Contact Us - Privacy Policy - Disclaimer - Terms of Service - About
loading...

Pengertian Fiil Amr (فعل الأمر) dalam Bahasa Arab

Pengertian Fiil Amr (فعل الأمر) dalam Bahasa Arab


Pengertian fi'il
Fi'il (kata kerja): sesuatu yang menunjukan suatu arti dan berhubungan dengan waktu. 
Adapun macam-macam fi'il jika dilihat dari waktu, maka terdapat 3 macam, yaitu:
1. الفعل الماضي (fi'il maadhii) adalah kata kerja yang menunjukkan arti lampau atau sudah dilakukan, misal  : ذَهَبَ  "Ia sudah pergi"

2. الفعل المضارع ( fi'il mudhaari') adalah kata kerja yang menunjukkan arti sedang atau akan dilakukan, misal  : يَذْهَبُ "dia sedang/akan pergi"

3. فعل الأمر (fi'il amr) adalah kata kerja yang menunjukkan arti perintah, misal  : اِذْهَبْ "Pergilah!"

Untuk mengulang pelajaran fi'il maadhi, silakan pelajari lagi  fi'il maadhi ma'luum dan fi'il maadhi majhuul di sini.

Untuk mempelajari lagi tentang  fi'il mudhaari, baca keterangan  fi'il mudhaari' di sini.


Penjelasan Fi'il 'Amr


 معنا فعل الأمر : الطَّلب

fi'il amr ialah  kata kerja perintah atau permohonan.




- فعل الأمر : مبنيّ دائما

Fi'il amr ialah  mabniyy (harakatnya tetap tidak berubah) selamanya (sama laksana  fi'il maadhi, fi'il madhi pun mabniyy).


Bagi  fi'il madhi yang terdiri dari tiga huruf, maka huruf pertamanya  menggunakan hamzah washal.

Contoh:

كَتَبَ terdiri dari tiga huruf, maka fi'il amrnya memakai  hamzah washal, yakni  : اُكْتُبْ

Sedangkan fi'il madhi yang terdiri dari empat huruf, maka huruf pertamanya  menggunakan hamzah qatha'.

Contoh:

أَخْرَجَ fi'il maadhi yang terdiri dari empat huruf, maka fi'il amr nya memakai  hamzah qatha yaitu: أَخْرِجْ


Lihat pemakaian  hamzah washal dan hamzah qatha guna  lebih jelasnya.



Berikut Ini adalah Dhamirnya fi'il amr, yaitu: 

- أَنْتَ
- أَنْتِ
- أَنْتُمَا
- أَنْتُمْ
- أَنْتُنَّ


Kaidah harakat hamzah washl pada fi'il amr


Kita lihat harakat 'ain fi'il pada fi'il mudhari, terdapat  tiga macam  yaitu:


1. Jika harakatnya dhammah, maka harakat hamzah washal pada fi'il amr pun  dhammah.

Contoh:

كَتَبَ - يَكْتُبُ (kataba - yaktubu):

- 'ain fi'ilnya ialah  ت (ta).

- ت pada fi'il mudharinya berharakat dhammah.

- maka harakat hamzahnya ialah  dhammah, yakni  : اُكْتُبْ (uktub)


2. Jika ain fi'ilnya berharakat kasrah, maka harakat hamzah washal pada fi'il amr ialah  kasrah.

Contoh:

جَلَسَ - يَجْلِسُ (jalasa-yajlisu)

- 'ain fi'ilnya ialah  ل (lam).

- harakat ل pada fi'il mudhaari' ialah  kasrah.

- maka harakat hamzah pada fi'il amr ialah  kasrah, yakni  اِجْلِسْ (ijlis).


3. Jika ain fi'ilnya berharakat fat-hah, maka harakat hamzah washlnya ialah  kasrah.

Contoh:

فَتَحَ - يَفْتَحُ (fataha - yaftahu)

- 'ain fi'ilnya ialah  ت

- harakat ت pada fi'il mudhaari' ialah  fat-hah

- maka harakat hamzah washal pada fi'il amr nya ialah  kasrah yakni  اِفْتَحْ (iftah).


Kaidah fi'il amr mabniyy di atas sukun

fi'il amr yang mabniyy di atas sukun ialah  fi'il amr yang dhamir mustatirnya أَنْتَ, misalnya  : اِشْرَبْ , اذْهَبْ , افْهَمْ, dll

Baca selengkapnya tentang dhamir di sini.

Jika sesudah  fi'il amr ini terdapat  الْ (al) maka sukunnya berubah jadi kasrah. Contohnya:

minumlah, bahasa arabnya اِشْرَبْ (isyrab).

