A. Isim Maqshur
1. Pengertian
Isim Maqshur secara bahasa berasal dari bahasa arab yakni قصر ـ مقصور yang dengan kata lain diringkas. Hal ini dikarenakan saat dalam suasana rofa’, nasab maupun jer, harakat akhir isim ini tidak berubah atau tetap. Biasa disebutkan tanda i’robnya diringkas atau dikira-kirakan dengan fathah.
Adapun secara istilah isim maqshur merupakan
كل إسم معرب اخره ألف لازمة أصلية، أى لا يمكن الاستغناء عنها
(والمهم أن تكون ألفا من حيث النطق ولو رسمت بالياء)
setiap isim mu’rob yang diselesaikan alif lazimah, maksudnya ialah pasti diselesaikan dengan alif itu dan tidak barangkali menghilangkannya. ( yang terpenting ialah sekiranya alif tersebut dibaca atau berbunyi ‘a’ seandainya dengan format ya sekalipun).
إسم معرب الذي حرف إعرابه ألف لينة لازمة قبلها فتحة
Isim mu’rob yang huruf i’robnya berupa alif layyinah yang tetap dan sebelumnya berharakat fathah.
إسم معرب اخره ألف ثابتة، سواء أكتبت بصورة الألف: كالعصا، أو بصورة الياء: كموسى
Isim mu’rob yang diselesaikan dengan alif, tak berbeda ditulis dengan format alif laksana lafadz العصا atau ditulis dengan ya’ laksana lafadz موسى.
Jadi yang disebut isim maqshur ialah isim yang diakhiri dengan huruf alif (baik huruf tersebut berbentuk ya’ atau dinamakan juga alif layyinah) yang sebelumnya berharakat fathah.
Alif dalam isim maqshur bukan alif asli tetapi alif munqolib (berubah) atau zaidah (tambahan).
Adapun munqolib terdapat munqolib dari wawu laksana عَصَا yang andai ditasniyahkan menjadi عَصْوَان dan munqolib dari ya laksana فَتَى yang andai ditasniyahkan menjadi فِتْيَان. Sedangkan alif mazidah laksana lafadz حُبْلَى yang berasal dari lafadz ٌحَبْل . Dan alif pun sebagai ilhaq (tambahan guna menyamakan wazannya dengan lafadz lain). Contoh: أَرْطَى yang mulhaq dengan lafadz جَعْفَر.
Alif dalam isim maqshuroh atau biasa dinamakan dengan alif maqshuroh ini berbentuk ya’ andai jatuh pada urutan ketiga yang peralihan dari ya’ dan pada urutan keempat atau lebih. Contoh: فتى ( أصله فتيٌ)، مُسْتَشْفَى ، مصطفى.
2. Macam-Macam Isim Maqshur
Macam-macam isim maqshur dipecah menjadi dua, yakni qiyasi dan sima’i.
Isim maqshur qiyasi ada disepuluh isim mu’tal akhir yaitu:
a. Dalam masdar fiil lazim wazanفَعِلَ , contoh: جَوِيَ - جَوًى , رَضِيَ - رِضًا
b. Dalam wazan فِعَلٍ yakni jamak dari wazan فِعْلَة, contoh: حِلْيَةٌ – حِلًى
c. Dalam wazan فُعَلٌ yakni jamak dari wazan فُعْلَةٌ, contoh: مُدْيَةٌ – مُدًى
d. Dalam wazan فَعَل yakni dari isim-isim jenis yang menunjukan arti jamak, contoh: قطاة - قُطًى
e. Dalam isim maf’ul, laksana lafadz مُعْطًى
f. Dalam wazan مَفْعَل yang menunjukan masdar, zaman, atau makan, contoh: مَرْقًى
g. Dalam wazan مِفْعَل yang menunjukan isim perangkat contoh: مِكْوًى
h. Dalam wazan أَفْعَل contoh: أَقْصًى
i. Dalam wazan jamak muannast wazan أفعلَ للتفضيل, contoh: قُصوى – قُصا
j. Dalam wazan muannast أفعلَ للتفضيل dari lafadz shohih akhir, contoh:- حسنى حسنأ.
isim maqshur qiyasi ialah yang ada pada di samping kesepuluh lokasi tadi, yang hanya dapat dihafal tidak dapat diqiyaskan. Contoh: فتى ، هدى ، حجا.
