Contact Us - Privacy Policy - Disclaimer - Terms of Service - About
loading...

Aturan Penulisan Hamzah (ء) di awal kata dalam Bahasa Arab

 

Aturan Penulisan Hamzah (ء) di awal kata

 Contoh kalimat:

(11) أَحْمَدُ قَائِمٌ

Ahmad berdiri

(22) هِنْدٌ اِمْرَأةُ زَيْدٍ

Hindun adalah istri Zaid

(33) جَاءَ الـأُسْتَاذُ

Guru itu telah datang

(44) اُكْتُبْ مَا فِي السَّبُّوْرَةِ

Tulislah apa yang ada di papan tulis!

(55) إلَى اللهِ تَصِيْرُ الـأُمُوْرُ

Kepada Allah lah segala urusan kembali

(66) اِقْرَأْ كِتَابَكَ

Bacalah bukumu

(77) جَاءَ أَبُوْكَ

Ayahmu telah datang

(88) أَنَا مُسْتَعِدٌّ لِلذِّهَابِ

Saya Siap untuk berangkat

 


Penjelasan :

  1. Jika kita perhatikan kata-kata di atas, pada kallimat pertama kita lihat ada kata perawalan hamzah (أحْمَدُ), dan jika kita perhatikan, kata tersebut berharakat fathah, dan kita lihat hamzah tersebut tertulis di atas huruf alif. Adapun pada kalimat kedua, kata (اِمْرَأةُ) maka tidak Nampak di sana hamzah yang tertulis di atas atau dibawah alif. Karena kata tersebut termasuk hamzah washol.
  2. Pada kalimat ketiga kita lihat di sana ada kata (الأُسْتَاذُ) terdapat hamzah yang tertulis di atas alif (أُ) dan berharakat dhommah. Adapun pada kalimat keempat, kata (اُكْتُبْ) tidak terdapat hamzah yang tertulis di atas alif, kata tersebut hanya tertulis dengan alif (اُ) karena ia termasuk hamzah washol.
  3. Jika lihat kalimat kelima di sana terdapat hamzah pada kata (إلَى) dan  (الأُمُوْرُ) kedua hamzah tersebut ada yang tertulis di bawah huruf alif (إ) karena berharakat kasrah, dan ada juga hamzah yang tertulis di atas alif (أُ) karena berharakat dhommah. Adapun pada kalimat keenam, kata (اِقْرَأْ) tidak terdapat hamzah pada huruf alif, karena termasuk hamzah washol.
  4. Pada kalimat ketujuh, terdapat hamzah pada kata (أَبُوْكَ) yaitu tertulis di atas alif (أَ) dan ini dinamakan hamzah qotho’. Begitu juga pada kalimat kedelapan terdapat hamzah pada kata (أَنَا) karena juga termasuk hamzah qotho’.

 

Kaidah:

  • ·      Hamzah qotho’ yaitu hamzah yang harus dibaca saat di awal kata, di tengah kata maupun pada akhir kata, contoh: di awal kata (أمْرٌ), di tengah kata (قِرَاءَةٌ), dan di akhir kata (وُضُوْءٌ)
  • ·    Hamzah washal yakni hamzah yang harus dibaca saat berada di awal kalimat contoh (اُكْتُبْ) dan tidak dibaca saat berada di tengah kalimat contoh (وَاكْتُبْ) pada kalimat disamping terdapat awalan huruf wawu dan alif disitu tidak dibaca dan langsung membaca huruf kaf. Hamzah washol biasanya terdapat pada awal kata dan bentuknya pasti hanya alif tanpa ada hamzah.
  • ·     Baca selengkapnya tentang pengertian hamzah qatha’ dan hamzah washal disini.
  • ·Huruf hamzah di awal kata selalu menggunakan alif, baik itu berupa hamzah qatha’ ataupun hamzah washal.
  • ·     Apabila berupa hamzah qatha’ berada di awal kata, dan berharakat fathah ataupun berharakat dhommah, maka hamzah tersebut ditulis di atas alif.

Itulah tadi penjelasan tentang penulisan hamzah di awal kata, dan tentu sangat berkaitan dengan hamzah qatha’ dan hamzah washal karena keduanya adalah pembahasan yang sangat penting dalam penulisan hamzah, baik di awal kata, tengah kata, maupun akhir kata. Bagi teman-teman yang ingin belajar apa itu hamzah qatha’ dan hamzah washal boleh cek postingan kami (di sini), dan juga penjelasan rinci tentang cara penulisan hamzah dalam bahasa Arab teman-teman bisa baca selengkapnya (di sini).

 

Terima kasih sudah membaca postingan kami sampai akhir, semangat terus teman-teman.