Lalu saat  kita berkeinginan  berkata, minumlah kopi itu, maka menjadi -> اِشْرَبِ الْقَهْوَةَ (isyrabil qahwata)


Hamzah washal tidak berharakat

Berikut Ini contohnya:

يَا بُنَيَّ ارْكَبْ مَعَنَا     'Wahai anakku, naiklah (mengendarai kapal) bersama kami' 

Pada contoh fi'il amr di atas, perhatikan hamzah washal yang Tak berharokat, ia tetap ditulis tapi Tak dibaca. Karena itulah hamzah washal sesuai namanya hamzah yang disambung artinya Dari kata sebelumnya ke Dan ke huruf setelah hamzah washal itu langsung disambung tanpa membaca hamzahnya.


kaidah hamzah washal pada fi'il amr

Pada contoh di atas  diberikan misal  bahwa andai  didahului oleh sebuah  kata laksana  pada contoh di atas, maka hamzah washal tidak berharakat, bacanya disambung ke huruf   setelahnya.

Contoh:

Yang benar ialah  يَا حَامِدُ اذْهَبْ (yaa haamidudzhab), dengan kata lain  wahai hamid pergilah.

Bukan يَا حَامِدُ اِذْهَبْ (yaa haamiduidzhab) -> ini ialah  salah.



Isnad fi'il amr dengan dhamir mukhaathab (الْمُخَاطَبُ), yaitu:

Contohnya dengan fi'il كَتَبَ - يَكْتُبُ

- أَنْتَ : اُكْتُبْ
- أَنْتِ : اُكْتُبِي
- أَنْتُمَا : اُكْتُبَا
- أَنْتُمْ : اُكْتُبُوا
- أَنْتُنَّ : اُكْتُبْنَ

Saya tulis ulang dengan ejaan Indonesia:

- anta : uktub
- anti : uktubii
- antumaa: uktubaa
- antum: uktubuu
- antunna: uktubna

Baca juga: Pengertian Hamzah Washal dan Hamzah Qatha' Berikut Kaidahnya.

wazan fi'il amr


Dengan wazan di atas, sobat dapat  melihat polanya kan? Coba anda  lihat satu satu ya, mulai dari anta.

- fi'il mudhari untuk  anta ialah  تَكْتُبُ

Untuk menjadikannya ke fi'il amr adalah sebagai berikut:

a. hilangkan huruf   mudhara'ahnya yakni  ت , dan ganti dengan hamzah washal.

b. berhubung  harakat 'ain fi'il dhammah maka hamzah washalnya berharakat dhammah.

c. Jadi fi'il amrnya ialah  اُكْتُبْ



- fi'il mudhari untuk  anti ialah  تَكْتُبِينَ

a. hilangkan huruf   mudhara'ahnya yakni  ت , dan ganti dengan hamzah washal.

b. Lihat harakat 'ain fi'il nya pada fi'il mudhaari di atas, harakatnya dhammah.

c. sebab  harakat 'ain fi'il dhammah maka hamzah washalnya berharakat dhammah.

d. hilangkan nun (ن)

e. Jadi fi'il amrnya ialah  اُكْتُبِي



- fi'il mudhari guna  antum ialah  تَكْتُبُونَ

Untuk menjadikannya ke fi'il amr merupakan :

Dengan tahapan  yang sama maka anda  dapatkan fi'il amrnya ialah  اُكْتُبُوا



Contoh dua fi'il yang huruf pertamanya hamzah qatha

Pada latihan  kali ini, dikenalkan format  fi'il amr nya, yaitu:


1. أَكَلَ - يَأْكُلُ (akala- ya'kulu), dengan kata lain  makan.

Fi'il amr nya ialah  كُلْ (kul)

Tashrif lengkapnya merupakan :

- أَنْتَ : كُلْ
- أَنْتِ : كُلِي
- أَنْتُمَا : كُلَا
- أَنْتُمْ : كُلُوا
- أَنْتُنَّ : كُلْنَ



2. أَخَذَ - يَأْخُذُ (akhadza - ya'khudzu), dengan kata lain  mengambil; menerima.

Fi'il amrnya ialah  خُذْ (khudz).

Tashrif lengkapnya adalah sebagai berikut :


- أَنْتَ : خُذْ
- أَنْتِ : خُذِي
- أَنْتُمَا : خُذَا
- أَنْتُمْ : خُذُوا
- أَنْتُنَّ : خُذْنَ


Demikianlah materi mengenai  fi'il amr. Semoga dapat membantu temen-temen yang sedang belajar Bahasa Arab. 