Berikut ini ialah macam-macam kalimat yang ada alif yang bukan tergolong isim maqshur:
a. Fi’il-fi’il yang diselesaikan dengan alif lazimah, contoh: دَعَا، يَخْشَى
b. Huruf-huruf yang diselesaikan dengan alif lazimah, contoh: ، إلَى عَلَى
c. Isim-isim mabni yang diselesaikan dengan alif lazimah ini. Seperti isim isyaroh, contoh: ذَا، تَا. Isim dhorof, contoh: إذَا. Isim maushul, contoh: مَا
d. Isim mutsanna saat rofa’, contoh: الوَلِدَان. Asmaul khomsah saat nashob, contoh: أبَاك
e. Isim maqshur yang diselesaikan dengan ta’ ta’nist. Karena andai isim maqshur telah di tambah dengan ta’ ta’nist, maka hukumnya sebagai isim maqshur telah gugur dan bertolak belakang pula dalam alamat i”robnya nanti. Contoh: فَتَى - فَتَاة .
3. ‘Alamat I’rob Isim Maqshur
وسم معتلا من الاسماءما # كالمصطفى والمرتقى مكارما
فالأول إعراب فيه قدرا # جميعهوهو الذى قد قصرا
Namakanlah dengan isim mu’tal pada masing-masing isim yang laksana lafadz مصطفى dan مرتقى
Lafadz yang mula semua i’robnya ditaqdirkan (dikira-kirakan) dan namakanlah dengan isim maqshur.
Dari nadhom alfiyah diatas dapat diputuskan i’rob isim maqshur dalam tingkah rofa’, nashob, maupun jer dikira-kirakan (مقدرة). Contoh:
a. Ketika rofa’ laksana lafadz (جاء الفتَى ( بضمة مقدرة
b. Ketika nashob laksana lafadz (رأيتُ الفتَى (بفتحة مقدرة
c. Ketika jer laksana lafadz (مررتُ بالفتَى (بكسرة مقدرة
Ketika mutsanna yakni mengubah alif yang terletak pada urutan keempat atau lebih dalam isim maqshur menjadi ya’. Contoh: مصطفَى - مصطفيَانِ . saat alif terletak pada urutan ketiga maka diganti denga huruf aslinya. Contoh:
فتَى - فتيَانِ ، عصى - عصوَانِ
Ketika mutsanna nashob atau jer bermukim diganti alamat irobnya menjadi ya’ dan sebelumnya berharakat fatkhah. Contoh: مصطفيَيْنِ، فتيَيْنِ، عصوَيْنِ .
Ketika jamak mudzakar yakni mengubah alif lazimah dengan wawu dan dan harakat sebelum wawu tetap. Contoh: مصطفَوْنَ. Dan saat nashob dan jer diganti dengan ya’ dan sebelumnya tetap berharokat fatkhah. Contoh: مصطفَيْنَ.
Ketika jamak muannast yakni memberi tanda jamak muannast berupa alif dan ta’ pada alif maqsuroh. Contoh:- حبليَات، رجَا – رجوَات حُبلَى.[10]
4. Tanwinnya isim maqshur
Isim maqshur andai didahului alif lam maka tidak diberi tanwin. Sebaliknya, andai tidak terdapat alif lam maka diberi tanwun Contoh:الرِّضَا - رِضًا، الفتَى- فتًى
B. Isim Manqush
1. Pengertian
Isim manqus secara bahasa berasal dari kata نَقَصَ – مَنْقوْص yang dengan kata lain kurang atau dikurangi. Ini disebabkan dikurangi menampakan beberapa harakatnya, yaitu saat rofa dan jar, dan saat tingkah nashob manqus bertolak belakang dengan maqshur dan me sti ditampakan alamat nashobnya (yaitu fatkhah).
Secara istilah isim manqus merupakan
الاسم المعرب الذى آخره ياء لا زمة
Isim mu’rob yang diselesaikan dengan ya’ lazimah.
الاسم المعرب الذى آخره ياء لازمة قبلها كسرة
Isim mu’rob yang kesudahannya ya’ lazimah dan sebelumnya berharokat kasroh.
هو اسم معرب آخره ياء ثابتة مكسور ما قبله
Isim manqus ialah isim mu’rob yang diselesaikan dengan ya’ dan sebelumnya berharokat kasroh.
