافِيْ. 

Bagi  Lafazh ظَبْيٌ dan كُرْسِيٌّ tetap di-i’rab dengan harakat zhahir (nampak)

Pada misal  di atas, huruf   terakhir ialah  ya ( ي ), dan harakat huruf   sebelum ya ialah  kasrah. Maka ia tergolong  isim manqush.


Kaidah isim manqush


  • Di dalam isim manqush, andai  alif lam ( ال ) dihilangkan, dan huruf   terakhir tidak berharakat fat-hah, maka huruf   ya ( ي ) dihilangkan, lantas  huruf   sebelum ya tadi di kasratain.Contoh:
    - Memakai alif lam ( ال ) , yakni  : الْقَاضِيْ (al-qaadhii).

    - Tidak menggunakan  alif lam, yakni  : قَاضٍ (qaadhin).

  • Jika isim manqush beraksi  sebagai kata yang menyifati benda atau ia beraksi  sebagai khabar, maka ia mengekor  kaidah na'tun dan man'uut, atau kaidah mubtada' dan khabar.

    > contoh kalimat isim manqush mudzakkar dan muannats
        
    Contoh:

    isim mudzakkar

    - هَذَا الْقَلَمُ غَالٍ (haadzaa al-qalamu ghaalin), dengan kata lain  pena ini mahal.

    isim muannats

    - هَذِهِ السَّاعَةُ غَالِيَةٌ (haadzihi as-saa'atu ghaaliyatun), dengan kata lain  jam tangan ini mahal.

    Penjelasan:

    غَالٍ , asalnya dari غَالِيٌ, sehingga format  muannatsnya menjadi غَالِيَةٌ


Contoh isim manqush

Di bawah ini ialah  contoh-contoh isim manqush:


- مُحَامٍ (muhaamin), dengan kata lain  lawyer (pengacara).

- قَاضٍ (qaadhin), dengan kata lain  hakim.

- وَادٍ (waadin), dengan kata lain  lembah.

- مُرَبٍّ (murabbin), dengan kata lain  guru/pendidik.

- رَاعٍ (raa'in), dengan kata lain  pemimpin; penjaga; penggembala.

- مُصَلٍّ (mushallin), dengan kata lain  orang yang shalat.

- دَاعٍ (daa'in), dengan kata lain  penyeru; juru dakwah; orang yang berdoa.

- هَادٍ (haadin), dengan kata lain  penuntun; pembimbing.

- مُفْتٍ (muftin), dengan kata lain  mufti; orang yang memberi fatwa.




Tanda I’rab Isim Manqush, bilamana  ia kemasukan  Alif lam atau menjadi Mudhaf maka huruf   Ya’-nya ditetapkan:

Tanda Rofa’-nya dengan Dhammah yang dikira-kira atas Ya. Juga tanda Jar-nya menggunakan harakat Kasrah yang dikira-kira atas Ya’. Sedangkan karena  yang menjadikan tercegahnya Harakat secara zhahir sebab  berat mengucapkannya » rujukan lihat pada Kaidah I’lal ke 5.

> contoh isim manqush saat Rofa’ dan kemasukan  Alif lam:

السَّاعِيْ لِلْخَيْرِ كَفَاعِلِهِ
orang yang bertugas untuk kebaikan maka seperti halnya orang yg melakukan kebaikan tersebut sendiri.

> contoh saat isim manqush berkedudukan Rofa’ karena menjadi Mudhaf (tanpa alif lam):

جَاءَ قَاضِي الْقُضَاةِ
Hakim agung sudah  datang.

> contoh saat isim manqush dalam keadaan Jar dan kemasukan  Alif lam:

عَلَى الْبَاغِيْ تَدُوْرُ الدَّوَائِرُ
balasan atas orang yang aniaya, bencana bakal  kembali padanya (karma tetap berlaku)

> contoh saat isim manqush keadaan Jar dan menjadi Mudhaf:

سَلَّمْتُ عَلَى قَاضِي الْقُضَاةِ
aku memberi salam pada Hakim agung.