Pengertian Isim Maqshur, Manqush, dan Isim Mamdud dalam Bahasa Arab

Pengertian Isim Maqshur, Manqush, dan Isim Mamdud dalam Bahasa Arab

A. Isim Maqshur

1. Pengertian
Isim Maqshur secara bahasa berasal dari bahasa arab yakni  قصر ـ مقصور yang dengan kata lain  diringkas. Hal ini dikarenakan saat  dalam suasana  rofa’, nasab maupun jer, harakat akhir isim ini tidak berubah atau tetap. Biasa disebutkan  tanda i’robnya diringkas atau dikira-kirakan dengan fathah.

Adapun secara istilah isim maqshur merupakan 
كل إسم معرب اخره ألف لازمة أصلية، أى لا يمكن الاستغناء عنها
 (والمهم أن تكون ألفا من حيث النطق ولو رسمت بالياء)
setiap isim mu’rob yang diselesaikan  alif lazimah, maksudnya ialah  pasti diselesaikan  dengan alif itu  dan tidak barangkali  menghilangkannya. ( yang terpenting ialah  sekiranya alif tersebut  dibaca atau berbunyi ‘a’ seandainya  dengan format  ya sekalipun).

إسم معرب الذي حرف إعرابه ألف لينة لازمة قبلها فتحة
Isim mu’rob yang huruf   i’robnya berupa alif layyinah yang tetap dan sebelumnya berharakat fathah.


إسم معرب اخره ألف ثابتة، سواء أكتبت بصورة الألف: كالعصا، أو بصورة الياء: كموسى
Isim mu’rob yang diselesaikan  dengan alif, tak berbeda  ditulis dengan format  alif laksana  lafadz العصا atau ditulis dengan ya’ laksana  lafadz موسى.

Jadi yang disebut  isim maqshur ialah  isim yang diakhiri dengan huruf  alif (baik huruf tersebut  berbentuk ya’ atau dinamakan juga alif layyinah) yang sebelumnya berharakat fathah.

Alif dalam isim maqshur bukan alif asli tetapi  alif munqolib (berubah) atau zaidah (tambahan).

Adapun munqolib terdapat  munqolib dari wawu laksana  عَصَا yang andai  ditasniyahkan menjadi عَصْوَان dan munqolib dari ya laksana  فَتَى yang andai  ditasniyahkan menjadi فِتْيَان. Sedangkan alif mazidah laksana  lafadz حُبْلَى yang berasal dari lafadz ٌحَبْل . Dan alif pun  sebagai ilhaq (tambahan guna  menyamakan wazannya dengan lafadz lain). Contoh: أَرْطَى yang mulhaq dengan lafadz جَعْفَر.

Alif dalam isim maqshuroh atau biasa dinamakan  dengan alif maqshuroh ini berbentuk ya’ andai  jatuh pada urutan ketiga yang peralihan  dari ya’ dan pada urutan keempat atau lebih. Contoh: فتى ( أصله فتيٌ)، مُسْتَشْفَى ، مصطفى.


2. Macam-Macam Isim Maqshur
Macam-macam isim maqshur dipecah  menjadi dua, yakni  qiyasi dan sima’i.
Isim maqshur qiyasi ada  disepuluh isim mu’tal akhir yaitu:
a. Dalam masdar fiil lazim wazanفَعِلَ , contoh: جَوِيَ - جَوًى , رَضِيَ - رِضًا
b. Dalam wazan فِعَلٍ yakni  jamak dari wazan فِعْلَة, contoh: حِلْيَةٌ – حِلًى
c. Dalam wazan فُعَلٌ yakni  jamak dari wazan فُعْلَةٌ, contoh: مُدْيَةٌ – مُدًى
d. Dalam wazan فَعَل yakni  dari isim-isim jenis yang menunjukan arti  jamak, contoh: قطاة - قُطًى
e. Dalam isim maf’ul, laksana  lafadz مُعْطًى
f. Dalam wazan مَفْعَل yang menunjukan masdar, zaman, atau makan, contoh: مَرْقًى
g. Dalam wazan مِفْعَل yang menunjukan isim perangkat  contoh: مِكْوًى
h. Dalam wazan أَفْعَل contoh: أَقْصًى
i. Dalam wazan jamak muannast wazan أفعلَ للتفضيل, contoh: قُصوى – قُصا
j. Dalam wazan muannast أفعلَ للتفضيل dari lafadz shohih akhir, contoh:- حسنى حسنأ.

isim maqshur qiyasi ialah  yang ada  pada di samping  kesepuluh lokasi  tadi, yang hanya dapat  dihafal tidak dapat  diqiyaskan. Contoh: فتى ، هدى ، حجا.

