إِذَا تَطَرَّفَتِ الْوَاوُ وَالْيَاءُ وَكَانَتَا مَضْمُوْمَةً اُسْكِنَتَا نَحْوُ يَغْزُوْا أَصْلُهُ يَغْزُوُ وَيَرْمِيْ أَصْلُهُ يَرْمِيُ
Apabila Wau ataupun Ya’ menempati akhir sebuah kata, serta ber- harakah dhammah, maka Wawu atau ya harus disukunkan. Contoh:يَغْزُوْا asalnyaيَغْزُوُ sertaيَرْمِيْ asalnyaيَرْمِيُ
Praktek I’ lal:
يَغْزُوْ
يَغْزُوْ asalnyaيَغْزُوُ mencontohi wazanيَفْعُلُ. Wau di ujung akhir kata ber- harakah dhammah, maka wawu wajib disukunkan jadiيَغْزُوْ.
يَرْمِيْ
يَرْمِيْ asalnyaيَرْمِيُ mencontohi wazanيَفْعُلُ. Ya’ di ujung akhir kata ber- harkah dhammah, maka ya wajib disukunkan jadiيَرْمِيْ.
Note:
غَازٍ
غَازٍ asalnyaغَازِوٌ menjajaki wazanفَاعِلٌ. Wau ditukar Ya’, sebab jatuh setelah harakah kasrah, hingga jadiغَازِيٌ, kemudan Ya’ disukunkan sebab beratnya harkah dhammah atas Ya’ hingga jadiغَازٍيْ, setelah itu Ya’ dibuang buat menolak bertemunya 2 mati yakni Ya’ serta Tanwin, hingga jadiغَازٍ
سَارٍ
سَارٍ asalnyaسَارِيٌ menjajaki wazanفَاعِلٌ. Ya’ disukunkan sebab beratnya harakah dhammah atas Ya’ hingga jadiسَارٍيْ, setelah itu Ya’ dibuang buat menolak bertemunya 2 mati ialah Ya’ serta Tanwin, hingga jadiسَارٍ
اَوَاقٍ
اَوَاقٍ asalnyaوَوَاقِيُ menjajaki wazanفَوَاعِلُ wau pada fa’ fi’ il ditukar Hamzah, sebab kedua wau berkumpul dalam satu kalimah, hingga jadiاَوَاقِيْ. Setelah itu Ya’ dibuang buat meringankannya, hingga jadiاَوَاقِ. Serta didatangkanlah tanwin selaku pengganti dari Ya’ yang dibuang, hingga jadiاَوَاقٍ.
Kaidah I'lal :
Referensi:
- Kitab Qowaidul I'lal Fis Sharf
No comments:
Post a Comment