Terkadang huruf   Ya’ nya dihilangkan ketika rafa’ atau jar, sebagai penunjukan bahwa sebelum Ya’ berharakat kasrah, maka berlaku pun  Isim Manqush yang bersamaan AL dan tanpa tanwin, laksana  berlakunya Isim Manqush yang tanpa AL dengan ditanwin. contoh:

> contoh saat keadaan Rafa’

يَوْمَ يَدْعُ الدَّاعِ إِلَى شَيْءٍ نُكُرٍ
(Ingatlah) hari (ketika) seorang penyeru (malaikat) menyeru untuk  sesuatu yang tidak mengasyikkan  (hari pembalasan)

> contoh saat keadaan Jar

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ
Dan bilamana  hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu mengenai  Aku, maka (jawablah), sesungguhnya  Aku ialah  dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa ketika dia memohon/berdoa kepada-Ku

Tanda Nashab Isim Manqush yg kemasukan  AL atau menjadi Mudhaf tersebut, ialah  Nashab dengan Harakat yang jelas atau nampak.

> contoh saat besamaan dengan AL

لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ الرَّاشِيَ وَالْمُرْتَشِيَ
Rasulullah melaknat orang yang memberi dan yang menerima suap.

> contoh menjadi mudhaf

رأيت قاضيَ القُضَاةِ
Aku menyaksikan  Hakim Agung


Tanda I’rab Isim Manqush, bilamana  ia tanpa AL atau tidak Mudhaf maka huruf   Ya’-nya ditiadakan  dan huruf akhirnya berharokat Tanwin saat  Rafa’ dan Jar. Atau Ya’-nya diputuskan  ketika Nashab:


> contoh saat Rafa’ :

الْمُؤْمِنُ رَاضٍ قَانِعٍ
Sorang Mu’min ialah  seorang yang suka rela dan menerima apa adanya.


> contoh saat Jar :

رُبَّ سَاعٍ لِقَاعِدٍ
Mungkin kali… seorang yg berjuang  orang yg duduk-duduk (usaha bung…!)


Tanda Nashab-nya dengan Fathah yang nampak/terang contoh:

سَمِعْتُ مُنَادِياً يُنَادِيْ لِلصَّلاَةِ
Aku mendengar seorang pemanggil sedang memanggil guna  shalat.

وَكَفَى بِرَبِّكَ هَادِيًا وَنَصِيرًا
Dan cukuplah Tuhanmu menjadi Pemberi tuntunan  dan Penolong


Kaidah Penulisan Hamzah yang Benar Dalam Bahasa Arab


Sebelum kita memahami kaidah penulisan hamzah ada baiknya kita awali dengan pembahasan harokat terlebih dahulu, bahwasanya dalam Bahasa Arab terdapat 4 harakat yang digunakan (Kasrah, Dhammah, Fathah, dan Sukun) keempat harakat tersebut mempunyai tingkat kekuatan yang berbeda, dan tiap-tiap harakat memiliki pasangan huruf yang berbeda, berikut ini tabelnya:

Pengertian Al-khath [الخط] dalam Bahasa Arab


Pengertian Al-khath [الخط] dalam Bahasa Arab



Al-khath
Pengertian khath : membentuk lafal dengan huruf hijaiyah yang diucapkan,agar apa yang ditulis sesuai dengan huruf yang diucapkan.
Pada dasarnya setiap kata hendaknya ditulis dengan bentuk lafadznya, kira-kira dari permulaan dan berhentinya. Dan inilah hakikat dari kitabah. Oleh karena itu:
Mereka menulis hamzah washal di tengah kalimat walaupun hamzah tersebut tidak dibaca. Karena apabila lafal yang ada hamzah washalnya itu dibuat permulaan kalimat,maka hamzah washal tadi harus dibaca. Contoh :
Hamzah washal
Arti
Tidak dibaca
Dibaca
جاء الحق
الحق جاء
Kebenaran telah datang
سافر ابنك
ابنك سافر
Anak (lk) mu sudah datang