Berikut ini ialah  macam-macam kalimat yang ada  alif yang bukan tergolong  isim maqshur:
a. Fi’il-fi’il yang diselesaikan  dengan alif lazimah, contoh: دَعَا، يَخْشَى
b. Huruf-huruf   yang diselesaikan  dengan alif lazimah, contoh: ، إلَى عَلَى
c. Isim-isim mabni yang diselesaikan  dengan alif lazimah ini. Seperti isim isyaroh, contoh: ذَا، تَا. Isim dhorof, contoh: إذَا. Isim maushul, contoh: مَا
d. Isim mutsanna saat  rofa’, contoh: الوَلِدَان. Asmaul khomsah saat  nashob, contoh: أبَاك
e. Isim maqshur yang diselesaikan  dengan ta’ ta’nist. Karena andai  isim maqshur telah  di tambah dengan ta’ ta’nist, maka hukumnya sebagai isim maqshur telah  gugur dan bertolak belakang  pula dalam alamat i”robnya nanti. Contoh: فَتَى - فَتَاة .


3. ‘Alamat I’rob Isim Maqshur
وسم معتلا من الاسماءما # كالمصطفى والمرتقى مكارما
فالأول إعراب فيه قدرا # جميعهوهو الذى قد قصرا
Namakanlah dengan isim mu’tal pada masing-masing  isim yang laksana  lafadz مصطفى dan مرتقى
Lafadz yang mula  semua i’robnya ditaqdirkan (dikira-kirakan) dan namakanlah dengan isim maqshur.

Dari nadhom alfiyah diatas dapat diputuskan  i’rob isim maqshur dalam tingkah rofa’, nashob, maupun jer dikira-kirakan (مقدرة). Contoh:
a. Ketika rofa’ laksana  lafadz (جاء الفتَى ( بضمة مقدرة
b. Ketika nashob laksana  lafadz  (رأيتُ الفتَى (بفتحة مقدرة
c. Ketika jer laksana  lafadz (مررتُ بالفتَى (بكسرة مقدرة

Ketika mutsanna yakni  mengubah  alif yang terletak pada urutan keempat atau lebih dalam isim maqshur menjadi ya’. Contoh: مصطفَى - مصطفيَانِ . saat  alif terletak pada urutan ketiga maka diganti denga huruf   aslinya. Contoh:
فتَى - فتيَانِ ، عصى - عصوَانِ

Ketika mutsanna nashob atau jer bermukim  diganti alamat irobnya menjadi ya’ dan sebelumnya berharakat fatkhah. Contoh: مصطفيَيْنِ، فتيَيْنِ، عصوَيْنِ .

Ketika jamak mudzakar yakni  mengubah  alif lazimah dengan wawu dan dan harakat sebelum wawu tetap. Contoh: مصطفَوْنَ. Dan saat  nashob dan jer diganti dengan ya’ dan sebelumnya tetap berharokat fatkhah. Contoh: مصطفَيْنَ.

Ketika jamak muannast yakni  memberi tanda jamak muannast berupa alif dan ta’ pada alif maqsuroh. Contoh:- حبليَات، رجَا – رجوَات حُبلَى.[10]


4. Tanwinnya isim maqshur
Isim maqshur andai  didahului alif lam maka tidak diberi tanwin. Sebaliknya, andai  tidak terdapat  alif lam maka diberi tanwun Contoh:الرِّضَا - رِضًا، الفتَى- فتًى



B. Isim Manqush

1. Pengertian
Isim manqus secara bahasa berasal dari kata نَقَصَ – مَنْقوْص yang dengan kata lain  kurang atau dikurangi. Ini disebabkan  dikurangi menampakan beberapa  harakatnya, yaitu saat  rofa dan jar, dan saat  tingkah nashob manqus bertolak belakang  dengan maqshur dan me sti ditampakan alamat nashobnya (yaitu fatkhah).
Secara istilah isim manqus merupakan 
الاسم المعرب الذى آخره ياء لا زمة
Isim mu’rob yang diselesaikan  dengan ya’ lazimah.
الاسم المعرب الذى آخره ياء لازمة قبلها كسرة
Isim mu’rob yang kesudahannya  ya’ lazimah dan sebelumnya berharokat kasroh.
هو اسم معرب آخره ياء ثابتة مكسور ما قبله
Isim manqus ialah  isim mu’rob yang diselesaikan  dengan ya’ dan sebelumnya berharokat kasroh.
هو الاسم الذى آخره ياء غير مشددة وكسور ما قبلها
Jadi isim manqush ialah  isim diselesaikan  dengan ya’ lazimah dan sebelumnya berharakat kasroh. Hal berikut  yang memisahkan  dengan isim maqshur, andai  isim maqshur sebelumnya berharakat fatkhah, sementara  manqush sebelumnya kasroh.
Seperti contoh: قاضَى , راعِى , مُرْتَقِى

Jika ya’nya tidak tetap ( ثابتة غير ) maka bukan tergolong  isim manqush. Seperti dalam asmaul khomsah saat  jer, contoh: أبِيْك , أخِيْك. Dan demikian pula  jika sebelumnya bukan kasroh tetapi  sukun, contoh: ظَبْي , سَعْي. Seperti halnya laksana  lafadz مَصْرِيّ, bukan adalah isim manqush sebab  bukan adalah ya’ pribumi  isim tersebut tetapi  ya’ nisbah.