هو الاسم الذى آخره ياء غير مشددة وكسور ما قبلها
Jadi isim manqush ialah isim diselesaikan dengan ya’ lazimah dan sebelumnya berharakat kasroh. Hal berikut yang memisahkan dengan isim maqshur, andai isim maqshur sebelumnya berharakat fatkhah, sementara manqush sebelumnya kasroh.
Seperti contoh: قاضَى , راعِى , مُرْتَقِى
Jika ya’nya tidak tetap ( ثابتة غير ) maka bukan tergolong isim manqush. Seperti dalam asmaul khomsah saat jer, contoh: أبِيْك , أخِيْك. Dan demikian pula jika sebelumnya bukan kasroh tetapi sukun, contoh: ظَبْي , سَعْي. Seperti halnya laksana lafadz مَصْرِيّ, bukan adalah isim manqush sebab bukan adalah ya’ pribumi isim tersebut tetapi ya’ nisbah.
2. Alamat I’rob Isim Manqush
والثان منقوص ونصبه ظهر # ورفعه ينواكذا أيضا يجر
Dan yang kedua disebut dengan isim manqush, tanda nasabnya isim manqush ditampakkan sementara tanda rofa’ dan jernya dikira-kirakan.
Nadhom ini ialah kelanjutan nadhom alfiyah yang udah dilafalkan dalam ulasan isim maqshur. Dari nadhom ini dapat dipungut pengertian bahwa bertolak belakang dengan isim maqshur, isim manqush ini mesti menampakan fatkhah saat nashob. Contoh:
a. Ketika rofa’ laksana lafadz: (جاء الداعِى (بضمّة مقدرة
b. Ketika jer laksana lafadz: (مرَرْتُ بِالداعِى (بكسرة مقدرة
c. Ketika nashob laksana lafadz: (رَأَيْتُ الداعِيَ (بفتحة ظاهرة
Ketika mutsanna isim manqush tidak ada evolusi tertentu laksana dalam isim maqshur, lumayan dengan meningkatkan alif tasniyah. Contoh: - الداعِيَان الداعِى. Dan saat mutsanna dan jer menggantinya denga ya’ dan sebelumnya berarokat fatkhah. Contoh:- الداعِيَيْنِ الداعِى
Ketika jamak isim manqush melemparkan ya’ dan menggantinya dengan wawu serta sebelumnya diharokati dengan dhommah, contoh: القاضِى - القاضُوْنَ. Dan menggantinya dengan ya’ dan sebelumnya diharokati dengan dikasroh, contoh: القاضِى - القاضِيْنَ
3. Tanwinnya Isim Manqush
Ketika tidak didahului alif lam maka harokat isim manqush ini ditanwin dan dilemparkan ya’nya saat rofa’ dan nashob. Contoh: جاء قاضٍ ، مَرَرْتُ بِقاضٍ. Ketika nashob bertolak belakang dengan rofa’ dan jer, ditanwin dan ya’nya tetap tidak dibuang. Contoh: رأيتُ قاضيًا
C. Isim Mamdud
1. Pengertian
Isim mamdud secara bahasa berasal dari kata مدّ – ممدود yang dengan kata lain dipanjangkan. Hal ini disebabkan isim mamdud ialah isim yang didalamnya ada alif dan sesudahnya ada hamzah. Jika didalam ilmu tajwid me sti membacanya dengan panjang yakni 5 harokat.
Secara istilah isim mamdud merupakan
ومااستحق قبل آخر ألف # فالمد في نظيره حتما عرف
Isim yang sebelum huruf kesudahannya berupa alif, maka dalam persamaannya pun tentu dibaca panjang, urusan ini sudah dijelaskan.
هو الاسم الذى آخره همزة تلي ألفا زائدة
Isim mamdud adala isim yang kesudahannya berupa hamzah dan sebelumnya ada alif zaidah.
هو اسم معرب آخره همزة قبلها ألف زائدة
Isim mamdud ialah isim mu’rob yang sebelum akhir berupa hamzah zaidah (tambahan).
Jadi isim mamdud ialah isim yang diselesaikan dengan hamzah dan dibacanya panjang sebab sebelum hamzah itu ada alif zaidah.