Kecuali apabila alif lam itu didahului oleh lam jar atau lam ibtida, maka hamzahnya harus dibuang. Misal: للرجل , للمرأة
Contoh :
Lafadz
Arti
للرجل أقوى من المرأة
Bagi seorang laki-laki lebih kuat dari pada wanita
و للمرأة عاطفة منه
Bagi seorang wanita lebih halus kasih sayangnya dibanding laki-laki


Mereka menulis ha’ mati seperti contoh berikut ره زيدا و قه نفسك karena ketika diwaqafkan anda akan mengucapkannya و قه ره dalam firman Allah juga “ "لكنا هو الله ربيkarena asal katanya yaitu لكن و أنا
Mereka menulis dengan ha’ terhadap ta’ta’nits yang diwakafkan dengan ha. Seperti فاطمة و رحمة
Mereka menulis dengan (bentuk) ta’ terhadap ta’ ta’nits yang apabila wakaf dibunyikan dengan ta’
Misalkan : أخت , بنت, فاطمات, رحمات
Ada yang mengikuti pendapat pertama, yaitu dengan ta’ mabshutoh (ta’ yang tidak dibaca ha ketika wakaf), maka ia menulisnya dengan ta’ seperti : فاطمت, رحمت , ada juga yang mengikuti pendapat lain yang dengan ha’ ,maka menulisnya dengan ha’. Seperti : فاطماه, رحماه
mereka menulis isim berharakat yang dibaca nashab dengan ditambah alif di akhir kata. Karena lafadz tersebut ketika waqaf di waqafkan dengan alif, seperti : رأيت خالدا
mereka menulis lafadz إذا dan nun taukid dengan alif, contohnya lafadz اكتبا karena ia ketika waqaf diwaqafkan dengan alif. Dan ada yang mewaqafkannya dengan nun, maka menulisnya dengan nun pula seperti أكتبن , إذن
Mereka menulis isim manqus yang ya’ nya dibuang karena tanwin dengan tanpa memasang ya’ , karena ia diwaqafkan dengan ya’. Misalnya : قاض

Pengertian Laa An-Nafiyah Liljinsi (لا النافية للجنس) dalam Ilmu Nahwu

Pengertian Laa An-Nafiyah Liljinsi (لا النافية للجنس) dalam Ilmu Nahwu


A. Pengertian Laa An-Nafiyah Liljinsi (لا النافية للجنس) 

La an-nafiyatu lil-jinsi merupakan :

Isim yang mengindikasikan  atas penafiyan jenis yang statusnya menjadi khobar, yang jatuh sesudah  “LA”. Contoh :
لاَ رَجُلَ فِي الدَّارِ
"Tidak ada seorang laki-laki di dalam rumah"

B. Amal/Fungsi ("لا" النافيةِ للجنْسِ )
La an-nafiyatu lil-jinsi memiliki  fungsi laksana  “ إنّ “ Yaitu menashobkan isim serta merofa’kan khobarnya.
Contoh :
 لاَ رَجُلَ فِي الدَّارِ

asal kalimat di atas adalah :

رَجُلٌ فِي الدَّارِ

susunan mubtada 'رَجُلٌ' dan khobar 'فِي الدَّارِ', keduanya juga sama sama dibaca rofa' karena mubdata' dan khobar memang harus dibaca rofa'.

Kemudian kemasukan laa an nafiyah liljinsi (لا) menjadi:
لاَ رَجُلَ فِي الدَّارِ
mubtada' menjadi isimnya laa (لا) dan dibaca nashob tanpa tanwin "رَجُلَ", lalu khobarnya tetap dalam makhal rofa' 'فِي الدَّارِ'.


Hal itu  berlaku andai  memenuhi empat kriteria  di bawah ini  :

1. “La” dilafalkan  dalam Nash ditujukan guna  menafikan seluruh  jenis yang ada. Contoh :
لا طُلاَّبَ في المدرسة
"Tidak ada semua siswa di sekolah"
Kata “لا“ menafikan seluruh  siswa yang ada, tidak ada dispensasi  sama sekali.