2. Alamat I’rob Isim Manqush
والثان منقوص ونصبه ظهر # ورفعه ينواكذا أيضا يجر
Dan yang kedua disebut  dengan isim manqush, tanda nasabnya isim manqush ditampakkan sementara  tanda rofa’ dan jernya dikira-kirakan.

Nadhom ini ialah  kelanjutan nadhom alfiyah yang udah dilafalkan  dalam ulasan  isim maqshur. Dari nadhom ini dapat dipungut  pengertian bahwa bertolak belakang  dengan isim maqshur, isim manqush ini mesti menampakan fatkhah saat  nashob. Contoh:
a. Ketika rofa’ laksana  lafadz: (جاء الداعِى (بضمّة مقدرة
b. Ketika jer laksana  lafadz: (مرَرْتُ بِالداعِى (بكسرة مقدرة
c. Ketika nashob laksana  lafadz: (رَأَيْتُ الداعِيَ (بفتحة ظاهرة

Ketika mutsanna isim manqush tidak ada evolusi  tertentu laksana  dalam isim maqshur, lumayan  dengan meningkatkan  alif tasniyah. Contoh: - الداعِيَان الداعِى. Dan saat  mutsanna dan jer menggantinya denga ya’ dan sebelumnya berarokat fatkhah. Contoh:- الداعِيَيْنِ الداعِى

Ketika jamak isim manqush melemparkan  ya’ dan menggantinya dengan wawu serta sebelumnya diharokati dengan dhommah, contoh: القاضِى - القاضُوْنَ. Dan menggantinya dengan ya’ dan sebelumnya diharokati dengan dikasroh, contoh: القاضِى - القاضِيْنَ 


3. Tanwinnya Isim Manqush
Ketika tidak didahului alif lam maka harokat isim manqush ini ditanwin dan dilemparkan  ya’nya saat  rofa’ dan nashob. Contoh: جاء قاضٍ ، مَرَرْتُ بِقاضٍ. Ketika nashob bertolak belakang  dengan rofa’ dan jer, ditanwin dan ya’nya tetap tidak dibuang. Contoh: رأيتُ قاضيًا 



C. Isim Mamdud

1. Pengertian
Isim mamdud secara bahasa berasal dari kata مدّ – ممدود yang dengan kata lain  dipanjangkan. Hal ini disebabkan  isim mamdud ialah  isim yang didalamnya ada  alif dan sesudahnya ada  hamzah. Jika didalam ilmu tajwid me sti membacanya dengan panjang yakni  5 harokat.
Secara istilah isim mamdud merupakan 
ومااستحق قبل آخر ألف # فالمد في نظيره حتما عرف
Isim yang sebelum huruf kesudahannya  berupa alif, maka dalam persamaannya pun tentu  dibaca panjang, urusan  ini sudah  dijelaskan.
هو الاسم الذى آخره همزة تلي ألفا زائدة
Isim mamdud adala isim yang kesudahannya  berupa hamzah dan sebelumnya ada  alif zaidah.
هو اسم معرب آخره همزة قبلها ألف زائدة
Isim mamdud ialah  isim mu’rob yang sebelum akhir berupa hamzah zaidah (tambahan).

Jadi isim mamdud ialah  isim yang diselesaikan  dengan hamzah dan dibacanya panjang sebab  sebelum hamzah itu  ada  alif zaidah.
Hamzah dalam isim mamdud terdapat  empat macam:
a. أصلية yakni  hamzah asli laksana  lafadz: (إنشَاء (من أنشاء)، ابتدَاء (من ابْتَدَأَ
b.عن الياء أو واوو منقلبة yakni  hamzah sebagai ganti dari ya’ atau wawu laksana  lafadz:
(بناء (أصله بِنَايٌ)، عدَّاء (أصله عدَّاوٌ
c. زائدة لتأنيث yakni  sebagai ekstra  untuk mentatsniyahkan laksana  lafadz:
(حسناء (من حُسن)، صحراء (من صحر
d.لجمع زائدة yakni  sebagai ekstra  untuk menjamakkan laksana  lafadz: 
(عظماء (من عظم)، شعراء (من شعر
e. زائدة للإلحاق yakni  sebagai tambahan sebab  ilhaq (mengikuti) laksana  lafadz: 
حِرباء، قَوْباء 