Hamzah dalam isim mamdud terdapat empat macam:
a. أصلية yakni hamzah asli laksana lafadz: (إنشَاء (من أنشاء)، ابتدَاء (من ابْتَدَأَ
b.عن الياء أو واوو منقلبة yakni hamzah sebagai ganti dari ya’ atau wawu laksana lafadz:
(بناء (أصله بِنَايٌ)، عدَّاء (أصله عدَّاوٌ
c. زائدة لتأنيث yakni sebagai ekstra untuk mentatsniyahkan laksana lafadz:
(حسناء (من حُسن)، صحراء (من صحر
d.لجمع زائدة yakni sebagai ekstra untuk menjamakkan laksana lafadz:
(عظماء (من عظم)، شعراء (من شعر
e. زائدة للإلحاق yakni sebagai tambahan sebab ilhaq (mengikuti) laksana lafadz:
حِرباء، قَوْباء
2. Macam-macam Isim Mamdud
Isim mamdud terbagi menjadi dua, yakni qiyasi dan sima’i.
Isim mamdud qiyasi ada pada tujuh macam isim mu’tal akhir:
a. Isim masdar dari fiil mazid yang tadinya berupa hamzah, contoh:- إعطَاء أعطَى.
b. Isim masdar dari fiil wazan- يفعُلُ فعَل contoh: رغَا – رُغَاء .
c. Isim masdar wazan فِعَال dari fiil wazan فاعل contoh:- وِلَاء والى.
d. Isim yang terdiri dari empat huruf, yakni jamak dari wazan أفعِلة contoh: أكسية – كِسَاء.
e. Isim yang terbentuk dari masdar-masdar wazan تَفعال atau تِفعال contoh: تَمشَاء.
f. Isim yang terbentuk dari sifat wazan فعّال atau مِفعال sebagai mubalaghoh, contoh: عدّاء, مِعْطاء.
g. Isim muannast أفعلَ di samping tafdhil, contoh: أحمر- حمرَاء ,أنجلَ – نجلَاء.[24]
Isim mamdud sima’i ialah yang di samping pada tujuh lokasi di atas, dan hanya dapat diketahui dengan teknik dihafalkan tidak dapat diqiyaskan. Seperti contoh: فتاء، سناء، غناء، ثراء
3. Alamat I’rob Isim Mamdud
Isim mamdud saat tingkah rofa, nashob, atau jer tersebut jelas tandanya. Ketika rofa dan jer, laksana contoh; نزل الماءُ من السماءِ. Contoh saat nashob; الماءَ رأيتُ.
Adapun teknik mentasyniyahkan isim mamdud ialah mentasyniyahkan dengan wawu pada hamzah yang berguna لتأنيث laksana contoh; صحراوَانِ -صحراء,
Kemudian mentasyniyahkan dengan wawu atau masih utuh hamzah pada hamzah yang berguna للإلحاق atauعن الياء أو واوو منقلب laksana contoh: عِلبوَانِ/عِلْبئَانِ كِسَاء - كِسوَانِ/كِسَئَانِ ,عِلْباء - ,- حيوَانِ/حيَائَانِ حيَاء.
Apabila hamzah أصليةmaka mentasniyahkan masih utuh tidak butuh menukar hamzahnya, laksana contoh: ضِيَاء – ضِيَائَانِ
Adapun teknik menjamakan isim mamdud ialah mengubah hamzahnya dengan wawu pada hamzah berguna لتأنيث laksana contoh:- ورقوُوْنَ ورقَاء.
Menambahkan wawu dan masih tetap hamzahnya pada hamzah laksana contoh:- وضؤُوْنَ وضاء.
Boleh dua wajah yaitu memutuskan hamzahnya atau menggantinya dengan wawu pada hamzah berguna للإلحاق atau منقلب عن الياء أو الواوو laksana contoh: علباوُوْنَ/علباؤُوْنَ - عِلْباء, - حياوُوْنَ/حياؤُوْنَحياء, كساء – كسوُوْنَ/كسوُوْنَ
4. Tanwinnya Isim Mamdud
Boleh memberi tanwin pada isim mamdud hamzah أصلية dan hamzah yang berguna عن الياء أو الواوومنقلب laksana contoh: ابتداءٌ, بنَاءٌ, سمَاءٌ.
Tidak boleh memberi tanwin pada hamzah yang berguna لتأنيث dan لجمع laksana contoh: صحراءُ, شعراءُ.