2. Isim dan khobarnya “La” berbentuk Nakiroh, misal  : لاَ رَجُلَ فِي الدَّارِ
kata 'رَجُلَ' sebelumnya adalah nakiroh yang dibaca dengan tanwin 'رَجُلٌ', tapi karena kemasukan "Laa" maka ia harus dinashob dan dihilangkan tanwinnya.

3. “La” dan isimnya jangan  dipisah. Contoh :
 لا في الدار رجل ولا امرأة
Maka “ La “ tidak beramal atau tidak berfungsi sesuai dengan pengamalannya.

4. “ La “ jangan  kemasukan huruf   jer, misal:
"سافرت بلا زاد"
"Saya bepergian tanpa membawa bekal"
huruf jar 'ب' tidak boleh digabung dengan "Laa".


C. Macam-macam Isim "لا" النافيةِ للجنس
Isimnya “ La “ terbagi menjadi tiga.
1) Isim Mufrod, yakni  isim yang tidak di mudhofkan pada yang lain, baik berupa tasniyah, jama atau yang lainya. misal  :
 "لا رجلَ في الدار"
 ذلك الكتابُ لا رَيبَ

2) Berbentuk Mudlof, misal  :
 لا رجلَ سُوءٍ عندنا
 لا أخا جهلٍ مُكرَّمٌ

3) Berbentuk Syibhu Mudlof, misal  :
 "لا قبيحاً خُلقُه خاضرٌ"
 "لا مذموماً فعلُه عندنا"


D. Keadaan Isim dan Khobarnya “"لا" النافية للجنس
Beberapa kedudukan  isim dan khobarnya   :
a) Isim “ La “ terkadang di buang, misal  :
"لا عليكَ"
Yang asalnya : لا بأسَ، أو لا جناحَ عليك
"Tidak apa-apa, Atau Tidak ada dosa bagimu"

b) Biasanya jika khobar sudah mafhum atau sudah diketahui, maka khobar tersebut dibuang, contoh:
لَا رَجُلَ
لَا زَيْدَ
لَا سَمَكَ

c) Khobarnya andai  tidak diketahui atau tidak jelas maka mesti  disebutkan

d) Khobar “ La “ mesti  Mufrod, dengan kata lain  tidak boleh berbentuk jumlah atau syibhu jumlah. Contoh :
 "لا فقرَ أشدُّ من الجهلِ، ولا مال أعزُّ من العقل، من العُجبِ"


E. Hukum “ La “ andai  diulang-ulang
Jika terdapat  “ La “ diulang-ulang maka terdapat sejumlah  hokum, diantaranya :
a. Semua dibaca nashob, berstatus Mabni, diserupakan  dengan amalan “إنَّ“ misal  : "لا حَولَ ولا قُوَّةَ إلا باللهِ"
b. Adakalanya dibaca rofa’ semuanya, diserupakan  dengan amalan “ليس“ misal  :"لا حولٌ ولا قوَّةٌ إلاّ بالله"
c. Yang kesatu  dibaca nashob dan yang kedua dibaca jer, contoh: "لا حولَ ولا قوَّةٌ إلاّ باللهِ"
d. Yang kesatu  dibaca rofa’ dan yang kedua dibaca jer, misal  : "لا حولٌ ولا قوةَ إلا باللهِ"
e. Yang kesatu  mabni fathah dan yang kedua dibaca nashob sebagai athof, misal  : "لا حولَ ولا قوةً إلاّ باللهِ"

Pengertian Kalam [الكلام] dan Pembagiannya dalam Ilmu Nahwu


Pengertian Kalam [الكلام]  dan Pembagiannya dalam Ilmu Nahwu


Pengertian

Sesuai arti bahasa kalam adalah isim yang diucapkan oleh manusia baik itu berfaedah atau tidak, sedangkan sesuai arti istilah kalam adalah :

الكَلَامُ هُوَ اللَّفْظُ المُرَكَّبُ المُفِيْدُ بِالوَضْعِ

Kalam adalah lafadz (اللَّفْظُ) yang tersusun (المُرَكَّبُ), berfaedah (المُفِيْدُ), dan diucapkan dengan sadar (بالوضع).