2. Macam-macam Isim Mamdud
Isim mamdud terbagi menjadi dua, yakni  qiyasi dan sima’i.
Isim mamdud qiyasi ada  pada tujuh macam isim mu’tal akhir:
a. Isim masdar dari fiil mazid yang tadinya  berupa hamzah, contoh:- إعطَاء أعطَى.
b. Isim masdar dari fiil wazan- يفعُلُ فعَل contoh: رغَا – رُغَاء .
c. Isim masdar wazan فِعَال dari fiil wazan فاعل contoh:- وِلَاء والى.
d. Isim yang terdiri dari empat huruf, yakni  jamak dari wazan أفعِلة contoh: أكسية – كِسَاء.
e. Isim yang terbentuk dari masdar-masdar wazan تَفعال atau تِفعال contoh: تَمشَاء.
f. Isim yang terbentuk dari sifat wazan فعّال atau مِفعال sebagai mubalaghoh, contoh: عدّاء, مِعْطاء.
g. Isim muannast أفعلَ di samping  tafdhil, contoh: أحمر- حمرَاء ,أنجلَ – نجلَاء.[24]
Isim mamdud sima’i ialah  yang di samping  pada tujuh lokasi  di atas, dan hanya dapat  diketahui dengan teknik  dihafalkan tidak dapat  diqiyaskan. Seperti contoh: فتاء، سناء، غناء، ثراء

3. Alamat I’rob Isim Mamdud
Isim mamdud saat  tingkah rofa, nashob, atau jer tersebut  jelas tandanya. Ketika rofa dan jer, laksana  contoh; نزل الماءُ من السماءِ. Contoh saat  nashob; الماءَ رأيتُ.
Adapun teknik  mentasyniyahkan isim mamdud ialah  mentasyniyahkan dengan wawu pada hamzah yang berguna  لتأنيث laksana  contoh; صحراوَانِ -صحراء,
Kemudian mentasyniyahkan dengan wawu atau masih utuh hamzah pada hamzah yang berguna  للإلحاق atauعن الياء أو واوو منقلب laksana  contoh: عِلبوَانِ/عِلْبئَانِ كِسَاء - كِسوَانِ/كِسَئَانِ ,عِلْباء - ,- حيوَانِ/حيَائَانِ حيَاء.
Apabila hamzah أصليةmaka mentasniyahkan masih utuh tidak butuh  menukar hamzahnya, laksana  contoh: ضِيَاء – ضِيَائَانِ
Adapun teknik  menjamakan isim mamdud ialah  mengubah  hamzahnya dengan wawu pada hamzah berguna  لتأنيث laksana  contoh:- ورقوُوْنَ ورقَاء.
Menambahkan wawu dan masih tetap hamzahnya pada hamzah laksana  contoh:- وضؤُوْنَ وضاء.
Boleh dua wajah yaitu memutuskan  hamzahnya atau menggantinya dengan wawu pada hamzah berguna  للإلحاق atau منقلب عن الياء أو الواوو laksana  contoh: علباوُوْنَ/علباؤُوْنَ - عِلْباء, - حياوُوْنَ/حياؤُوْنَحياء, كساء – كسوُوْنَ/كسوُوْنَ


4. Tanwinnya Isim Mamdud
Boleh memberi tanwin pada isim mamdud hamzah أصلية dan hamzah yang berguna  عن الياء أو الواوومنقلب laksana  contoh: ابتداءٌ, بنَاءٌ, سمَاءٌ.
Tidak boleh memberi tanwin pada hamzah yang berguna  لتأنيث dan لجمع laksana  contoh: صحراءُ, شعراءُ.

Pengertian Isim Manqush [اسم منقوص] dalam Bahasa Arab

Pengertian Isim Manqush [اسم منقوص] dalam Bahasa Arab




Definisi isim manqush ( اسم منقوص )

Isim manqush ialah  isim yang diselesaikan  dengan huruf   ya (ي) yang huruf   sebelum ya tersebut  berharakat kasrah.

Definisi lain: Kalimah Isim Mu’rob yang berakhiran Ya’ Lazim tidak bertasydid dan berada sesudah  harakat Kasrah . 
Contoh القَضِيْ – السَّاعِيْ – الوَافِيْ. 

Bagi  Lafazh ظَبْيٌ dan كُرْسِيٌّ tetap di-i’rab dengan harakat zhahir (nampak)

Pada misal  di atas, huruf   terakhir ialah  ya ( ي ), dan harakat huruf   sebelum ya ialah  kasrah. Maka ia tergolong  isim manqush.


Kaidah isim manqush


  • Di dalam isim manqush, andai  alif lam ( ال ) dihilangkan, dan huruf   terakhir tidak berharakat fat-hah, maka huruf   ya ( ي ) dihilangkan, lantas  huruf   sebelum ya tadi di kasratain.Contoh:
    - Memakai alif lam ( ال ) , yakni  : الْقَاضِيْ (al-qaadhii).

    - Tidak menggunakan  alif lam, yakni  : قَاضٍ (qaadhin).

  • Jika isim manqush beraksi  sebagai kata yang menyifati benda atau ia beraksi  sebagai khabar, maka ia mengekor  kaidah na'tun dan man'uut, atau kaidah mubtada' dan khabar.

    > contoh kalimat isim manqush mudzakkar dan muannats
        
    Contoh:

    isim mudzakkar

    - هَذَا الْقَلَمُ غَالٍ (haadzaa al-qalamu ghaalin), dengan kata lain  pena ini mahal.

    isim muannats

    - هَذِهِ السَّاعَةُ غَالِيَةٌ (haadzihi as-saa'atu ghaaliyatun), dengan kata lain  jam tangan ini mahal.

    Penjelasan:

    غَالٍ , asalnya dari غَالِيٌ, sehingga format  muannatsnya menjadi غَالِيَةٌ


Contoh isim manqush

Di bawah ini ialah  contoh-contoh isim manqush:


- مُحَامٍ (muhaamin), dengan kata lain  lawyer (pengacara).

- قَاضٍ (qaadhin), dengan kata lain  hakim.

- وَادٍ (waadin), dengan kata lain  lembah.

- مُرَبٍّ (murabbin), dengan kata lain  guru/pendidik.

- رَاعٍ (raa'in), dengan kata lain  pemimpin; penjaga; penggembala.

- مُصَلٍّ (mushallin), dengan kata lain  orang yang shalat.

- دَاعٍ (daa'in), dengan kata lain  penyeru; juru dakwah; orang yang berdoa.

- هَادٍ (haadin), dengan kata lain  penuntun; pembimbing.

- مُفْتٍ (muftin), dengan kata lain  mufti; orang yang memberi fatwa.




Tanda I’rab Isim Manqush, bilamana  ia kemasukan  Alif lam atau menjadi Mudhaf maka huruf   Ya’-nya ditetapkan:

Tanda Rofa’-nya dengan Dhammah yang dikira-kira atas Ya. Juga tanda Jar-nya menggunakan harakat Kasrah yang dikira-kira atas Ya’. Sedangkan karena  yang menjadikan tercegahnya Harakat secara zhahir sebab  berat mengucapkannya » rujukan lihat pada Kaidah I’lal ke 5.

> contoh isim manqush saat Rofa’ dan kemasukan  Alif lam:

السَّاعِيْ لِلْخَيْرِ كَفَاعِلِهِ
orang yang bertugas untuk kebaikan maka seperti halnya orang yg melakukan kebaikan tersebut sendiri.

> contoh saat isim manqush berkedudukan Rofa’ karena menjadi Mudhaf (tanpa alif lam):

جَاءَ قَاضِي الْقُضَاةِ
Hakim agung sudah  datang.

> contoh saat isim manqush dalam keadaan Jar dan kemasukan  Alif lam:

عَلَى الْبَاغِيْ تَدُوْرُ الدَّوَائِرُ
balasan atas orang yang aniaya, bencana bakal  kembali padanya (karma tetap berlaku)

> contoh saat isim manqush keadaan Jar dan menjadi Mudhaf:

سَلَّمْتُ عَلَى قَاضِي الْقُضَاةِ
aku memberi salam pada Hakim agung.

Terkadang huruf   Ya’ nya dihilangkan ketika rafa’ atau jar, sebagai penunjukan bahwa sebelum Ya’ berharakat kasrah, maka berlaku pun  Isim Manqush yang bersamaan AL dan tanpa tanwin, laksana  berlakunya Isim Manqush yang tanpa AL dengan ditanwin. contoh:

> contoh saat keadaan Rafa’

يَوْمَ يَدْعُ الدَّاعِ إِلَى شَيْءٍ نُكُرٍ
(Ingatlah) hari (ketika) seorang penyeru (malaikat) menyeru untuk  sesuatu yang tidak mengasyikkan  (hari pembalasan)

> contoh saat keadaan Jar

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ
Dan bilamana  hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu mengenai  Aku, maka (jawablah), sesungguhnya  Aku ialah  dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa ketika dia memohon/berdoa kepada-Ku

Tanda Nashab Isim Manqush yg kemasukan  AL atau menjadi Mudhaf tersebut, ialah  Nashab dengan Harakat yang jelas atau nampak.

> contoh saat besamaan dengan AL

لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ الرَّاشِيَ وَالْمُرْتَشِيَ
Rasulullah melaknat orang yang memberi dan yang menerima suap.