Maksud dari arti di atas menurut para ahli nahwu yaitu kalam itu harus memenuhi empat syarat, yaitu:

اللَّفْظُ  /  lafadz yang dimaksud lafadz adalah suara yang mengandung beberapa huruf hijaiyah, contoh jika kamu katakan 'زَيْدٌ' , maka itu suara yang tersusun dari huruf hijaiyah berupa ز ي د, jika tidak tersusun dari huruf hijaiyah seperti suara benda yang jatuh maka tidak termasuk lafadz.

المُرَكَّبُ  / yang tersusun : maksudnya ialah yang tersusun dari dua kata atau lebih, contoh:
 قَامَ زَيْدٌ
زَيْدٌ قَائِمٌ
pada contoh pertama tersusun dari fi'il dan fa'il, setiap fa'il itu dibaca rofa', maka kata زَيْدٌ dibaca rofa' dengan tanda rofa'nya yaitu dhommah, dan pada contoh kedua di atas tersusun dari mubtada' dan khobar, setiap mubtada' dibaca rofa' karena berada di awal kalimat, dan khobar juga dibaca rofa' karena mubdata'.
Maka yang dimaksud dengan murokkab itu tersusun dari dua atau lebih kata, dan jika hanya terdapat satu kata saja 'زَيْدٌ' maka bukan termasuk kalam menurut ahli nahwu.

المُفِيْدُ   /  berfaedah: maksudnya adalah kalimat yang diucapkan itu harus memiliki faedah yang membuat pembicara dan lawan bicaranya itu diam karena sudah paham dengan yang dikatakan, contoh seperti kalimat:
 قَامَ زَيْدٌ  Zaid berdiri
زَيْدٌ قَائِمٌ  Zaid orang yang berdiri
maka kedua kalimat di atas itu memberikan faedah atau informasi lengkap dan utuh kepada pembicara dan lawan bicaranya bahwa zaid berdiri, maka sesungguhnya pendengar/lawan bicara jika mendengarkan kedua kalimat di atas tidak menunggu apapun, itu yang menunjukkan bahwa ia paham karena kalimatnya sudah sempurna, dan membuat pembicara diam karena tidak perlu menjelaskan apapun lagi.

Adapun kata yang murokkab tapi tidak mufid, contoh:
 غُلَامُ زَيْدٍ Anak Zaid
إنْ قَامَ زَيْدٌ  Jika zaid berdiri
pada contoh pertama, itu hanya susunan yang mudhof - mudhof ilaih yang kedudukannya hanyalah kata tanpa penjelas dan tanpa fi'il.
dan contoh kedua, itu adalah kalimat syarat yang diawali dengan 'jika' dan tidak mengandung kalimat jawab, maka contoh kedua juga menjadi tidak lengkap dan membuat orang yang mendengar akan bertanya lagi. 
maka kedua contoh di atas walaupun murokkab atau tersusun tapi karena tidak berfaedah maka ia tidak termasuk kalam.

بالوضع  /  diucapkan secara sadar Sebagian ulama nahwu menafsirkan kata ini dengan kata 'sadar', maka semua kata atau yang diucapkan oleh "orang tidur/ngelindur" "orang gila" maka tidak termasuk kalam menurut ahli nahwu, sebagian dari ahli nahwu juga menafsirkan kata بالوضع dengan perkataan orang Arab, maka perkataan orang selain Arab itu juga tidak termasuk kalam menurut ahli nahwu.



Pembagian kalam

Kalam itu ada tiga, yaitu:

Isim

Selengkapnya di sini

Fi'il 

Selengkapnya di sini

Huruf

Selengkapnya di sini


Demikianlah penjelasan tentang kalam dan pembagiannnya, semoga bermanfaat dan selamat belajar. :)