> contoh menjadi mudhaf

رأيت قاضيَ القُضَاةِ
Aku menyaksikan  Hakim Agung


Tanda I’rab Isim Manqush, bilamana  ia tanpa AL atau tidak Mudhaf maka huruf   Ya’-nya ditiadakan  dan huruf akhirnya berharokat Tanwin saat  Rafa’ dan Jar. Atau Ya’-nya diputuskan  ketika Nashab:


> contoh saat Rafa’ :

الْمُؤْمِنُ رَاضٍ قَانِعٍ
Sorang Mu’min ialah  seorang yang suka rela dan menerima apa adanya.


> contoh saat Jar :

رُبَّ سَاعٍ لِقَاعِدٍ
Mungkin kali… seorang yg berjuang  orang yg duduk-duduk (usaha bung…!)


Tanda Nashab-nya dengan Fathah yang nampak/terang contoh:

سَمِعْتُ مُنَادِياً يُنَادِيْ لِلصَّلاَةِ
Aku mendengar seorang pemanggil sedang memanggil guna  shalat.

وَكَفَى بِرَبِّكَ هَادِيًا وَنَصِيرًا
Dan cukuplah Tuhanmu menjadi Pemberi tuntunan  dan Penolong


Kaidah Penulisan Hamzah yang Benar Dalam Bahasa Arab


Sebelum kita memahami kaidah penulisan hamzah ada baiknya kita awali dengan pembahasan harokat terlebih dahulu, bahwasanya dalam Bahasa Arab terdapat 4 harakat yang digunakan (Kasrah, Dhammah, Fathah, dan Sukun) keempat harakat tersebut mempunyai tingkat kekuatan yang berbeda, dan tiap-tiap harakat memiliki pasangan huruf yang berbeda, berikut ini tabelnya:

Pengertian Al-khath [الخط] dalam Bahasa Arab


Pengertian Al-khath [الخط] dalam Bahasa Arab



Al-khath
Pengertian khath : membentuk lafal dengan huruf hijaiyah yang diucapkan,agar apa yang ditulis sesuai dengan huruf yang diucapkan.
Pada dasarnya setiap kata hendaknya ditulis dengan bentuk lafadznya, kira-kira dari permulaan dan berhentinya. Dan inilah hakikat dari kitabah. Oleh karena itu:
Mereka menulis hamzah washal di tengah kalimat walaupun hamzah tersebut tidak dibaca. Karena apabila lafal yang ada hamzah washalnya itu dibuat permulaan kalimat,maka hamzah washal tadi harus dibaca. Contoh :
Hamzah washal
Arti
Tidak dibaca
Dibaca
جاء الحق
الحق جاء
Kebenaran telah datang
سافر ابنك
ابنك سافر
Anak (lk) mu sudah datang


Kecuali apabila alif lam itu didahului oleh lam jar atau lam ibtida, maka hamzahnya harus dibuang. Misal: للرجل , للمرأة
Contoh :
Lafadz
Arti
للرجل أقوى من المرأة
Bagi seorang laki-laki lebih kuat dari pada wanita
و للمرأة عاطفة منه
Bagi seorang wanita lebih halus kasih sayangnya dibanding laki-laki


Mereka menulis ha’ mati seperti contoh berikut ره زيدا و قه نفسك karena ketika diwaqafkan anda akan mengucapkannya و قه ره dalam firman Allah juga “ "لكنا هو الله ربيkarena asal katanya yaitu لكن و أنا
Mereka menulis dengan ha’ terhadap ta’ta’nits yang diwakafkan dengan ha. Seperti فاطمة و رحمة
Mereka menulis dengan (bentuk) ta’ terhadap ta’ ta’nits yang apabila wakaf dibunyikan dengan ta’
Misalkan : أخت , بنت, فاطمات, رحمات
Ada yang mengikuti pendapat pertama, yaitu dengan ta’ mabshutoh (ta’ yang tidak dibaca ha ketika wakaf), maka ia menulisnya dengan ta’ seperti : فاطمت, رحمت , ada juga yang mengikuti pendapat lain yang dengan ha’ ,maka menulisnya dengan ha’. Seperti : فاطماه, رحماه
mereka menulis isim berharakat yang dibaca nashab dengan ditambah alif di akhir kata. Karena lafadz tersebut ketika waqaf di waqafkan dengan alif, seperti : رأيت خالدا
mereka menulis lafadz إذا dan nun taukid dengan alif, contohnya lafadz اكتبا karena ia ketika waqaf diwaqafkan dengan alif. Dan ada yang mewaqafkannya dengan nun, maka menulisnya dengan nun pula seperti أكتبن , إذن
Mereka menulis isim manqus yang ya’ nya dibuang karena tanwin dengan tanpa memasang ya’ , karena ia diwaqafkan dengan ya’. Misalnya : قاض